Sukses

Ada Jokowi hingga Gus Yahya, Ini 3 Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia 2023

Lembaga penelitian independen yang berada di bawah naungan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) telah merilis 500 tokoh muslim yang berpengaruh di dunia tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga penelitian independen yang berada di bawah naungan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) telah merilis 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2023. 

Publikasi tokoh-tokoh muslim berpengaruh di dunia ini bertujuan untuk mengukur seberapa berpengaruhnya tokoh muslim di suatu komunitas. Maksud pengaruh di sini adalah setiap orang yang memiliki kekuatan baik itu budaya, ideologi, keuangan, politik atau lainnya untuk membuat perubahan yang akan berdampak signifikan pada dunia muslim.

Mengutip The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2023, ada tiga tokoh muslim Indonesia yang masuk ke daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia.

Ketiga tokoh ini yakni, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), dan ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya.

“Pemilihan orang untuk publikasi ini sama sekali tidak berarti bahwa kami mendukung pandangan mereka, melainkan kita hanya mencoba mengukur pengaruh mereka,” tulis publikasi tersebut dikutip Senin (31/10/2022).

Pengaruh tokoh muslim tersebut jika ulama bisa secara langsung berbicara kepada umat islam dan memengaruhi keyakinan, ide, serta perilaku mereka. Apabila seorang penguasa dia bisa membentuk faktor sosial-ekonomi yang dijalani oleh umat Islam. Atau seniman yang membentuk budaya populer.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dominasi Kepala Negara dan Ulama

Tokoh yang masuk ke daftar 50 muslim berpengaruh di dunia didominasi oleh kepala negara dan ulama. Misalnya, ada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz di urutan pertama, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan di urutan keempat, dan ulama dari Mesir Habib Umar bin Hafiz di urutan ke-11.

Daftar 50 tokoh muslim teratas diberikan peringkat sekaligus biografi singkatnya. Sedangkan 450 tokoh muslim lainnya disusun berdasarkan kategori pengaruh.

Ada 13 kategori tokoh muslim berpengaruh, di antaranya kategori di bidang ilmiah, politik, administrasi urusan agama, pengkhotbah dan pemandu spiritual, filantropi/amal dan pembangunan, isu sosial, bisnis, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, pembaca Alquran, media, selebriti dan bintang olahraga, serta ekstremis.

Tokoh-tokoh muslim tersebut diurutkan dalam setiap kategori menurut wilayah geografis (Timur Tengah dan Afrika Utara, Afrika Sub-Sahara, Asia, Eropa, Oseania, Amerika Utara, Amerika Selatan). Lalu dalam urutan abjad berdasarkan negara dan terakhir dengan nama keluarga.

“Publikasi ini menggabungkan aspek tinjauan dari tahun lalu, termasuk garis waktu dan statistik, tapi itu juga berharap dapat berfungsi sebagai panduan prospektif untuk tahun baru, seperti Who's Who,” tutup pengantar publikasi itu.

 

3 dari 3 halaman

Daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia 2023

Untuk mengetahui siapa saja yang masuk daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia 2023, Anda bisa lihat di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.