Sukses

Gambaran Dahsyatnya Gunung Meletus Saat Kiamat dalam Al-Qur’an

Gunung adalah suatu permukaan tanah yang lebih tinggi dibanding daerah sekelilingnya. Adanya gunung di muka bumi merupakan tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung adalah suatu permukaan tanah yang lebih tinggi dibanding daerah sekelilingnya. Adanya gunung di muka bumi merupakan tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa gunung memiliki fungsi sebagai penyeimbang bumi. Fungsi gunung ini terdapat dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 15. 

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ

Artinya: “Dan Dia menancapkan gunung di bumi agar bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk.” (Ayat Al-Qur'an terkait dapat dilihat di sini)

Fungsi gunung juga terdapat pada surah An-Naba ayat ketujuh. Dalam ayat ini disebutkan bahwa gunung berfungsi sebagai pasak bumi.

وَّالْجِبَالَ اَوْتَادًاۖ 

Artinya: “Dan gunung-gunung sebagai pasak?” (Ayat Al-Qur'an terkait dapat dilihat di sini)

Tafsir Tahlili yang bersumber dari Kemenag via NU Online menjelaskan terkait ayat ini bahwa Allah SWT menjadikan gunung-gunung sebagai pasak untuk mengokohkan bumi, sehingga tidak bergoyang karena guncangan-guncangan yang ada di bawahnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunung Meletus dalam Al-Qur'an

Dari beberapa ayat Al-Qur’an yang telah disebutkan sebelumnya menunjukkan bahwa betapa tingginya fungsi gunung untuk stabilitas bumi. Namun, dalam ayat lain yakni Al-Qariah ayat 5 disebutkan bahwa gunung-gunung itu akan hancur pada hari kiamat.

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ. 

Artinya: “Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.” (Ayat Al-Qur'an terkait dapat dilihat di sini)

Berdasarkan Tafsir Tahlili Kemenag yang dikutip dari NU Online, dalam ayat ini Allah mengungkapkan bahwa gunung-gunung yang telah hancur itu beterbangan dari tempatnya seperti bulu halus yang diterbangkan angin. Itu terjadi pada hari kiamat.

Keadaan gunung pada hari kiamat juga termaktub dalam Al-Qur’an surah Al-Muzzammil ayat 14. Dalam ayat ini disebutkan bahwa gunung akan menjadi pasir yang tercurah.

يَوْمَ تَرْجُفُ الْاَرْضُ وَالْجِبَالُ وَكَانَتِ الْجِبَالُ كَثِيْبًا مَّهِيْلًا. 

Artinya: "(Ingatlah) pada hari (ketika) bumi dan gunung-gunung berguncang keras, dan menjadilah gunung-gunung itu seperti onggokan pasir yang dicurahkan."  (Ayat Al-Qur'an terkait dapat dilihat di sini)

Meski kiamat atau hari akhir belum terjadi, namun gunung-gunung telah meletus. Fenomena alam gunung meletus yang terjadi saat ini dikategorikan sebagai kiamat sugra (kiamat kecil). Pada hari kiamat nanti (kiamat sebenarnya), gunung-gunung akan meletus lebih dahsyat sebagaimana keterangan-keterangan dalam ayat Al-Qur’an yang disebutkan sebelumnya.

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.