Sukses

Mengenal Nahrul Hayat, Sungai Kehidupan untuk Membasuh Manusia dari Neraka Sebelum Masuk Surga

Sebelum masuk surga, badannya yang hitam akibat terbakar panasnya api neraka itu akan dibersihkan terlebih dahulu di dalam suatu tempat yang disebut nahrul hayat atau sungai kehidupan. Sungai yang airnya dapat membersihkan tubuh para mantan penghuni neraka menuju surga Allah

Liputan6.com, Jakarta - Nabi bersabda, ada empat sungai surga yang mengalir di bumi. Keempat sungai tersebut yakni, Jeihan, Seihan, Nil dan Eufrat.

Tetapi, ulasan kali ini bukan tentang empat sungai surga itu. Ini adalah kisah Nahrul Hayat, sungai kehidupan yang berada di akhirat, kelak.

Dinukil dari bincangsyariah.com di akhirat kelak akan ada sungai kehidupan. Hal ini sebagaimana digambarkan dalam riwayat Abu Said Al-Khudri sebagai berikut.

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يُدْخِلُ اللَّهُ أَهْلَ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ يُدْخِلُ مَنْ يَشَاءُ بِرَحْمَتِهِ وَيُدْخِلُ أَهْلَ النَّارِ النَّارِ ثُمَّ يَقُولُ: انْظُرُوا مَنْ وَجَدْتُمْ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ فَأَخْرِجُوهُ فَيُخْرَجُونَ مِنْهَا حُمَمًا قَدْ امْتَحَشُوا فَيُلْقَوْنَ فِي نَهَرِ الْحَيَاةِ أَوِ الْحَيَا يَنْبُتُونَ فِيهِ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ إِلَى جَانِبِ السَّيْلِ أَلَمْ تَرَوْهَا كَيْفَ تَخْرُجُ صَفْرَاءَ مُلْتَوِيَةً ؟. (رواه مسلم).

Sungguh Rasulullah saw, telah bersabda, “Allah akan memasukkan penduduk surga ke dalam surga, Dia memasukkan orang yang ia kehendaki dengan rahmatNya. Dan Allah memasukkan penduduk neraka ke dalam neraka, kemudian Dia berfirman, “ Lihatlah orang yang kalian dapati di dalam hatinya terdapat iman seberat biji sawi, keluarkanlah mereka dari neraka, maka merekapun dikeluarkan dari neraka dalam keadaan hitam kulitnya yang telah terbakar. Lalu mereka dilemparkan ke dalam sungai kehidupan atau air hujan yang mana mereka dapat tumbuh di dalamnya. Sebagaimana biji tumbuh di tepi aliran sungai. Tidakkah kamu perhatikan bagaimana biji itu keluar dengan warna kuning melingkar?” (HR. Muslim).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membasuh Tubuh yang Legam karena Api Neraka

Berdasarkan teks hadis tersebut, Rasulullah saw, menginformasikan kepada umatnya bahwa iman adalah tiket mutlak masuk surga.

Sekecil apapun iman itu tertanam di dalam hati, yang jelas ia masih mengakui bahwa Allah swt dalah Tuhan semesta alam serta Muhammad adalah utusan-Nya, maka ia pasti akan masuk surga. Namun, setelah urusannya selesai di dalam neraka.

Maka, setelah ia menerima balasan atas dosa-dosa yang telah dia perbuat di dalam neraka, ia pun akan dimasukkan ke dalam surga. Tetapi sebelum masuk surga, badannya yang hitam akibat terbakar panasnya api neraka itu akan dibersihkan terlebih dahulu di dalam suatu tempat yang disebut nahrul hayat atau sungai kehidupan.

Sungai yang airnya dapat membersihkan tubuh para mantan penghuni neraka menuju surga Allah swt. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.