Sukses

Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

Ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang berisiko untuk berpuasa, seperti penderita diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Puasa pada dasarnya membuat tubuh lebih sehat. Sayangnya ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang berisiko untuk berpuasa, seperti penderita diabetes misalnya.

Diabetesi bergantung pada suntikan insulin dan dianjurkan untuk tidak puasa sama sekali. Sementara diabetesi tipe 2 lebih mungkin menjalankan puasa jika sudah konsultasi dengan dokter dan tak lepas dari obat.

Puasa Ramadan memang bisa memicu beberapa risiko kesehatan pada diabetesi tipe 2, seperti gula darah rendah, gula darah tinggi, ketoasidosis (ketidakseimbangan metabolisme yang bisa berakibat fatal), dehidrasi, dan pembekuan darah. Tak ketinggalan bertambahnya berat badan.

Tapi ahli endokrinologi dari McDonough, Georgia, Amerika Serikat, Dr Mahmoud Ibrahim mengatakan, selama diabetesi mendapat pengetahuan yang baik untuk menjalankan puasa, gula darah bisa dijaga dengan baik pula.

"Keputusan untuk berpuasa sebenarnya merupakan interaksi antara orang itu sendiri, pemimpin agama, dan penasihat medis. Artinya semua diabetesi bisa saja berpuasa asalkan gula darah dikelola dengan baik," ujarnya.

Dalam penelitiannya yang diterbitkan British Medical Journal, Ibrahim dan tim menemukan, diabetesi yang yang berpengetahuan baik untuk menjaga gula darah selama puasa lebih sehat dibandingkan yang tidak. Bahkan indeks massa tubuh mereka berkurang secara signifikan dan gula darah stabil.

Direktur Medis Al-Zahra Hospital, Dubai, Dr Mansoor berbagi tips puasa bagi diabetesi. "Diabetesi tetap harus memerhatikan makanan dan obat saat sahur dan berbuka. Sahur harus terdiri dari makanan dengan glikemiks rendah seperti nasi merah. Ketika berbuka, disarankan mengonsumsi makanan rendah lemak dan bebas gula," ujarnya.

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam FKUI RS Cipto Mangunkusumo, Prof Dr dr Pradana Soewondo juga memberi tips untuk diabetesi yang ingin puasa. Beliau menyarankan untuk rutin mengecek gula darah, memperhatikan konsumsi obat dan insulin, olahraga, dan diet sehat serta menjalani pemeriksaan medis sebelum puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.