Sukses

PDIP Jalin Komunikasi dengan Nasdem

PDI Perjuangan sudah melakukan komunikasi politik dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan sudah melakukan komunikasi politik dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menjajaki kemungkinan koalisi. Sebelumnya penjajakan koalisi sudah dibangun PPP dengan Gerindra.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (11/4/2014), pembicaraan mengenai koalisi semakin gencar dilakukan oleh partai politik. Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Kamis 10 April 2014, bertemu Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh.

Koalisi dibutuhkan karena dalam Pemilu Legislatif (Pileg) yang lalu PDIP gagal meraup 25 persen suara batas minimal untuk bisa mengajukan calon presiden dan wakil presiden.

Selain dengan Nasdem, PDI Perjuangan juga sudah melakukan komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bila PDI Perjuangan, Nasdem, dan PKB bergabung jumlah suara mereka sudah melebihi 25 persen.

Selain PDI Perjuangan, kemungkinan koalisi juga sudah dibangun oleh Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan, bahkan sebelum Pileg digelar.

Namun belakangan, penurunan suara PPP berdasarkan hasil perhitungan cepat, kehadiran Suryadharma Ali pada kampanye Partai Gerindra justru menuai perpecahan di partai berlambang Ka'bah ini. (Yus )

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.