Sukses

Jelang Lebaran, Lalu Lintas Simpang Cikampek Lancar

Pemandangan ini berbanding terbalik dengan situasi saat Tol Cipali belum dibangun.

Liputan6.com, Jakarta - Lalu lintas di pintu keluar Tol dan Simpang Cikampek terpantau ramai lancar pada H-12 Hari Raya Idul Fitri. Pemandangan ini berbanding terbalik dengan situasi saat Tol Cipali belum dibangun. Ruas jalan Simpang Cikampek menjadi langganan macet karena menjadi satu-satunya akses pemudik menuju Jawa Tengah.

"Pada dasarnya sampai dengan pemantauan kita saat ini, situasi arus lalu lintas masih cukup normal. Kepadatan terjadi hanya pada bubaran pabrik, ini kan kawasan pabrik. Setelah itu, normal kembali," kata Kepala Unit Lalu Lintas Polres Purwakarta Ajun Komisaris Rullyanto di Simpang Cikampek, Jumat (24/6/2016).

Dia mengatakan, jajarannya belum melakukan pengamanan khusus jelang Lebaran. Sebab, Operasi Ramadniya 2016 baru dimulai pekan depan. Yang sedang dilakukan satuannya saat ini, mendukung Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta merazia KIR angkutan umum.

"Kita dan Dishub sedang berkoordinasi, jadi mulai dari minggu kemarin sampai Senin nanti melaksanakan uji kelaikan moda angkutan Lebaran," ujar Rully.

Hasil razia, lanjut dia, banyak ditemukan angkutan yang tak laik beroperasi karena beberapa permasalahan fisik kendaraan. Misalnya emisi gas berlebih, rem dan wiper kaca tidak berfungsi maksimal dan ban yang gundul.

"Kita lakukan penindakan, tahan buku KIR," tutup Rully.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.