Sukses

Perjalanan Karim Benzema, Pesepak Bola Muslim Bintang Real Madrid yang Raih Ballon d’Or 2022

Pesepak bola muslim, Karim Benzema mendapat penghargaan Ballon d’Or 2022. Ballon d’Or adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada pemain sepak bola pria terbaik dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola muslim, Karim Benzema mendapat penghargaan Ballon d’Or 2022. Ballon d’Or adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada pemain sepak bola pria terbaik dunia.

Bintang Real Madrid itu memenangkan Ballon d’Or untuk pertama kalinya. Penghargaan Ballon d’Or diumumkan langsung oleh mantan pelatih Benzema di Real Madrid, Zinedine Zidane di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (18/10/2022) dini hari WIB.

Penghargaan Ballon d’Or diraih Benzema tidak lepas dari kontribusinya untuk Real Madrid. Benzema mencetak 44 gol dan membuat 15 assist hanya dalam 46 pertandingan di semua kompetisi untuk Real Madrid. Itu termasuk 15 gol dan dua assist dalam 12 pertandingan Liga Champions dan 27 gol dan 12 assist dalam 32 pertandingan Liga Spanyol.

“Melihat penghargaan ini di depan saya membuat saya sangat bangga dengan pekerjaan yang telah saya lakukan. Itu adalah impian masa kecil, untuk memiliki motivasi," kata Karim Benzema setelah menerima penghargaan seperti dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.

Pesepak bola muslim asal Prancis itu menyebut Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo sebagai panutannya. Ia selalu bermimpi untuk menjadi seperti mereka, yakni meraih Ballon d’Or. Pada tahun 2022 impian bintang Real Madrid itu baru terwujud.

“Ada periode sulit di mana saya tidak berada di tim Prancis tetapi saya tidak pernah berhenti bekerja keras atau menyerah,” katanya.

“Sangat bangga dengan perjalanan saya di sini. Tidak mudah itu sulit. Berada di sini hari ini untuk pertama kalinya, saya senang, senang dengan pekerjaan saya dan ingin terus maju,” ucap Benzema.

Menurut Benzema, penghargaan ini memang untuk individu, tapi tetap kolektif. Sebab, dalam sebuah tim sepak bola semua orang berperan di dalamnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memulai Karier di Dunia Sepak Bola

Pemain sepak bola profesional ini bernama lengkap Karim Mostafa Benzema. Ia lahir di Lyon, Prancis pada 19 Desember 1987 dari pasangan Hafid Benzema dan Wahida Djebbara. Ia memiliki darah keturunan Aljazair dan beragama Islam.

Pihak federasi sepak bola Aljazair meminta Benzema untuk masuk ke skuad timnas Aljazair. Namun, Benzema memilih timnas senior Prancis. Selain masuk ke skuad timnas Prancis, Benzema juga membela Real Madrid, salah satu klub Liga Spanyol.

Mengutip Bola.net, perjalanan karier Benzema di dunia sepak bola bermula dari klub lokal distrik tempat ia dibesarkan, Bron Terraillon SC, pada usianya yang baru 8 tahun. Benzema menarik perhatian dari official tim junior Lyon kala ia sukses melesakkan 2 gol ke dalam gawang Lyon U-10 pada sebuah pertandingan di Lyon.

Pesepak bola muslim ini masuk ke skuad tim reserve Olympique Lyonnais pada awal musim 2004/2005. Tim ini bermain di divisi 4 liga Prancis.

Kehadiran Benzema selama 9 tahun membawa banyak perubahan untuk Lyon. Selama 9 tahun di Lyon, Benzema membantu Lyon memboyong 4 gelar Ligue 1, 1 Coupe de France dan 1 Trophee des Champions dengan torehan 112 pertandingan dan 43 gol.

3 dari 3 halaman

Masuk Real Madrid

Pada awal musim 2009/2010, Benzema resmi mengenakan seragam Real Madrid. Bersama klub Liga Spanyol ini, karier Benzema di dunia sepak bola semakin moncer. Namun, rekan satu timnya Gonzalo Higuain yang tak kalah hebat membuat pemain asal Prancis itu berada di bangku cadangan.

Pada musim 2012 hingga 2016, Benzema menjelma menjadi salah satu trio mematikan bersama Bale dan Cristiano Ronaldo. Mereka menjadi ujung tombak El Real yang sangat produktif. Dengan adanya mereka, Real Madrid berhasil memenangkan banyak gelar seperti Copa del Rey, Super Cup, Club World Cup dan Champions League.

Keberangkatan Ronaldo dari Real Madrid membuat lini depan Real Madrid kian tumpul, namun hal itu tidak membuat Benzema merasa kesulitan untuk mencetak gol. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Real Madrid dalam menjuarai La Liga pada musim 2019/20 dan 2020/21. 

Benzema telah banyak berkontribusi untuk Real Madrid hingga akhirnya dinobatkan menjadi pemain terbaik dunia usai meraih penghargaan Ballon d’Or 2022. Penghargaan ini tidak lepas dari peran Benzema yang ikut membawa Real Madrid juara Liga Spanyol (La Liga) dan Liga Champions musim 2021-2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.