Sukses

Kronologi Kontroversi Kate Middleton, Sempat Menghilang dari Publik Hingga Umumkan Derita Kanker

Kontroversi seputar kondisi Putri Mahkota Kerajaan Inggris ini mencapai puncaknya pada 10 Maret saat Kensington Palace merilis foto Princess of Wales bersama ketiga anaknya dalam rangka Hari Ibu.

Liputan6.com, Jakarta Kate Middleton, salah satu anggota kerajaan Inggris belakangan menjadi topik perbincangan hangat karena tiba-tiba menghilang dari publik setelah mengumumkan bahwa dirinya menjalani operasi perut. Menghilangnya Kate dari ruang publik memicu berbagai spekulasi liar dan teori konspirasi yang menyebar luas di media sosial. Sebagian dari spekulasi tersebut terasa tidak masuk akal, namun ada juga yang menyeramkan.

Kontroversi seputar kondisi Putri Mahkota Kerajaan Inggris ini mencapai puncaknya pada 10 Maret saat Kensington Palace merilis foto Princess of Wales bersama ketiga anaknya dalam rangka Hari Ibu. Hal yang menyebabkan spekulasi liar adalah foto tersebut tampaknya merupakan hasil editan, bahkan ada yg berpendapat bahwa foto Kate dan putra putrinya dibuat dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Associated Press kemudian menarik publikasi foto tersebut.

Princess of Wales kemudian meminta maaf atas kebingungan yang ditimbulkan oleh proses editing pada foto tersebut. Namun, dunia tetap bertanya-tanya, apa sebenarnya yang terjadi dengan keluarga Windsor? Berikut kronologi kontroversi seputar Kate Middleton yang sempat menghilang hingga muncul kembali dengan pengumuman bahwa dirinya menderita kanker, dirangkum Liputan6.com dari laman vogue.co.uk (23/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

25 Desember 2023, Penampilan Terakhir Kate di Acara Kerajaan

Pada Hari Natal, Princess of Wales  menghadiri ibadah gereja tahunan keluarga kerajaan di Sandringham. Semuanya terlihat sempurna ketika dia bergandengan tangan dengan anak-anaknya sambil mengenakan mantel dress biru Alexander McQueen. Namun, dunia tidak tahu bahwa ini akan menjadi kali terakhir mereka melihat Putri Mahkota Inggris ini selama beberapa bulan ke depan.

17 Januari 2024, Pengumuman Kensington Palace tentang Operasi Perut Kate Middleton 

Beberapa minggu kemudian, Kensington Palace merilis pernyataan yang mengatakan bahwa Princess of Wales tengah dirawat di rumah sakit untuk menjalani operasi perut. Atas saran medis, dia tidak akan kembali menjalankan tugas publik sampai setelah Paskah. Pernyataan tersebut juga meminta agar publik mengerti kondisinya dan tidak mengganggu ruang privasi anak-anaknya.

17 Januari 2024, Pengumuman Buckingham Palace tentang Raja Charles 

Beberapa jam setelah berita medis Kate Middleton, Buckingham Palace mengumumkan kabar Raja Charles 3 yang sedang menjalani pengobatan untuk prostat yang membesar. Pernyataan kedua istana ini terasa timpang menurut publik, sebab situasi Raja Charles dijelaskan secara spesifik sedangkan Kate tidak.

29 Januari 2024, Kate Middleton Keluar dari Rumah Sakit

Pada akhir Januari, berita menyebutkan bahwa Princess of Wales telah pulang ke rumah di Windsor dari klinik di London. Berbeda dengan mertuanya yang mendapat benyak publikasi saat keluar rumah sakit, Tidak Ditemukan satupun foto maupun video yang merekam momen Princess of Wales  keluar dari rumah sakit.

5 Februari 2024, Raja Charles Mengumumkan Diagnosis Kankernya

Seminggu kemudian, Buckingham Palace mengumumkan bahwa Pangeran Charles sedang mencari pengobatan untuk kanker. "Dia tetap sangat positif tentang pengobatan dan berharap kembali menjalankan tugas publik sepenuhnya sesegera mungkin," kata Buckingham Palace. 

Mereka juga mengungkapkan motivasi di balik keputusan publikasi tentang penyakit yang diderita Raja charles, "Yangmulia memilih untuk berbagi diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan berharap hal itu dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker." Beberapa hari kemudian, muncul pernyataan lain yang mengucapkan terima kasih kepada publik atas dukungannya. Sejak itu, Charles sempat muncul sesekali, seperti saat bertemu dengan duta besar dari Aljazair dan Mauritania di Buckingham Palace pada 6 Maret.

27 Februari 2024, Pangeran William Batal Hadir dalam Upacara Mengenang Hari Kematian Paman Baptisnya

Pada akhir Februari, Pangeran William mengumumkan bahwa dia tidak dapathadir di upacara mengenang hari kematian paman baptisnya, Raja Constantine dari Yunani, karena alasan pribadi. Meskipun sumber kerajaan yang tidak disebutkan namanya memberi tahu media seperti CNN bahwa tidak ada hubungan antara pembatalan tersebut dengan kesehatan putri, hal ini memicu lebih banyak spekulasi. 

