Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 9 Mei 2019 untuk Kota-kota Besar di Indonesia

Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 9 Mei 2019 untuk Kota-kota Besar di Indonesia beserta niat puasa

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara yang luas dan memiliki banyak kota-kota besar. Kota-kota ini menjadi pusat peradaban dari setiap wilayah yang mengintarinya. Sebagian besar masyarakat Indonesia juga memeluk agama Islam, jadi tidak heran jika banyak orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. 

Bulan Ramadan adalah bulan yang diwajibkan untuk umat beragama Islam menjalankan ibadah puasa seperti yang sudah dijelaskan dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa, dianjurkan untuk melakukan sahur atau makan dan minum ketika malam hari selum matahari terbit. Dalam ajaran islam, sahur memiliki batasan waktu tertentu, yaitu ketika matahari mulai menampakkan cahayanya. Namun ada juga yang menjelaskan bahwa batasan sahur adalah ketika waktu imsak.

Ketika imsak, maka umat Islam dianjurkan untuk menghentikan aktivitas makan dan minum yang sedang ia lakukan. Secara garis besar imsak di Indonesia pada bulan Ramadan 1440H ini adalah sekitar pukul 04.15 sampai dengan pukul 04.47. Namun setiap daerah di Indonesia berbeda-beda.

Berikut ini Jadwal imsak hari ini Kamis 9 Mei 2019 di beberapa kota besar di Indonesia yang sudah Liputan6.com rangkum dari Kementrian Agama Republik Indonesia, Kamis (9/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Imsak Kota-kota Besar di Indonesia

Berikut ini jadwal imsak hari ini Kamis 9 Mei 2019, 4 Ramadan 1440H di setiap daerah di Indonesia.

1. Kota Jakarta: 04:25 WIB.

2. Kota Bandung: 04:23 WIB.

3. Kota Surabya: 04:03 WIB.

4. Kota Medan: 04:45 WIB.

5. Kota Palembang: 04:30 WIB.

6. Kota Yogyakarta: 04:13 WIB.

7. Kota Solo: 04:13 WIB.

8. Kota Semarang: 04:12 WIB.

9. Kota Malang: 04:04 WIB.

10. Denpasar: 04:55 WITA.

11. Makassar: 04:34 WITA.

12. Palu: 04:27 WITA.

13. Ambon: 04:57 WIT.

3 dari 3 halaman

Doa Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun sebagian ada juga yang melakukan niat ibadah puasa setelah shalat tarawih. Berikut niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala

Niat puasa ramadan sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah Nabi Muhammad SAW. Niat puasa dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini)

Kemudian ada hadits lain yang menjelaskan niat puasa, sebagai berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

وَإِنَّمَا لاِمْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya: Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. (Muttafaqun ‘alaih)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini