Sukses

Jelang Mudik, KAI dan Daop 6 Cek Jalur Kereta Api

Untuk pengamanan di daerah yang rawan kecelakaan, Polda DIY menurunkan 300 personel.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjelang mudik Lebaran 2015, PT KAI Daop 6 dan Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengecek jalur kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta sampai Wates. Hal ini untuk memastikan keamanan jalur kereta api.

Kapolda DIY Brigjen Pol Erwin Triyanto mengatakan, untuk pengecekan keamanan jalur kereta diprioritaskan pada palang pintu perlintasan yang tidak berpenjaga. Perlintasan yang tidak dijaga, rawan kecelakaan.

"Kerawanan itu karena perilaku masyarakat sendiri yang kurang berhati-hati. Karena itu tetap mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, apalagi jelang Lebaran akan lebih ramai," kata Erwin di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (29/6/2015).

Untuk pengamanan di daerah yang rawan kecelakaan ini, Polda DIY menurunkan 300 personel. Tambahan personel ini untuk  membantu PT KAI Daop 6 untuk mengamankan jalur kereta api yang tidak ada palang pintu. "Kami juga akan terjunkan anggota untuk pengamanan jalur," tambah dia.

Kepala Daop 6 Wiwik Widayanti mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan jalur kereta api mulai dari kondisi rel, lokasi perlintasan, sampai kondisi palang pintu. Khusus di perlintasan tidak berpalang pintu Daop 6 sudah menyiagakan warga sekitar untuk menjadi penjaga.

"Mulai tanggal 2 Juli nanti kita akan siapkan penjaga perlintasan ekstra, khusus perlintasan yang tidak berpalang pintu," kata dia.

Wiwik mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pembersihan sisa-sisa petasan dan juga benda-benda  berbahaya di sekitar rel. Sebab, benda-benda itu dapat membahayakan laju kereta api. Sehingga perlu dibersihkan agar perjalanan dapat berjalan lancar. Ia mengimbau masyarakat agar hati hati ketika melintas di perlintasan tidak berpalang pintu.

"Kita akan cek sampai bautnya, dibersihkan kalau ada sisa petasan dan lainnya," tandas Wiwik. (Mvi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.