Sukses

Belajar Sabar, Viral Aksi Anak Gunting Uang Bulanan Ini Bikin Elus Dada

Dikira mainan, anak gunting uang kertas asli.

Liputan6.com, Jakarta Kepolosan anak sering membuat orang tua gemas. Tingkahnya yang lucu karena ketidaktahuan anak menjadikan hari-hari sebuah keluarga berwarna. Namun tak jarang kepolosan anak berujung bikin apes orang tua. Seperti sebuah kejadian viral anak menggunting uang kertas milik ibunya. 

Kisah ibu ini dibagikan di jagat maya yang membuat haru dan sekaligus membuat prihati. Unggahan akun TikTok @mahisaka_ memperlihatkan anak dari Ibu yang tidak disebutkan namanya  itu harus merelakan uang bulanannya diubah menjadi potongan-potongan kecil oleh anak balitanya. Sang ibu jadi belajar sabar atas kejadian yang dialami. 

Awalnya, sang ibu mengira anaknya hanya bermain-main. Namun, ketika mendekat, terungkap bahwa sang anak sedang asyik menggunting, dan bukan kertas biasa yang menjadi sasaran, melainkan uang kertas milik ibunya. Bocah tersebut dengan semangat memotong uang kertas berbagai nominal, menjadikannya potongan-potongan kecil seperti puzzle

"Uang makan sebulan ini habis sampe ga bersisa, info kerja sampingan buat bertahan gaes," tulisnya dalam keterangan video.

Dilansir Liputan6.com dari akun Tiktok @mahisaka_, Sabtu (9/12/2023), aksi lucu sekaligus apes ini terjadi di sebuah keluarga di Solo, Jawa Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potongan Uang Rp 50-100 Ribu Bikin Ngenes

Video yang diunggah Jumat (8/12) itu seketika viral, tak heran kini sudah lebih dari 10.5 juta kali. Ibu dari anak tersebut mengira anaknya hanya bermain uang mainan seperti pada umumnya. Ia tak mempedulikan anaknya menggunting uang kertas.

Uang pecahan Rp50 ribu diubah menjadi tujuh potongan, menciptakan pemandangan yang sungguh menyedihkan. Begitu pula dengan uang pecahan Rp100 ribu, yang dibentuk sedemikian rupa seperti mi yang panjang dan tak mungkin bisa kembali seperti semula. 

Keseluruhan uang itu terdiri dari pecahan Rp1.000 hingga yang terbesar sampai Rp100.000. Akibat dari ulah kreatif anak Mahisa ini bikin syok, menghasilkan kumpulan potongan uang asli tersebut seketika jadi potongan uang yang tampak mirip uang mainan asli. 

3 dari 4 halaman

Si Ibu Punya Tugas Susun Puzzle Potongan Uang Asli

Terlihat dalam rekaman tersebut bahwa sang ibu tetap tenang sambil memberikan nasihat kepada anaknya.  Sementara itu, sang anak, meski tidak terlihat ketakutan, tetap menerima nasihat ibunya dengan penuh perhatian setelah melakukan tindakan menggunting uang kertas yang seharusnya digunakan untuk belanja sebulan. 

Lewat unggahan video lain, pemilik akun Tiktok @mahisaka_ itu kini punya tugas menyusun kembali uang-uang yang telah digunting itu menjadi satu. Pasalnya uang tersebut masih bisa diselamatkan meski sudah tercabik-cabik.

Melansir dari Bank Indonesia, (9/12) bahwa uang rusak atau cacat tetap dapat ditukarkan, asalkan tanda keaslian uang Rupiah tersebut masih dapat diketahui atau dikenali. Dengan demikian, meskipun mengalami berbagai kerusakan fisik, uang tersebut tetap dapat memiliki nilai tukar selama keasliannya dapat diidentifikasi.

Uang rusak atau cacat merujuk pada uang Rupiah yang mengalami perubahan ukuran atau fisik, termasuk tetapi tidak terbatas pada kerusakan karena terbakar, berlubang, hilang sebagian, robek, atau mengerut. 

4 dari 4 halaman

Netizen Ikut Miris

Aksi bocah gunting uang bulanan ibunya ini seketika mencuri perhatian netizen. Tak sedikit ibu-ibu yang maklum namun miris dengan fase toddler atau masa penting, sensitif, dan kritis  seorang anak di bawah lima tahun. 

“disuru main puzzle 🗿,” komentar akun  @pengguna_presett

“proyek toddler (masa kritis) 😭,” komentar akun@salmahayaty23

“pokonya yg punya tolder jangan ampe lengah ..kedip bentar aja proyek nya berjalan😭,” komentar akun @yogurtcimory171

“sumpah aku gak ngeh awalnya ngira buka celengan terus di makan rayap tapi koq rapi banget, ternyata proyek toddler 😭😭😭😭,” komentar akun @geminigril.00

“tukar di bank aja kk,masih di terima saya juga pernah, persis kek gitu di gunting sama anak ku,” komentar akun@ummaalya17

“itu bisa di tuker di bank caranya disatuin pake solasi kalau ada bagian yg hilang di kasih kertas putih kaya di tambal selama nomor seri bisa kebaca,” komentar akun@egapussp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.