Sukses

8 Manfaat Kurma Ajwa bagi Kesehatan, Kembalikan Cairan Tubuh Setelah Puasa

Kurma ajwa bisa menjadi salah satu opsi buah yang kamu makan saat berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan sangat beragam. Hal itu dikarenakan kurma ajwa memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan utama yang terdapat pada jenis buah yang bisa tumbuh sepanjang tahun ini adalah karbohidrat sederhana meliputi sukrosa dan fruktosa.

Tidak hanya kandungan karbohidrat saja, kurma ajwa juga kaya akan nutrisi seperti kalsium, zat besi, vitamin K, folat, dan antioksidan. Antioksidan yang terdapat dalam kurma ajwa antara lain karoten, fenolik, flavonoid, dan anthocyanin.

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, kurma yang identik dengan warna lebih gelap dibanding kurma lainnya ini memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari kurma ajwa adalah bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, manfaat kurma ajwa bagi kesehatan, Minggu (19/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lindung Diri dari Radikal Bebas dan Kesehatan Pencernaan

1. Lindungi sel dari radikal bebas

Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan bisa didapatkan karena adanya kandungan serat dan antioksidan. Dua kandungan tersebut akan melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Antioksidan seperti flavonoid dalam kurma ajwa bisa membantu sel-sel meregenerasi sel yang rusak. Sehingga hal tersebut bisa mengantisipasi munculnya penyakit akibat radikal bebas.

2. Kesehatan pencernaan terjaga

Manfaat kurma ajwa lainnya adalah terkait masalah pencernaan. Dalam kurma ajwa, terdapat serat jenis tidak larut. Serat ini akan sangat membantu memadatkan feses sehingga pencernaan menjadi lancar. Diare dan sembelit bisa dihindari dengan makan kurma ajwa.

3 dari 5 halaman

Menurunkan Risiko Diabetes dan Turunkan Berat Badan

3. Menurunkan risiko diabetes

Kurma ajwa memang terkenal sebagai buah yang memiliki tingkat rasa manis yang tinggi. Meski begitu, kurma ajwa tidak meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan serat yang membantu menurukan risiko diabetes. Serat tak larut bisa dicerna lebih lambat yang membuat tubuh bisa mengontrol banyak tidaknya kadar gula darah.

4. Bantu turunkan berat badan

Kandungan serat tak larut yang tinggi dalam kurma ajwa juga membuat tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Serat tak larut ini juga akan mempermudah dalam urusan buang air besar. Dengan kemampuan mengenyangkan dan mempermudah urusan buang air besar, membuat kurma ajwa sangat cocok untuk makanan khusus orang yang menjalankan progam diet.

4 dari 5 halaman

Mencukupi Kebutuhan Cairan dan Kesehatan Otak

5. Mencukupi kebutuhan cairan

Kurma ajwa memang terkenal manis karena memiliki kadar gula yang tinggi. Meski begitu, kadar gula yang tinggi bisa terkontrol karena adanya nutrisi serat tak larut. Dengan kadar gula tinggi pada kurma Ajwa, bisa membuat kadar gula dalam tubuh meningkat setelah dikonsumsi. Hal ini sangat baik untuk tubuh yang sedang berpuasa. Karena berpuasa bisa membuat tubuh kehilangan cairan seharian.

6. Menjaga kesehatan otak

Manfaat kurma ajwa selanjutnya berkaitan dengan kesehatan otak. Seperti diketahui, kandungan antioksidan dalam kurma ajwa bisa mencegah radikal bebas yang membuat penyakit seperti diabetes hingga peradangan otak bisa dihindari. Hal ini diperkuat dengan studi yang pernah dilakukan oleh Neural Degeneration Research pada 2016. Studi tersebut menunjukkan adanya produksi protein pada kurma yang bisa menghambat pertumbuhan peradangan interleukin 6 (IL-6) di otak.

5 dari 5 halaman

Mencegah Osteoporosis dan Aterosklerosis

7. Mencegah osteoporosis

Selain mengandung serat tak larut dan antioksidan, buah ini juga mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan 4 nutrisi yang terdapat dalam kurma ajwa membuat buah ini bisa mencegah terjadinya osteoporosis. Tak hanya cegah osteoporosis, kurma ajwa juga bisa memperkuat persendian.

8. Melindungi dari aterosklerosis

Manfaat kurma ajwa terakhir adalah akan melindungi tubuh dari penyakit aterosklerosis. Penyakit aterosklerosis merupakan gangguan menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri. Efeknya bisa membuat keseimbangan ritme jantung terganggu. Dengan konsumsi kurma ajwa yang kaya antioksidan bisa melindungi diri dari aterosklerosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.