Segera, situasi ini berubah menjadi momen media sosial yang ramai karena desas-desus mulai beredar tentang keberadaan Princess of Wales . Munjul berbagai komentar hingga meme tentang kondisi Kate Middleton yang membuat spekulais semakin liar.

3 dari 4 halaman

29 Februari 2024, Kensington Palace Mengulangi Pernyataan Aslinya

Setelah 48 jam spekulasi liar di internet, Kensington Palace mengonfirmasi pernyataan asli mereka kepada People, "Kami sangat jelas sejak awal bahwa Princess of Wales  tidak akan kembali hingga setelah Paskah dan Kensington Palace hanya akan memberikan pembaruan ketika ada sesuatu yang signifikan," kata mereka kepada media tersebut. Mereka juga menambahkan bahwa Kate berada dalam kondisi baik.

4 Maret 2024, Paparazi Mendapatkan Foto Princess of Wales 

Princess of Wales tampak mengemudi di Sekitar Windsor Pada tanggal 4 Maret.TMZ mempublikasikan foto-foto paparazi buram dari putri dan ibunya mengemudi di sebuah Audi di sekitar Istana Windsor. Pers Inggris menahan diri untuk membagikan gambar-gambar tersebut karena privasi putri.

10 Maret 2024, Pasangan Pangeran dan Princess of Wales Berbagi Foto untuk Hari Ibu 

Untuk merayakan Hari Ibu, Pangeran William dan Kate Middleton memposting foto Princess of Wales bersama tiga anaknya di akun media sosial mereka. Istana mengatakan foto itu diambil oleh William minggu lalu di Windsor. Awalnya, foto tersebut sepertinya jelas membantah semua teori konspirasi. 

Namun, pada malam Minggu, Associated Press mengeluarkan "perintah penarikan" - istilah industri untuk menarik kembali sebuah gambar. "Setelah pemeriksaan lebih lanjut, terlihat foto tersebut telah dimanipulasi," ungkap Associated Press. 

Bukti bahwa foto tersebut adalah hasil manipulasi adalah tangan kiri Putri Charlotte pada foto tersebut tampak tidak sejajar dengan lengan sweater-nya. Selain itu, resleting Middleton tidak sejajar, dan beberapa bagian tubuh,termasuk lutut dan tangan, secara aneh di-blur. Spekulasi tentang kondisi sebenarnya dari Kate Middleton pun mencapai puncaknya.

11 Maret 2024, Kate Middleton Minta Maaf Secara Pribadi di Media Sosial 

Esok paginya, Putri Mahkota inggris ini mencoba menjelaskan situasi yang menjadi kontriversi di akun resmi keluarga. "Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan," tulisnya di X. 

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya atas kebingungan yang foto keluarga yang kami bagikan kemarin sebabkan. Saya harap semua yang merayakan memiliki Hari Ibu yang sangat bahagia." 

18 Maret 2024, Foto Paparazi Kate Middleton dan Pangeran William di Windsor 

Sehari setelah laporan di The Sun mengklaim bahwa pasangan Wales terlihat di sebuah toko peternakan di Windsor, TMZ mempublikasikan bukti foto dari perjalanan pada 18 Maret. Foto-foto tersebut buram, namun menunjukkan apa yang tampaknya merupakan William yang berpakaian santai dan Kate yang tersenyum masuk ke dalam toko. Akankah ini meredakan gosip yang terus berputar? Hanya waktu yang akan memberi tahu.

4 dari 4 halaman

22 Maret 2024, Kate Mengumumkan Dirinya Menderita Kanker

Princess of Wales  mengumumkan bahwa dirinya telah didiagnosis menderita kanker melalui sebuah video yang diungga pada kanal Youtube The Prince and Princess of Wales. Dia menjelaskan bahwa saat menjalani operasi besar pada bagian perut pada bulan Januari, ia belum mendapat diagnosis bahwa ada sel kanker di dalam tubuhnya. Setelah menjalani tes pasca operasi baru diketahui bahwa Kate mengidap kanker. Tim medisnya menyarankan agar dia menjalani sesi kemoterapi pencegahan, dan sekarang dia berada di tahap awal dari perawatan tersebut.

Princess of Wales juga mengatakan bahwa ini merupakan kejutan besar bagi dirinya dan suaminya, Pangeran William. Mereka telah melakukan segala yang mereka bisa untuk mengatasi ini secara pribadi demi ketiga anak mereka yang masih muda. 

Kate mengungkapkan bahwa pemulihan dari operasi besar memakan waktu, dan mereka juga butuh waktu untuk menjelaskan situasi kepada anak-anak mereka dengan cara yang sesuai. Putri Kate Middleton menyatakan bahwa dukungan dari suaminya dan cinta serta dukungan dari banyak orang telah menjadi sumber kekuatan bagi mereka. Mereka berharap dapat dimengerti bahwa mereka sebagai keluarga membutuhkan waktu, ruang, dan privasi selama Princess of Wales  menjalani perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.