Sukses

Sambangi Sejumlah Pesantren, Jokowi Gaet Kiai?

Akhir pekan ini, Capres PDIP Jokowi silaturahmi ke sejumlah tokoh NU dan Muhammadiyah di Yogyakarta dan Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meraup dukungan dari para tokoh Islam, Capres PDIP Joko Widodo hari ini bertolak ke Yogyakarta dan Jawa Timur, untuk melakukan safari politik ke sejumlah tokoh Islam dan sejumlah pesantren. Di dua wilayah itu, Jokowi akan menyambangi tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

"Pada hari libur kerja Sabtu dan Minggu, Pak Jokowi akan melaksanakan kegiatan silaturahmi ke tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah di Yogyakarta dan Jawa Timur. Ya, intinya silaturahmilah," ujar Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (3/5/2014).

Berdasarkan jadwal yang diterima Liputan6.com, selama 2 hari itu Jokowi akan menyambangi beberapa kota di 2 provinsi tersebut. Dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Gubernur DKI Jakarta itu akan mendarat di kota Yogyakarta.

Di Kota Gudeg itu, Jokowi akan berkunjung ke rumah mantan Ketua PP Muhammadiya Syafii Maarif. Selama di sana, Jokowi akan dijamu sarapan pagi dengan cendekiawan Muslim itu. Dari rumah Syaffi, Jokowi akan bertolak ke beberapa situs sejarah di Yogyakarta seperti Taman Siswa dan berkeliling ke beberapa museum.

Sedangkan di Jawa Timur, Jokowi diagendakan akan bertemu dengan Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Prawansa di Surabaya. Keduanya akan membahas sejumlah isu, termasuk mengenai isu arah peta koalisi sejumlah partai Islam.

Setelah bertemu dengan Khofifah, perjalanan akan dilanjutkan ke sejumlah pesatren di Jawa Timur. Beberapa pesantren yang akan dikunjungi yaitu Pesantren Tebu Ireng di kota Jombang. Di Kota Santri itu, Jokowi akan bertemu dengan pimpinan Pesantren yaitu KH Sholahuddin Wahid.

Selain itu, Jokowi juga akan bertolak ke Pesantren Pacul Gowang. Di sana Jokowi akan menemui Ketua Dewan Syiro PKB KH Azis Mansyur, yang disebut-sebut sebagai guru dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Dari Kota Jombang, Jokowi rencananya juga akan berkunjung ke Tambak Beras, mengunjungi Pesantren Putri al-Lathifiyah I Tambakberas Hj Mahfudhoh Ali Ubaid, dan KH Hasib Wahab Hasbullah.

Setelah safari ke beberapa pesatren, terakhir Jokowi akan bertemu dengan pengurus dan kader PDIP se-Kabupaten Jombang. Kemudian Jokowi kembali ke Surabaya bertemu dengan pengurus DPD PDIP Surabaya. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.