Sukses

Presiden Jokowi Masuk Top 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2023

The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) memasukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia 2023. Jokowi berada di urutan ke-13 setelah ulama Arab Saudi, Sheikh Salman Al-Ouda.

Liputan6.com, Jakarta - The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) memasukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia 2023. Jokowi berada di urutan ke-13 setelah ulama Arab Saudi, Sheikh Salman Al-Ouda.

Selain Jokowi, ada juga pemimpin muslim lain yang masuk ke daftar 50 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia 2023, seperti Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz yang menempati urutan pertama dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan urutan keempat.

Mengutip The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2023, daftar 50 tokoh muslim teratas diberikan peringkat sekaligus biografi singkatnya. Adapun biografi singkat Jokowi yang ditulis oleh RISSC sebagai berikut.

Joko Widodo atau Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia yang menjabat hingga 2024. Ia kembali terpilih sebagai presiden dalam pemilihan April 2019. Pada pemilihan ini ia bersama wakilnya, Ma’aruf Amin memenangkan 55,5% suara.

Latar Belakang 

Presiden Jokowi adalah presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari militer atau elit politik. Ia berasal dari latar belakang sederhana keturunan Jawa. Ayahnya memiliki bisnis furnitur kecil-kecilan, yang seringkali tidak dapat mencukupi kebutuhannya. 

Orangtuanya berjuang untuk memasukkan Jokowi ke universitas. Ia lulus di bidang kehutanan. Setelah lulus, Jokowi bekerja selama tiga tahun di dinas kehutanan sebuah perusahaan negara di Aceh sebelum kembali ke bisnis keluarganya.

Politisi Sukses dan 'Bersih' 

Jokowi adalah Walikota Surakarta sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta pada September 2012. Sebagai wali kota yang sukses, ia menikmati hubungan dekat dengan konstituennya. 

Dia fokus mempromosikan Kota Solo sebagai pusat budaya Jawa, tetapi juga mengembangkan sistem transportasi umum, kesehatan, dan hubungan bisnis dengan masyarakat. Dia memiliki reputasi sebagai politisi 'bersih', menghindari tuduhan korupsi dan nepotisme yang mengganggu sebagian besar politisi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Jakarta

Keberhasilan politiknya berlanjut dengan pemilihannya sebagai Gubernur Jakarta. Dia juga sukses sebagai gubernur, melakukan reformasi yang berarti di bidang pendidikan, transportasi umum, pembenahan PKL dan pasar tradisional, dan menerapkan pengendalian banjir.

Pencalonan Presiden

Berbagai penghargaan (peringkat ke-3 di World Mayor Prize 2012, salah satu dari "10 Walikota Indonesia Terbaik 2008") membuktikan keberhasilannya sebagai wali kota dan gubernur, dan ada sedikit kejutan ketika Megawati Soekarno Putri, mantan Presiden Indonesia memilih Jokowi menjadi calon presiden dari partai PDI-P. 

Jokowi juga mendapat dukungan dari banyak musisi dan artis (dia sendiri dilaporkan menikmati musik heavy metal) dan ini sangat membantunya dalam kampanye kepresidenannya.

Budaya Blusukan

Presiden Jokowi telah menjadi terkenal karena kunjungan dadakan untuk melihat dan mendengar langsung dari orang-orang di komunitas lokal. Hal ini memungkinkan dia untuk secara langsung mengatasi keprihatinan dan kritik mereka, memungkinkan dia untuk mengembangkan hubungan pribadi yang kuat dengan publik.

Prospek Masa Depan

Meskipun pertumbuhan ekonomi belum seperti yang diharapkan, investasi yang kuat dalam infrastruktur dan layanan sosial memastikan bahwa Jokowi masih mendapat dukungan kuat di antara rakyat. Ia juga masih dipandang sebagai pemimpin yang jujur ​​dan memimpin Asian Games 2018 yang sukses di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.