Sukses

4 Trik Ini Bikin Mobil Lebih Irit Bensin saat Mudik Lebaran 2022

Pemerintah telah mengizinkan rakyat Indonesia untuk melaksanakan mudik Lebaran 2022. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan serba-serbi mudik dari sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengizinkan rakyat Indonesia untuk melaksanakan mudik Lebaran 2022. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan serba-serbi mudik dari sekarang.

Paling penting tentu adalah mengetahui cara menghemat bensin selama perjalanan mudik. Sehingga ongkos perjalanan ke kampung halaman bisa di tekan.

Melansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini tips-tips hemat bensin saat mudik dengan mobil pribadi. Simak selengkapnya!

1. Jangan Ngebut

Selama perjalanan jangan sampai ngebut di atas 100 km/jam. Usahakan melaju di kecepatan 40-80 km/jam. Sebab semakin cepat mobil melaju, maka kian boros juga konsumsi bensinnya.

Pada dasarnya mudik memang harus dilakukan dengan santai tanpa tergesa-gesa. Tak hanya untuk hemat bensin, tetapi juga kurangi risiko kecelakaan.

2. Penggunaan AC

Perlu diketahui, penggunaan AC akan semakin memberatkan kerja mesin mobil. Alhasil konsumsi bahan bakar semakin boros juga.

Tipsnya, gunakan AC saat melewati jalan padat atau macet. Matikan AC jika melewati jalan lancar, bisa diganti dengan membuka jendela agar mendapatkan udara segar.

Namun perlu diingat juga, jangan sampai menyalakan AC dalam kondisi jendela terbuka.

3. Barang Bawaan

Pastikan juga membawa barang bawaan yang memang diperlukan. Semakin banyak barang bawaan maka akan kian besar juga beban mobil.

Karena itulah konsumsi bahan bakar semakin boros. Membawa barang berlebih pun kian meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jangan Banyak Berhenti

Pada dasarnya setiap 3-4 jam sekali pengendara harus berhenti untuk istirahat. Selain untuk rehat, hal ini juga penting untuk menurunkan suhu mesin mobil.

Hanya saja jangan terlalu banyak berhenti. Terlalu sering menghidupkan dan mematikan mobil bisa membuat konsumsi bensin semakin boros.

Namun hal ini hanya berlaku saat berkendara di jalanan macet. Karena itulah pastikan Otolovers tahu rute alternatif menuju ke kampung halaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.