Sukses

Sejarah Hari Perempuan Sedunia 8 Maret dan Ucapan Selamat yang Inspiratif

Sejarah Hari Perempuan Sedunia berakar pada gerakan perjuangan perempuan yang dimulai pada awal abad ke-20.

Liputan6.com, Jakarta Hari Perempuan Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, adalah momentum penting yang dirayakan di seluruh dunia untuk menghormati dan mengapresiasi peran perempuan dalam masyarakat. Pada hari ini, perempuan dari berbagai latar belakang, budaya, dan agama bersatu untuk mempromosikan kesetaraan gender, memperjuangkan hak-hak perempuan, dan mengingatkan bahwa mereka memiliki peran penting dalam semua aspek kehidupan.

Sejarah Hari Perempuan Sedunia berakar pada gerakan perjuangan perempuan yang dimulai pada awal abad ke-20. Pada tanggal 8 Maret 1908, sekelompok perempuan di New York turun ke jalan dalam protes menuntut peningkatan upah, hak pilih, dan kondisi kerja yang lebih baik.

Peristiwa ini menjadi cikal bakal peringatan Hari Perempuan Sedunia. Kemudian, pada tahun 1917, protes di Rusia oleh para pekerja perempuan berperan besar dalam menghasilkan perubahan sosial dan memberikan dorongan bagi perempuan di negara lain untuk melakukan protes serupa.

Hari Perempuan Sedunia adalah momen yang penting untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada para perempuan di sekitar kamu. Banyak ungkapan selamat yang dapat disampaikan kepada perempuan untuk memberikan inspirasi dan semangat dalam perjuangan mereka.

Dalam kesempatan ini, kata-kata seperti "Semoga kamu terus berjuang dengan keberanian dan kekuatan yang tanpa batas" atau "Kamuadalah inspirasi bagi banyak perempuan di dunia ini" dapat menjadi ucapan selamat yang inspiratif bagi para perempuan yang kamu hargai.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2024) tentang sejarah Hari Perempuan Sedunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Perempuan Sedunia

1. Berawal dari Aksi di New York (1908-1909)

Sejarah Hari Perempuan Internasional berawal pada 8 Maret 1908, di mana 15.000 perempuan melakukan aksi di New York City menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak suara.

Kemudian, pada 1909, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan 28 Februari sebagai Hari Perempuan Nasional pertama di Amerika. Sejarah Hari Perempuan Nasional ini terus dirayakan pada Minggu terakhir Februari hingga 1913.

 

2. Konferensi Wanita Buruh di Kopenhagen (1910-1911)

Pada 1910, Konferensi Wanita Buruh Internasional kedua diadakan di Kopenhagen. Clara Zetkin, pemimpin 'Women's Office' untuk Partai Sosial Demokrat di Jerman mengajukan gagasan tentang Hari Perempuan Internasional. Clara mengusulkan bahwa setiap tahun di setiap negara harus ada perayaan Hari Perempuan pada hari yang sama untuk mendesak tuntutan perempuan dalam hal kesetaraan. Konferensi yang dihadiri lebih dari 100 perempuan dari 17 negara, mewakili serikat pekerja, partai sosialis, klub perempuan pekerja ini menyambut baik usulan Clara dan menetapkan Hari Perempuan Internasional.

Pada 1911, menyusul keputusan yang disepakati di Kopenhagen, Denmark, Hari Perempuan Internasional dirayakan untuk pertama kalinya di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Pada perayaan ini, lebih dari satu juta perempuan dan laki-laki menghadiri aksi yang mengkampanyekan hak perempuan untuk bekerja, memilih, dilatih, untuk memegang jabatan publik, dan mengakhiri diskriminasi.

 

3. Hari Perempuan Internasional Pertama Kali Diperingati pada 8 Maret (1913-1914)

Menjelang Perang Dunia I, wanita Rusia untuk pertama kalinya merayakan Hari Perempuan Internasional. Mereka menandai hari itu dengan melakukan pemogokan untuk memprotes kekurangan makanan, kondisi hidup yang buruk, dan Perang Dunia I. Setelah diskusi, sejarah Hari Perempuan Internasional disepakati untuk diperingati setiap tahun pada 8 Maret.

Pada 1914, lebih banyak wanita di seluruh Eropa mengadakan aksi unjuk rasa untuk berkampanye melawan perang dan untuk mengekspresikan solidaritas wanita.

3 dari 4 halaman

4. 8 Maret Sebagai Hari Perempuan Internasional Ditetapkan oleh PBB (1975-1977)

Hari Perempuan Internasional dirayakan untuk pertama kalinya oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 8 Maret 1975. Kemudian pada bulan Desember 1977, Majelis Umum mengeluarkan resolusi yang menyatakan Hari PBB untuk Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional, yang akan diperingati setiap hari dalam setahun oleh Negara-negara Anggota sesuai dengan sejarah dan tradisi nasional mereka.

 

5. Peluncuran Situs internationalwomensday.com (2001)

Sejarah Hari Perempuan Internasional kemudian kembali digalakkan pada awal tahun 200-an. Pada 2001 situs internationalwomensday.com diluncurkan dengan tujuan khusus untuk lebih menghidupkan kembali Hari Perempuan Internasional. Situs ini merayakan dan memperlihatkan pencapaian wanita sambil melanjutkan seruan untuk mempercepat kesetaraan gender.

 

6. 100 tahun Hari Perempuan Internasional (2011)

Tahun 2011 merupakan peringatan 100 tahun Hari Perempuan Internasional dengan acara pertama yang diadakan tepat 100 tahun yang lalu pada tahun 1911 di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Sejarah Hari Perempuan Internasional sudah mencapai 100 tahun lebih sekarang ini, dan masih dirayakan dengan penuh semangat oleh para perempuan di seluruh dunia. Jaringan global dengan aktivitas lokal yang kaya dan beragam menghubungkan wanita dari seluruh dunia untuk memperjuangkan kesetaraannya. Hari Perempuan Internasional telah menjadi tanggal untuk merayakan seberapa jauh perempuan telah hadir dalam masyarakat, dalam politik dan ekonomi.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Perempuan Sedunia

Setelah mengenali sejarah Hari Perempuan Sedunia, kamu tentunya juga perlu mengetahui beberapa ucapan selamat Hari Perempuan Sedunia yang menarik. Berikut beberapa ucapan selamat Hari Perempuan Sedunia:

1. Selamat Hari Perempuan Sedunia! Terima kasih atas dedikasi dan semangatmu dalam mencapai kesetaraan dan perubahan positif.

2. Di Hari Perempuan ini, mari terus membangun kesetaraan dan menghormati perjuangan perempuan di dunia kita.

3. Selamat Hari Perempuan Sedunia untuk semua wanita tangguh di dunia yang telah mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.

4. Tanpa perempuan tangguh, dunia ini tak akan mampu maju. Terima kasih atas segala kontribusimu. Selamat Hari Perempuan Sedunia!

5. Hari ini, mari kita peringati peran penting perempuan dan menguatkan semangat perjuangan untuk kesetaraan.

6. Selamat Hari Perempuan Sedunia! Teruslah menancapkan tonggak sejarah dan berjuang untuk masa depan yang lebih baik.

7. Di Hari Perempuan ini, mari bersatu dan terus memajukan perempuan di semua bidang kehidupan.

8. Ku ucapkan selamat Hari Perempuan Sedunia untuk semua perempuan tangguh di dunia ini. Teruslah berani, berani mencapai cita-cita.

9. Selamat Hari Perempuan Internasional! Mari terus bersama-sama memperjuangkan hak-hak perempuan di dunia ini.

10. Selamat Hari Wanita Internasional! Semoga semangat dan kepedulianmu mengilhami generasi selanjutnya.

11. Hari Perempuan ini adalah momen untuk menghargai kehebatan, kecerdasan, dan kecantikan setiap perempuan.

12. Di Hari Perempuan ini, mari tingkatkan kesadaran akan perlunya kesetaraan gender di masyarakat.

13. Selamat Hari Perempuan Internasional! Bersama kita bisa mewujudkan dunia yang adil dan setara.

14. Mari kita merayakan kekuatan perempuan dalam mencapai mimpinya. Selamat Hari Perempuan Sedunia!

15. Selamat Hari Perempuan Internasional untuk semua ibu dan wanita di dunia ini. Terima kasih atas kasih sayang dan dedikasimu.

16. Di Hari Perempuan ini, mari kita menginspirasi dan mendorong satu sama lain untuk terus berkembang.

17. Selamat Hari Perempuan Sedunia! Terima kasih atas keberanianmu dalam menghadapi tantangan hidup.

18. Ucapan selamat Hari Wanita kepada semua sosok inspiratif di sekitar kita. Teruslah mengejar impianmu!

19. Hari ini, mari kita peringati dan merayakan hak-hak perempuan yang telah dituntut dan diraih.

20. Selamat Hari Wanita Internasional! Mari kita berjuang bersama dalam membangun dunia yang lebih baik.

21. Selamat Hari Perempuan Sedunia! Tak ada batasan bagi impian-impianmu.

22. Di Hari Perempuan ini, mari kita terus menjaga semangat juang untuk kesetaraan yang sejati.

23. Selamat Hari Perempuan Internasional untuk semua perempuan hebat di dunia ini. Terima kasih atas perjuanganmu.

24. Hari ini adalah momen untuk menghargai peran dan keberhasilan perempuan dalam menciptakan perubahan.

25. Selamat Hari Perempuan Sedunia! Semoga setiap langkahmu membawa dunia ini menuju keadilan dan kesetaraan.

Semoga dengan ucapan-ucapan selamat ini, kamu dapat meningkatkan semangat dan kesadaran tentang pentingnya perempuan dalam mencapai kesetaraan dan perubahan positif di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.