Sukses

Kisah 22 Tempat Berhantu di Dunia, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Mengunjungi tempat-tempat berhantu bisa menjadi pengalaman yang menggetarkan namun juga memikat.

Liputan6.com, Jakarta Cerita-cerita horor yang membangkitkan rasa takut untuk beberapa orang justru menjadi hal yang menarik untuk dikulik. Meskipun kerap membuat bulu kuduk merinding, cerita-cerita tersebut seakan memiliki kekuatan yang menarik para penggemarnya untuk menjelajahi sisi gelap yang misterius dan merenungkan makna di balik ketakutan.

Para pecinta misteri seringkali terpikat oleh cerita-cerita yang menghadirkan suasana mencekam dan kejutan-kejutan tak terduga. Cerita horor memang dapat memacu adrenalin. Dari hantu-hantu penasaran yang menghantui rumah-rumah tua hingga makhluk-makhluk tak terlihat yang bersembunyi di hutan belantara, setiap kisah menyimpan daya tariknya sendiri.

Mengunjungi tempat-tempat berhantu bisa menjadi pengalaman yang menggetarkan namun juga memikat. Selain dapat merasakan atmosfer misterius langsung, kita juga dapat memahami lebih dalam tentang budaya dan sejarah di balik cerita-cerita horor tersebut. Berikut kisah tempat paling berhatu di dunia yang Liputan6.com rangkum dari laman hauntedrooms.co.uk, Minggu (23/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Eastern State Penitentiary, Pennsylvania, Amerika Serikat

Eastern State Penitentiary yang dibangun pada tahun 1829 di Philadelphia, Pennsylvania, adalah sebuah bekas penjara yang terkenal karena menjadi penjara pertama yang menerapkan sistem isolasi total atau yang dikenal dengan sebutan Sistem Pennsylvania. Para narapidana diisolasi sepenuhnya, hidup sendirian, makan sendirian, dan bahkan berolahraga sendirian di halaman penjara mereka. 

Konsekuensi dari pendekatan yang keras ini adalah banyaknya narapidana yang mengalami kegilaan, sehingga sistem ini dihapus pada tahun 1913. Sejak penjara ini ditinggalkan pada tahun 1971, banyak laporan mengenai pengalaman paranormal mulai muncul, seperti bayangan gelap yang terlihat cepat berpaling saat didekati, suara tawa jahat dari blok sel 12, wajah-wajah hantu di blok sel 4, dan suara-suara aneh seperti langkah-langkah tak berwujud, pembicaraan yang jauh, dan ketukan pintu sel yang juga terdengar.

2. Waverly Hills Sanatorium, Kentucky, Amerika Serikat 

Waverly Hills awalnya adalah bangunan kayu dua lantai yang dibuka pada tahun 1910 dan kemudian dibangun kembali pada tahun 1926. Gedung ini berfungsi sebagai rumah sakit tuberkulosis selama awal hingga pertengahan abad ke-20, dengan perkiraan jumlah kematian pasien mencapai 63.000 orang. Berbagai kejadian mistis telah dilaporkan terjadi di sanatorium ini, termasuk penampakan sosok misterius, sekelebat bayangan, teriakan dari ruangan kosong, langkah-langkah kaki, titik-titik dingin mendadak, dan suara-suara tanpa badan.

3. Monte Cristo Homestead, New South Wales, Australia 

Monte Cristo Homestead di Junee, New South Wales, dianggap sebagai lokasi paling berhantu di Australia. Reputasinya berasal dari sejumlah peristiwa tragis yang terjadi di sana sejak dibangun pada tahun 1885. Mulai dari kematian anggota keluarga, pembantu rumah tangga, hingga pembunuhan, rumah ini penuh dengan kisah mengerikan yang membuatnya dianggap berhantu.

4. Castle of Good Hope, Cape Town, Afrika Selatan

Castle of Good Hope di Cape Town, Afrika Selatan, dibangun pada abad ke-17 oleh Dutch East India Company dan merupakan bangunan kolonial tertua di negara tersebut. Berbagai kisah hantu di Castle of Good Hope meliputi penampakan sosok pria tinggi di salah satu temboknya, wanita berpakaian abu-abu yang berlari sambil menangis, hingga hantu anjing hitam yang muncul tiba-tiba.

5. The Tower of London, London, Inggris

The Tower of London yang dibangun pada tahun 1078 oleh William the Conqueror, dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu di Inggris dengan sejarahnya yang panjang sebagai tempat penyiksaan dan eksekusi. Hantu-hantu terkenal di dalamnya termasuk hantu Anne Boleyn yang sering terlihat tanpa kepala, Lady Jane Grey, hingga dua anak laki-laki yang hilang dan diyakini dibunuh oleh pamannya, Duke of Gloucester.

