Sukses

3 Bacaan Tasbih Bulan Rajab Arab, Latin dan Artinya: Raih Keutamaan Istimewa

Liputan6.com, Bogor - Di balik bulan Rajab terdapat banyak keistimewaan yang luar biasa. Pada bulan ini umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Selain puasa, istighfar, selawat, dan sedekah, tasbih juga menjadi amalan yang dapat dikerjakan oleh seorang muslim pada bulan Rajab.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tasbih adalah pembacaan puji-pujian kepada Allah SWT dengan mengucap subhanallah ‘Mahasuci Allah’ atau subhana rabbiyal azim (a’la) ‘segala kemuliaan bagi Tuhanku Yang Mahabesar (Mahatinggi)’.

Pada bulan Rajab ada amalan khusus tasbih. Tasbih di bulan Rajab dapat diamalkan pada 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir. Masing-masing waktu ini tasbihnya berbeda-beda.

Orang yang membaca tasbih bulan Rajab akan meraih keutamaan yang istimewa. Keutamaannya adalah siapa saja yang membaca tasbih pada bulan Rajab akan dianugerahkan sesuatu kepadanya yang tidak bisa disebutkan nilainya. 

Keutamaan tasbih Rajab tersebut dijelaskan dalam kitab Nuzhah al-Majaliis. Mengutip situs Pesantren Tebuireng (Tebuireng.online), berikut adalah sabda Rasulullah SAW mengenai keutamaan tasbih di bulan Rajab.

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَالَ كُلَّ يَوْمٍ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَّلِ مِنْ رَجَبٍ سُبْحَانَ الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ وَكُلَّ يَوْمٍ مِنَ الْعَشْرِ الثَّانِيِ مِائَةَ مَرَّةٍ سُبْحَانَ اللهِ الْأَحَدِ الصَّمَدِ وَمِنَ الْعَشْرِ الثَّالِثِ مِائَةَ مَرَّةٍ سُبْحَانَ اللهِ الرَّءُوْفِ لَمْ يَصِفْ اَلْوَاصِفُوْنَ مَا يُعْطَى مِنَ الثَّوَابِ

Artinya: Dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Barang siapa setiap hari dari sepuluh awal bulan Rajab membaca : Subhaanal Hayyil Qoyyum 100 kali, dan sepuluh kedua: Subhaanal Ahadishshomad 100 kali, dan sepuluh ketiga:  Subhaanallohirro’uf 100 kali, maka orang yang mensifati tidak bisa mensifati pahala yang akan diberikan kepada orang tersebut.” [Nuzhah al-Majaliis, Syekh Abdurrahman As-Shafuri As-Syafi’i jilid I, hal. 155]

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bacaan Tasbih

Berikut adalah tasbih bulan Rajab yang dibagi menjadi 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga atau terakhir bulan Rajab. Tasbih ini bisa dibaca 100 kali setiap harinya.

Tasbih 10 Hari Pertama Bulan Rajab

سُبْحَانَ الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ

Arab-latin: Subhanal hayyil qayyum (100 kali atau lebih)

Artinya: “Maha Suci (Allah) Yang Maha Hidup lagi Maha Menguasai Segala Sesuatu.”

Tasbih 10 Hari Kedua Bulan Rajab

سُبْحَانَ اللهِ اَحَدِ الصَّمَدِ

Arab-latin: Subhanallahil ahadish shomad (100 kali atau lebih)

Artinya: “Maha suci Allah Satu satunya tempat bergantung.”

Tasbih 10 Hari Ketiga Bulan Rajab

سُبْحَانَ اللهِ الرَّؤُفِ

Arab-latin: Subhanallahi ar-rouf (100 kali atau lebih)

Artinya: “Maha Suci Allah Yang Maha Penyayang.” 

Wallahu a’lam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS