Sukses

Bocah Ini Baca Iqra di Makam Eyang Buyut karena Belum Bisa Al-Qur'an, Banjir Pujian

Seorang bocah bikin warganet gemas kala videonya viral, ia tampak membaca Iqra di makam mbah buyutnya karena belum bisa baca Al-Qur’an.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum bulan Ramadhan, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di berbagai daerah untuk ziarah ke makam keluarga yang telah meninggal. Selain tabur bunga, mereka juga akan memanjatkan doa, hingga baca Al-Qur’an di samping kuburan keluarga yang meninggal.

Seperti yang dilakukan oleh bocah cilik yang terekam dalam sebuah video viral di laman TikTok. Diunggah oleh akun @ubed507, terlihat seorang bocah laki-laki begitu khusyuk ngaji buku Iqra di samping makam eyang buyutnya. Tidak sendiri, bocah itu datang bersama ayah dan ibunya.

"Ngaji jilid di makam mbah buyut," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan, dikutip Liputan6.com dari TikTok @ubed507, Rabu (13/3/2024).

Bocah cilik yang memakai peci bertuliskan upin ipin itu membaca Iqra dengan terbata-bata. Meski begitu, ia sangat khusyuk membaca huruf demi huruf. Karena belum bisa membaca Al-Qur’an, bocah itu memilih membawa Iqra untuk dibacanya di makam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi gemasnya banjir pujian

Dalam video berdurasi 1 menit itu, awalnya memperlihatkan nisan berwarna hijau dengan tulisan merah. Video yang direkam oleh sang ibu bocah tersebut memperlihatkan suasana ziarah kubur jelang bulan Ramadhan. Tampak pula ada peziarah lain yang sedang mendoakan keluarganya.

Alih-alih membaca buku Yassin atau Al-Qur’an, bocah dengan peci tulisan ‘Upin & Ipin’ itu justru terlihat khusyuk membaca Iqra di makam eyang buyutnya. Ia tampak mengenakan sarung hijau motif dan baju koko hitam. Seperti penampilan kebanyakan anak kecil setelah mandi, wajah bocah itu tampak bertabur bedak putih yang dipoles tidak rata.

Dikarenakan belum bisa membaca Al-Qur’an, bocah yang tampaknya masih berusia di bawah lima tahun itu memilih Iqra yang biasa dipakai untuk belajar mengaji. Sambil jongkok dan memegang buku Iqra, bocah itu mulai berkonsentrasi membaca.

Meski masih terbata-bata dalam membaca, bocah itu tidak menyerah untuk melanjutkan bacaannya. Warganet menilai bocah itu tampak begitu menggemaskan dan pintar. Suasana di makam pun jadi begitu manis dan penuh kehangatan.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Aksi bocah laki-laki yang membaca Iqra di makam keluarganya itu viral dan menuai beragam komentar netizen. Sebagian besar memuji tingkah gemasnya, karena tak biasa dilakukan oleh bocah seusianya. Ada pula yang terharu dan ikut mendoakan bocah tersebut agar jadi anak soleh dan sukses di masa depan.

"Belajar bismillah n alif ba' ta saja orang tua sesepuh kita di alam kubur mendapatkan berkah apa lagi ayat2 jilid," tulis akun @al56925.

"Adeekk, semoga jadi anak yang sholeh, pinter. nanti mbahnya didoakan terus yaaa," tulis akun @secretuser210.

"Setidaknya adeknya ngasi tau ke almarhum kalo dia udah bisa ngaji," tulis akun @deviiizd.

"Wkwkwk malah salfok ama pecinya yg upin ipin," tulis akun @daaniyanur.

"Pas nengok mukanya ciri khas bocil habis mandi sore dibedakin," tulis akun @xyz.zzh.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@ubed507

Solehnya ayah 🥹😍😍😍🫰🏻 #fyp

♬ suara asli - vinn - vinn

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.