3 dari 5 halaman

6. Ancient Ram Inn, Gloucestershire, Inggris

Ancient Ram Inn yang dibangun pada tahun 1145, diyakini sebagai rumah paling berhantu di seluruh Kepulauan Britania Raya dan mungkin juga di dunia. Cerita tentang pengorbanan anak, pemujaan setan, dan roh jahat menjadi latar belakang dari peristiwa mengerikan di bangunan ini. Banyak laporan mengenai penampakan sosok-sosok penuh tubuh, sentuhan/hisapan yang dirasakan, suara-suara tak berbadan, serta kesan umum kejahatan yang dirasakan oleh pengunjung dan pemilik sebelumnya.

7. Halifax Citadel, Nova Scotia, Kanada 

Halifax Citadel di Nova Scotia, Kanada, adalah salah satu situs bersejarah paling berhantu di Kanada dengan ratusan laporan penampakan hantu selama bertahun-tahun. Banyak penampakan berpusat pada penampakan sosok-sosok penuh tubuh, termasuk prajurit, wanita berpakaian merah, dan anak kecil. Suara-suara tanpa badan, sentuhan tak terduga, angin tiba-tiba, dan pengalaman lainnya juga sering dilaporkan.

8. Banff Springs Hotel, Alberta, Kanada 

Banff Springs Hotel di Alberta, Kanada, adalah salah satu hotel paling berhantu di negara itu dengan cerita-cerita menakutkan seperti penampakan pengantin yang jatuh dari tangga dan keluarga yang dibunuh di kamar 873. Banyak penampakan melibatkan sosok-sosok hantu yang masih terlihat di sekitar hotel, termasuk mantan bellman yang masih membantu tamu meski sudah meninggal.

9. Château de Brissac, Maine-et-Loire, Prancis 

Château de Brissac di Prancis memiliki cerita hantu yang menyeramkan tentang "La Dame Verte" atau "Wanita Hijau" yang muncul dengan wajah mengerikan di jendela dan mengeluarkan suara-suara mengerikan di malam hari. Banyak tamu hotel yang merasa ketakutan dengan penampakan ini.

10. Borgvattnet Prästgård, Swedia 

Borgvattnet Prästgård di Swedia adalah salah satu rumah berhantu paling terkenal di Swedia dengan banyak laporan tentang pengalaman paranormal, seperti pakaian yang ditarik oleh kekuatan tak terlihat, penampakan sosok wanita tua, dan suara-suara aneh di malam hari.

11. Babenhausen Barracks, Hesse, Jerman 

Babenhausen Barracks di Jerman, yang kini berfungsi sebagai museum, menjadi saksi dari penampakan hantu prajurit Jerman Perang Dunia II, suara-suara tak berbadan, dan pengalaman paranormal lainnya. Cerita tentang penyihir yang dibakar dan membalikkan pembicaraan di telepon juga menambah ketegangan di lokasi ini.

4 dari 5 halaman

12. Lawang Sewu, Semarang, Indonesia

Lawang Sewu yang berarti "Seribu Pintu" dibangun pada tahun 1917 oleh Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda. Selama Perang Dunia II, tentara Jepang menduduki Indonesia dan mengambil alih Lawang Sewu. Ketika Belanda merebut kembali Semarang pada Oktober 1945, terjadi pertempuran sengit di Lawang Sewu yang mengakibatkan banyak tentara Indonesia tewas. Tempat ini dipercaya sebagai tempat yang paling berhantu di Indonesia dengan banyak penampakan hantu yang dilaporkan, termasuk sosok wanita Belanda yang sering muncul.

13. Poveglia Island, Venice, Italia 

Poveglia Island di Laguna Venesia adalah pulau kecil yang telah dihuni sejak tahun 421 Masehi dan pernah digunakan sebagai tempat karantina selama wabah Plague. Pulau ini juga pernah digunakan sebagai rumah sakit jiwa pada abad ke-19. Banyak cerita mistis dan penampakan hantu yang terkait dengan pulau ini, termasuk suara-suara aneh, penampakan bayangan gelap, dan pengalaman yang menakutkan saat menginjakkan kaki di pulau tersebut.

14. Island of the Dolls, Xochimilco, Meksiko 

La Isla de la Munecas atau Pulau Boneka di Danau Teshuilo dekat Kota Meksiko adalah tempat yang penuh misteri. Pulau ini terkenal karena koleksi boneka tua yang dipercayai dihuni oleh roh seorang gadis kecil yang tewas di sana. Pengunjung sering melaporkan bahwa mata boneka terlihat mengikuti mereka, dan ada juga laporan bahwa boneka-boneka tersebut berbisik terutama pada malam hari.

15. Edinburgh Castle, Edinburgh, Skotlandia 

Edinburgh Castle yang memiliki sejarah sejak zaman Zaman Besi, terletak di atas kota yang banyak dipercaya sebagai salah satu kota paling berhantu di dunia. Pengunjung dan staf sering mengalami sentuhan tak terduga, penampakan hantu, dan pengalaman aneh lainnya di kastil ini. Berbagai hantu seperti pria tua mengenakan celemek, anak drummer tanpa kepala, dan peniup seruling yang hilang di lorong bawah tanah juga sering dilaporkan.

16. Benteng Akershus, Oslo, Norwegia 

Benteng Akershus yang juga dikenal sebagai Istana Akershus, dibangun sekitar tahun 1300 dan berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk kota Oslo. Selama Perang Dunia II, benteng ini diduduki oleh pasukan Jepang yang kemudian melakukan eksekusi di situs tersebut. Benteng Akershus diyakini sebagai tempat paling berhantu di Norwegia dengan banyak penampakan hantu, termasuk anjing setan bernama Malcanisen yang menjaga gerbang benteng dan legenda wanita bernama Mantelgeisten.

17. Rumah Sakit Tua Changi, Changi, Singapura

Rumah Sakit Tua Changi adalah bekas rumah sakit di Changi, Singapura, yang dibangun pada tahun 1935 sebagai bagian dari basis militer Changi. Setelah Perang Dunia II, bangunan ini menjadi rumah sakit lagi hingga tahun 1997. Sekarang, rumah sakit tua ini dihantui oleh sejarahnya, dengan banyak penampakan hantu tentara Jepang, korban eksekusi, dan pasien yang meninggal di sini.

5 dari 5 halaman

18. Mercusuar St. Augustine, Florida, Amerika Serikat

Mercusuar St. Augustine adalah mercusuar aktif yang juga difungsikan sebagai museum di St. Augustine. Penampakan dua gadis yang diyakini sebagai putri dari Hezekiah Pittee, yang meninggal tragis saat pembangunan mercusuar, sering dilaporkan di sini. Selain itu, ada juga penampakan wanita dan suara-suara tak berbadan, bayangan, dan suara langkah kaki.

19. Hotel Queen Mary, Long Beach, California, Amerika Serikat 

Hotel Queen Mary adalah bekas kapal laut yang sekarang dioperasikan sebagai hotel di Long Beach, California. Dianggap sebagai salah satu hotel paling berhantu di Amerika, banyak laporan penampakan hantu di berbagai area hotel, termasuk kolam renang kelas satu, ruang salinan, dan kabin-kabin tertentu.

20. Mary King's Close, Edinburgh, Skotlandia 

Mary King’s Close adalah jaringan jalan dan rumah bawah tanah di Edinburgh, Skotlandia. Dahulu tempat ini merupakan pusat perdagangan yang ramai di mana para pedagang dan pengrajin tinggal dan bekerja. Namun, pada tahun 1645, tempat ini diyakini ditinggalkan setelah wabah pes yang melanda. 

Sejak abad ke-17, sudah banyak laporan kejadian paranormal di sini, menjadikannya salah satu tempat paling berhantu di Skotlandia. Terdapat penampakan hantu wanita, hantu anak perempuan bernama Annie, suara-suara aneh, dan pengalaman-pengalaman mencekam seperti terlihatnya anggota tubuh hantu dan mimpi buruk yang sangat hidup.

21. Gedung Putih, Washington D.C., Amerika Serikat 

Gedung Putih adalah tempat tinggal dan kantor yang paling terkenal di dunia, tempat resmi presiden Amerika Serikat sejak tahun 1800. Dengan sejarah yang sangat kaya dan figur-figur bersejarah yang telah menginjakkan kakinya di sini, ternyata Gedung Putih memiliki cerita-cerita mengenai penampakan hantu. 

Banyak mantan presiden, keluarga mereka, dan pejabat asing telah mengonfirmasi kejadian-kejadian paranormal di Gedung Putih. Salah satu cerita yang terkenal adalah tentang Abraham Lincoln yang sering muncul di berbagai ruangan, termasuk terlihat oleh Winston Churchill dan berbagai tokoh lainnya.

22. Rumah Sakit Jiwa Aradale, Australia 

Rumah Sakit Jiwa Aradale adalah rumah sakit jiwa di Ararat, Victoria, Australia yang dibangun pada tahun 1876. Rumah sakit ini menjadi tempat mengerikan dengan lebih dari 13.000 pasien yang diduga meninggal di sini. Metode-metode pengobatan yang mengerikan seperti terapi listrik dan lobotomi sering dilakukan di sini, menyebabkan banyak pasien yang tragis meninggal. Kejadian-kejadian horor seperti teriakan minta tolong dari sel-sel kosong dan penampakan hantu pasien-pasien lama sering terjadi di kompleks yang menyeramkan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.