Sukses

Cara Melihat Arsip Cerita di FB Setelah 24 jam, Tidak Perlu Aplikasi Tambahan

Dengan fitur arsip, cara melihat arsip cerita di FB dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan.

Liputan6.com, Jakarta Cerita di FB atau Story Facebook adalah salah satu fitur populer yang digunakan oleh pengguna aplikasi media sosial terbesar di dunia ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, dan status yang akan hilang secara otomatis setelah 24 jam, mirip dengan fitur story yang ada di Instagram dan WhatsApp.

Salah satu keunikan dari Facebook Stories adalah kemampuannya untuk mengarsipkan cerita-cerita yang sudah lewat. Pengguna dapat menyimpan cerita yang telah dibagikan dalam arsip pribadi. Namun, agar cerita-cerita tersebut tersimpan secara otomatis, pengguna harus mengaktifkan fitur "arsip cerita" terlebih dahulu. Fitur arsip cerita menjadi kunci dalam cara melihat arsip cerita di FB.

Dengan fitur arsip, cara melihat arsip cerita di FB dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Setelah arsip diaktifkan, semua cerita yang diunggah ke Facebook Stories akan otomatis tersimpan. Konten-konten yang tersimpan di arsip cerita FB hanya bisa diakses oleh pemilik akun. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk meninjau kembali cerita-cerita yang telah lewat kapan saja tanpa mengganggu privasi pengguna. Berikut ulasn lebih lanjut tentang cara melihat arsip cerita di FB yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Arsip Story Facebook

Seperti sudah dijelaskan, fitur arsip cerita di Facebook adalah kunci dalam cara melihat arsip cerita di FB. Untuk itu, fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Mulailah dengan masuk ke akun Facebook Anda dan klik pada foto profil yang ada di bagian kanan atas halaman.
  2. Klik nama akun Anda untuk membuka laman profil Anda.
  3. Klik tanda tiga titik sejajar (menu opsi) di bawah foto profil untuk membuka pengaturan profil.
  4. Kemudian pilih opsi "Arsip" untuk mengakses bagian arsip profil Anda.
  5. Klik "Arsip Cerita" di bagian atas halaman arsip. Di sini Anda akan melihat cerita-cerita yang telah Anda bagikan sebelumnya.
  6. Klik tanda "gear" (ikon pengaturan) yang terletak di pojok kanan atas dekat kotak pencarian.
  7. Langkah terakhir adalah mengaktifkan fitur arsip cerita dengan menggeser tombol "Simpan ke Arsip" ke posisi aktif.

Setelah fitur arsip cerita diaktifkan, semua cerita yang Anda bagikan di Facebook Stories akan otomatis disimpan di arsip pribadi Anda. Fitur ini sangat berguna untuk menyimpan momen-momen berharga tanpa perlu khawatir cerita tersebut akan hilang setelah 24 jam. Selain itu, Anda juga bisa membuat sorotan cerita dari arsip ini untuk ditampilkan di profil Anda, sehingga cerita-cerita favorit bisa diakses dengan mudah oleh teman-teman Anda di Facebook.

3 dari 3 halaman

Cara Melihat Arsip Cerita di FB

Cara melihat arsip cerita di FB adalah proses yang sederhana dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Berikut adalah panduan lengkapnya.

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Anda.
  2. Ketuk ikon tiga garis yang ada di kanan atas halaman Facebook.
  3. Ketuk nama Anda untuk membuka halaman profil Anda.
  4. Ketuk tanda tiga titik sejajar di bawah foto sampul untuk membuka menu pengaturan profil.
  5. Masuk ke Arsip: Pilih opsi "Arsip" dari menu yang muncul.
  6. Akses Arsip Cerita: Ketuk "Arsip Cerita" (Archive Stories) di bagian atas halaman arsip untuk melihat semua cerita yang pernah Anda bagikan.
  7. Melihat Arsip Obrolan di Facebook MessengerSelain melihat arsip story, pengguna juga dapat mengakses arsip obrolan di Facebook Messenger, berikut langkah-langkahnya
  8. Masuk ke aplikasi Facebook Messenger.
  9. Klik tanda tiga titik sejajar yang ada di samping obrolan.
  10. Kemudian, pilih obrolan yang diarsipkan dari menu yang muncul.

Cara Membuat Sorotan Cerita di Facebook

Sorotan cerita (Highlight Stories) di Facebook adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menampilkan cerita-cerita pilihan di bawah profil mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk menyoroti momen-momen penting yang ingin tetap terlihat oleh pengunjung profil Anda. Berikut adalah panduan untuk membuat sorotan cerita di Facebook.

  1. Buka aplikasi Facebook dan masuk ke bagian Arsip Cerita. Anda dapat mengaksesnya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu melalui pengaturan profil dan memilih "Arsip Cerita".
  2. Di bagian Arsip Cerita, Anda akan melihat semua cerita yang telah Anda bagikan dan diarsipkan oleh Facebook. Pilih cerita yang ingin Anda tambahkan ke sorotan.
  3. Di bagian kanan bawah cerita yang dipilih, klik ikon bintang yang bertuliskan "Fitur".
  4. Setelah mengklik ikon bintang, akan muncul menu "Tambahkan ke Unggulan". Anda memiliki opsi untuk membuat koleksi unggulan baru atau menambahkan cerita ke sorotan yang sudah ada.
  5. Jika Anda ingin membuat koleksi baru, klik "Koleksi Unggulan Baru".
  6. Berikan judul pada sorotan baru Anda agar lebih mudah dikenali dan menarik bagi pengunjung profil Anda.
  7. Setelah menambahkan judul, klik "Simpan" untuk menyimpan cerita yang telah dipilih ke dalam koleksi sorotan baru Anda.

     

     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.