Sukses

Telkomsel: Trafik Internet Akan Melonjak Saat Ramadhan hingga Idulfitri

Telkomsel memprediksi akan terjadi pergerakan signifikan pada trafik komunikasi di momen Ramadan dan Idulfitri dibanding hari normal.

Liputan6.com, Jakarta - Meski baru masuk hari pertama bulan Ramadhan 2022, Telkomsel memerkirakan selama bulan puasa hingga Idulfitri akan ada lonjakan komunikasi dan trafik internet.

Hal ini karena dikeluarkannya kebijakan bagi masyarakat untuk bisa mudik, meski dengan sejumlah persyaratan.

Telkomsel memprediksi, akan terjadi pergerakan signifikan pada trafik komunikasi di momen Ramadan dan Idulfitri dibanding hari normal.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho memaparkan, trafik internet diprediksi tumbuh 9,4 persen. Sementara trafik panggilan suara justru akan turun 9,3 persen dan SMS tumbuh 4,1 persen.

Konsumsi konten digital selama bulan Ramadan pun diprediksi akan semakin meningkat, dimana pengguna banyak mengakses berbagai layanan media sosial hingga video conference.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkat Signifikan

Ilustrasi: Kemitraan antara NOICE dan Telkomsel yang baru saja dibangun. (Ist.)

"Untuk layanan panggilan memang sudah menurun, sementara trafik SMS diperkirakan meningkat karena di momen Idulfitri akan banyak yang bersilaturahmi," kata pria yang biasa disapa Nugie, baru-baru ini.

Kuota internet kemungkinan besar akan dipakai untuk mengakses layanan media sosial (tumbuh 7,5 persen) dan aplikasi pesan dan video conference (tumbuh 21,3 persen).

Tidak lupa, trafik internet makin tinggi karena akses streaming video (naik 15,3 persen), gim mobile (naik 34,9 persen), browsing (naik 17,8 persen), dan layanan e-commerce (naik 18,4 persen).

 

3 dari 3 halaman

Antisipasi Telkomsel

Versi terbaru aplikasi MyTelkomsel (Foto: Telkomsel)

Untuk mengantisipasi akses layanan data tersebut, Telkomsel menambah kapasitas 932 Gbps untuk Gateway GPRS Support Node (GGSN) sehingga total kapasitas adalah 10.032 Gbps (Gigabyte per second).

Selain itu untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps sehingga totalnya menjadi 9.390 Gbps.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini