Sukses

Habib Hasan bin Jafar Assegaf Meninggal Dunia, Sempat Imami Jemaah Tarawih

Kabar duka datang menyelimuti umat muslim di awal Ramadhan ini. Habib Hasan bin Jafar Assegaf meninggal dunia tadi pagi, Rabu (13/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka menyelimuti umat muslim. Habib Hasan bin Jafar Assegaf meninggal dunia tadi pagi di Rumah Sakit Cinere, Rabu (13/3/2024). Kabar tersebut juga disampaikan pihak keluarga melalui akun media sosial @habib_adcallah_bin_jafar.

"Berita duka cita. Telah wafat guru mulia kita Adda'iIllallah Al Mujahid Fi Sabilillah Akhinal Mahbub Al Habib Hasan Bin Jafar Assegaf pembina Majelis Taklim Nurul Mustofa Jakarta," tulis keterangan akun tersebut, Rabu (13/3).

Dalam video, salah satu kerabat almarhum menyampaikan, Habib Hasan Bin Jafar Assegaf wafat setelah menunaikan salat dhuha. Almarhum wafat sekitar pukul 09.01 WIB.

Mengutip Merdeka.com, jenazah akan disemayamkan di Masjid Nurul Mustafa Center, Jalan Jatimulya, Cilodong, Depok. Rencananya, almarhum juga akan dimakamkan di masjid tersebut pada Kamis (14/3).

"Insya Allah semua yang ingin takziah berada di Masjid Nurul Mustafa Center. Dan Insya Allah akan disalatkan dan disemayamkan di bawah kaki ibunda beliau esok hari bada Zuhur di Makam Hubabah Fatmah Alathas," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meninggalkan duka mendalam

Habib Hasan bin Jafar Assegaf wafat pada hari kedua Ramadhan 1445 H. Tentu kepergian almarhum meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan pengikutnya. 

"Saya keluarga besar keluarga Majelis Nurul Mustofa menginformasikan kepada semua pecinta Habib Hasan bin Jafar Assegaf bahwa guru kita tercinta tadi pagi bada salat duha telah berpulang. Semoga beliau diberikan tempat yang layak bersama Rasulullah," pungkas kerabat almarhum dalam video tersebut.

Habib Hasan merupakan Pimpinan Majelis Taklim Nurul Musthofa. Ia meninggal dunia di usia 47 tahun. Lahir di Bogor, 26 Februari 1977, Habib Hasan bin Ja'far Assegaf atau biasa dipanggil Hasan dibesarkan dalam lingkungan yang kental dengan nuansa islami dan relijius.

Kepandaiannya dalam ilmu agama mengantarkan lulusan IAIN Sunan Ampel Malang itu mampu membangun dan memimpin sebuah majelis taklim besar dengan ribuan jemaah di dalamnya, Nurul Mushtofa. Kegiatan majelis taklim tersebut biasa diisi dengan pengajian dan dzikir bersama.

3 dari 3 halaman

Sempat imami salat tarawih

@muhazmie27

Tarawih Malem Pertama Bersama Habib Hasan Bin Ja'far Assegaf #habibhasanbinjafarassegaf #nurulmusthofa #fypシ #viral #sholawat #qosidah

♬ suara asli - Muhammad Azmie - Muhammad Azmie

Sebelum meninggal dunia, Habib Hasan bin Jafar Assegaf sempat memimpin salat tarawih. Momen tersebut terekam dalam sebuah laman TikTok yang diunggah oleh @muhazmie27. Dalam keterangannya, momen itu merupakan tarawih malam pertama yang dipimpin oleh Habib Hasan.

Dalam video singkat berdurasi 12 detik, tampak kehadiran Habib Hasan ke tempat imam disambut oleh para jemaah. Momen yang terekam sebelum sang habib meninggal itu pun membuat kenangan bagi para pengikutnya.

Banyak warganet dalam kolom komentar mengungkapkan kesedihannya dan mendoakan almarhum Min Ahlil Jannah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.