Sukses

Agar Wajah Pancarkan Cahaya di Hari Kiamat, Baca Surat Al-Kahfi pada Malam Jumat

Di antara keutamaan surah al-Kahfi ini, ia akan memancarkan cahaya bagi orang-orang yang membaca dan mengamalkannya pada hari Kiamat nanti

Liputan6.com, Jakarta - Membaca Al-Qur'an adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Al-Qur'an bisa dibaca tiap waktu, kapan saja.

Tiap hari Jumat, umat Islam dianjurkan meningkatkan ibadahnya, termasuk membaca Al-Qur'an Sebab ini adalah hari yang mulia, dan disebut sebagai ibunya hari.

Kali ini kita bicara surat Al-Kahfi. Dinamakan surat al-Kahfi karena surat ini mengisahkan tentang beberapa orang pemuda dan anjingnya yang bersembunyi di gua. Mereka lari dari kekejaman penguasa yang berideologi materialisme dan memaksa mereka untuk kafir kepada Allah.

Al-Kahfi merupakan surah ke-18 yang terdiri dari 110 ayat. Membaca Membaca surat Al-Kahfi disunahkan pada malam Jumat.

Jika tidak bisa membacanya sekaligus, surat ini pun dapat dibaca secara berangsur, misalnya pada malam Jumat ba’da magrib (ayat 1-31), ba’da isya (32-59), lalu pada Jumat pagi usai shalat subuh (60-83), dan setelah shalat dhuhur (84-110).

Mengutip penjelasan dalam buku 'Kedahsyatan Membaca Al Quran' karya Amirullah Syarbini dan Sumantri Jamhari, seperti dilansir Republika, di antara keutamaan surah al-Kahfi ini, ia akan memancarkan cahaya bagi orang-orang yang membaca dan mengamalkannya pada hari Kiamat nanti.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadis tentang Surat Al-Kahfi dan Kiamat

Abu Sa'id al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda,

"Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi sebagaimana saat ia diturunkan, maka pada hari Kiamat surat itu akan menjadi cahaya yang akan menuntunnya dari temþat tinggalnya menuju Mekkah. Dan barang siapa yang membaca sepuhh ayat terakhir dari surat tersebut, maka ia tidak akan dapat dikuasai oleh Dajjal pada saat Dajjal itu kehuar. Barangsiapa yang beruudhu lahu membaca, Subhanallah wal hamSyari'illah wala ilaha illallah, astaghfiruka wa atubu ilaika. Maka pahalanya akan dituliskan pada kertas lahu dicetak dimana cetakan itu tidak akan rusak sampai hari Kiamat."

Keutamaan lain dari surat al-Kahfi adalah Allah akan mengampuni dosa orang-orang yang membacanya pada hari jum'at. Selain itu, Allah juga akan membentangkan dan memancarkan cahaya baginya dari telapak kaki sampai langit pada hari Kiamat nanti. 

AbSyari'lah bin Umar radhiallahu ‘anhu berkata, Nabi Saw bersabda,

"Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari jum'at, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua jum'at.”

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.