Sukses

Pasar Berumur 1 Abad Khusus Jajanan Buka Puasa Bangladesh Ramai Pengunjung

Sebuah pasar tradisional nan kuno di Bangladesh, yang khusus menjual makanan Iftar, kembali buka pada Ramadan 2018.

Liputan6.com, Dhaka - Sebuah pasar tradisional di Bangladesh, yang khusus menjual makanan berbuka puasa, kembali buka pada Ramadan 2018.

Selama lebih dari satu abad, pasar yang terletak di Chawkbazar di kota tua Dhaka, memegang teguh tradisi sebagai pasar terbesar dan paling populer di ibu kota Bangladesh untuk menjual panganan Iftar. Demikian seperti dikutip dari kantor berita China Xinhua (21/5/2018).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana meriah selalu menyelimuti pasar itu jelang matahari terbenam (penanda Iftar) di pasar Chawkbazar, di mana para pemilik warung dan pedagang keliling menjual makanan kepada ribuan pelanggan.

Ratusan toko terlihat sibuk menjual barang-barang unik dan tradisional untuk Iftar Ramadan, demikian menurut pengamatan Xinhua.

Penduduk kota percaya bahwa makanan berbuka puasa tradisional di pasar ini memiliki daya tarik yang berbeda bagi para pecinta kuliner.

Makanan yang disajikan bermacam-macam, mulai dari beberapa jenis buah-buahan, kebab lezat, custard, tahu susu, dan panganan tradisional.

Muslim Bangladesh mulai berpuasa Ramadan pada Jumat, 18 Mei 2018.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bazar Ramadan Meriahkan Bulan Puasa di Arab Saudi

Sementara itu, para keluarga di Arab Saudi juga umumnya menyiapkan stok makanan untuk acara iftar atau buka puasa dengan menu yang lezat. Selain mendekorasi rumah dan mempersiapkan diri untuk tarawih serta pengajian Al quran.

Pada momen tersebut, pihak supermarket mengisi penuh stok barangnya dan menawarkan produk dengan harga terbaik. Sementara masjid-masjid menjadwalkan iftar dan sahur untuk orang yang membutuhkan.

Acara-acara baru di TV juga sudah diumumkan. Seiring pemerintah Arab Saudi yang juga sibuk mengatur acara dan kegiatan untuk menguntungkan bisnis dan penduduknya.

Mal dan pusat perbelanjaan juga menyelenggarakan bazar khusus Ramadandengan penawaran spesial selama bulan suci itu.

Seperti dikutip dari Arab News, Rabu 16 Mei 2018, pasar-pasar ini melayani semua aspek Ramadan, dari makanan hingga dekorasi dan barang-barang koleksi.

Banyak vendor menawarkan produk yang tidak biasa. Seringkali produk tersebut dijual di tempat serba ada, dalam satu lokasi menjual segalanya sehingga menarik perhatian seluruh anggota keluarga.

Pasar seperti itu menambah warna perayaan Ramadan.

Pasar-pasar ini biasanya didekorasi dengan gaya tradisional yang dihiasi dengan lentera dan warna-warna cerah, melambangkan kegembiraan menyambut datangnya Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.