Sukses

Cristiano Ronaldo, dari Gol Kontroversial hingga Kedekatannya dengan Islam

Liputan6.com, Cilacap - Nama Cristiano Ronaldo, pemain sepak bola asal Portugal kini ramai jadi perbincangan publik. Namun, bukan soal wajahnya yang tampan dan permainannya yang agresif, akan tetapi lantaran gol kontroversial-nya.

Hal ini terjadi saat laga kedua Portugal kontra Uruguay pada Selasa (29/11/22) dini hari WIB di Lusail Iconic Stadium.

Dalam laga panas itu, Portugal berhasil memecah kebuntuan lewat gol pertama pada menit ke 54. Gol pertama inilah yang menimbulkan kontroversi. Sebab awalnya gol ini disahkan menjadi milik Ronaldo. Namun akhirnya gol ini menjadi milik Bruno Fernandes karena terbukti Ronaldo tidak menyentuhnya.

Meskipun demikian, peran Ronaldo atas terciptanya gol pertama Portugal ini sangat penting. Boleh jadi tanpa adanya Ronaldo ini, tendangan Bruno tidak akan berbuah gol. Pasalnya, pada saat itu, Ronaldo pada posisi yang membuat kiper waspada akan pergerakannya sehingga memecah konsentrasinya dan terlambat mereaksi pergerakan bola itu.

Saking pentingnya peran Ronaldo ini sampai-sampai dalam sebuah wawancara pasca pertandingan, Bruno mengatakan tidak keberatan jika gol tersebut diatasnamakan Cristiano Ronaldo. Ia juga mengatakan, awalnya ia hanya ingin memberikan umpan ke Ronaldo. Harapannya, umpan silang tersebut dapat dieksekusi melalui sundulannya.

Kemudian, gol kedua Portugal tercipta pada menit ke-90+3 lewat penalti yang juga dieksekusi Bruno Fernandes. Gol kedua inilah yang menjadi kunci kemenangan sekaligus memastikan Portugal lolos menuju babak 16 besar.

Terlepas dari gol kontroversialnya baru-baru ini, ternyata Cristiano Ronaldo merupakan sosok yang dekat dengan umat Islam. Berikut ini Liputan 6.com uraikan beberapa bukti kedekatan Ronaldo dengan Islam sebagaimana dikutip dari Fimela.com.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Simpati Terhadap Muslim Palestina dan Afghanistan

Penghargaan dan penghasilannya yang berlimpah, ternyata tak hanya ia gunakan untuk menutupi kebutuhan hidupnya saja. Ia juga banyak menyumbangkan hartanya untuk kepentingan umat muslim.

Meski ia adalah seorang katolik yang taat, Ronaldo atau yang akran disapa CR7 itu tak segan untuk membantu dan membela kepentingan umat muslim. Sebagai salah satu simpatisan Palestina, Ronaldo pernah melelang sepatu emasnya seharga 16,77 miliar.

Uang hasil lelang tersebut digunakan CR7 untuk membantu anak-anak Palestina dan membangun sekolah yang rusak di Gaza.

Lebih lanjut, pada 2013 Ronaldo juga menyumbangkan hartanya sebanyak 100 ribu euro atau setara dengan 1,3 miliar rupiah untuk korban perang Afganistan.

Bukan munggunakan namanya, Ia menyalurkan dana tersebut atas nama UEFA dan diberikan kepada International Commitee of the Red Cross (ICRC) untuk rehabilitasi warga Afganistan yang terkena dampak peperangan.

3 dari 3 halaman

Mengagumi Surat Al-Fatihah

Masih mengutip laman yang sama, kedekatan Ronaldo pada Islam juga terlihat dari pemberitaan surat kabar Marca, dimana CR7 begitu mengagumi surat Al-Fatihah. Ia pun mengaku merasakan kedamaian saat rekannya Ozil membacakan Al-Quran.

“Banyak yang tidak percaya kalau saya mengagumi Al-Quran, tapi memang begitulah kenyataannya,” katanya pada MARCA. Ronaldo memang dikabarkan kerap menunggui Ozil solat karena ia ingin mendengar Ozil mengaji. Selain itu, Ronaldo juga kerap mengingatkan Ozil untuk membaca Bismillah sebelum melakukan sesuatu.

Demikian beberapa hal yang dapat dibuktikan bahwa Cristiano Ronaldo merupakan sosok pemain sepak bola yang sangat dekat dengan umat Islam, sehingga banyak juga yang berspekulasi bahwa dirinya telah menjadi mualaf.

Penulis: Khazim Mahrur

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS