Sukses

Amalkan, Ini Keistimewaan Malam Nisfu Sya'ban

Malam nisfu sya'ban diyakini istimewa karena Allah membuka 300 pintu rahmat dan ampunan

Liputan6.com, Jakarta Bulan sya'ban adalah bulan diantara bulan rajab dan bulan Ramadhan. Bulan Sya'ban menjadi salah satu momen penting bagi umat Islam.

Diketahui, malam nisfu sya'ban pada tanggal 15 sya'ban yang jatuh pada 8 Maret 2023. Malam nisfu sya'ban diyakini istimewa karena Allah membuka 300 pintu rahmat dan ampunan untuk seluruh umat.

Ada beberapa keistimewaan malam nisfu sya'ban yang untuk kamu umat islam perlu diketahui:

Diangkat Amal

Pada malam nisfu sya'ban disebutkan para malaikat pencatat amal akan menyerahkan catatan amal manusia ke hadapan Allah. Pada malam ini catatan amal manusia setiap tahun akan diganti dengan yang baru.

Bahkan mengutip dari laman NU Online disebutkan bahwa Imam Ghazali sendir mengistilahkan mala mini dengan mala yang penuh dengan syafaat (pertolongan).

Pahala Berlipat 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah S.A.W menerangkan bahwa beribadah di bulan Sya'ban akan mendapat ganjaran pahala atau keutamaan yang besar.

“beribadah di waktu haraj (banyak manusia lalai) pahalanya seperti berhijrah kepadaku.” (HR. Muslim).

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bulan Pembaca Alquran

Malam ini juga disebut sebagai lailat al-Du’a atau malam berdoa. Inilah bulannya para pembaca alquran dan juga momentum yang tepat untuk memanjatkan doa-doa.

Diturunkannya ayat shalawat

Pada bulan sya'ban ini Allah menurunkan ayat perintah untuk bershalawat. Terdapat dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya "Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepada-Nya.”(Q.S Al- Ahzab; 56)

Penulis: Nila Amalia Putri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.