Sukses

6 Fakta Akira Toriyama Kreator Dragon Ball Meninggal Dunia di Usia 68 Tahun

Mangaka Akira Toriyama meninggal dunia karena sakit.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri hiburan Jepang. Akira Toriyama komikus legendaris asal Jepang ini dikabarkan meninggal dunia di usia 68 tahun pada 1 Maret 2023. Kabar tersebut disampaikan lewat situs dan akun media sosial Dragon Ball.

"Dengan dukacita mendalam kami ingin mengormasikan bahwa kreator manga Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret karena subdural hematoma akut. Ia berusia 68 tahun," begitu pengumuman berbahasa Inggris yang disampaikan Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo, Jumat (8/3/2024).

Karyanya mendunia, tentunya banyak penggemar yang terkejut dan merasa kehilangan mangaka Dragon Ball ini. Mengingat, saat ini dirinya diketahui sedang terlibat dalam berbagai proyek berjalan.

Toriyama tidak hanya dikenal sebagai seorang komikus legendaris tetapi juga menjadi sosok berpengaruh dalam dunia komik. Pasalnya ia dianggap sebagai sosok yang mengubah sejarah manga karena karyanya yang berpengaruh kepada artis-artis manga lainnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta Akira Toriyama kreator Dragon Ball yang meninggal dunia di usia 68 tahun, Jumat (8/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meninggal karena Sakit di Usia 68 Tahun

Akira Toriyama lahir pada 5 April 1955 di Nagoya, Aichi, Jepang. Baru genap 68 tahun pada 5 April 2024 lalu, pada 1 Maret 2024 Akira Toriyama dikabarkan meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

Selain di situs resmi Dragon Ball – salah satu karya Akira Toriyama, kabar duka ini diumumkan penerbit Shueisha. Sang Kreator Dr Slump diketahui berpulang pada 1 Maret 2024 karena subdural hematoma akut. Dilansir dari situs Alodokter, ini adalah kondisi di mana terjadi penumpukan di selaput pelindung otak.

3 dari 7 halaman

2. Pemakaman Digelar Tertutup

Lewat situs dan akun media sosial Dragon Ball juga disampaikan bahwa pemakaman kreator ternama ini digelar secara tertutup. Akira Toriyama telah dimakamkan oleh pihak keluarga dan sejumlah kerabat dekatnya.

Pihak studio juga menjelaskan bahwa belum diputuskan rencana mengenai acara khusus untuk mengenang mendiang. Namun bila sudah ada kepastian, hal ini langsung disampaikan kepada publik.

“Kami berterima kasih secara mendalam atas pengertian dan dukungannya,” begitu isi pernyataan tersebut.

4 dari 7 halaman

3. Meminta Wartawan Tak Wawancara Keluarga

Akhir pernyataannya, pihak Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo meminta wartawan untuk tidak mewawancarai keluarga mendiang Akira Toriyama karena masih dalam suasana berduka.

“Kami juga meminta Anda untuk tidak melakukan wawancara dengan keluarganya,” tulis pihak Bird Studio.

5 dari 7 halaman

4. Tak Terima Bunga dan Bingkisan

Akira Toriyama sudah dimakamkan oleh keluarga dan kerabat, keluarga ungkap satu permintaan khusus kepada penggemar yakni penggemar tak perlu mengirim bunga atau bingkisan tanda belasungkawa.

“Sesuai keinginan (Akira Toriyama) mengenai ketenangan, dengan hormat kami menginformasikan kepada Anda semua bahwa kami tak menerima bunga, bingkisan belasungkawa, kunjungan, pemberian, dan hal lainnya,” tulis pihak studio.

6 dari 7 halaman

5. Sosok Pemalu

Melansir dari beberapa sumber, dalam kehidupan pribadinya Akira Toriyama dikenal sebagai seorang pemalu dan tidak menyukai wawancara. Ia telah menikah dengan komikus manga shoujo Nachi Mikami pada 1982. Melalui pernikahannya tersebut Toriyama telah memiliki dua orang anak yaitu satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

7 dari 7 halaman

6. Masih Terlibat dalam Sejumlah Proyek

Disampaikan lewat situs yang menyampaikan kabar berpulangnya sang mangaka, Akira Toriyama diketahui masih terlibat dalam sejumlah proyek yang masih berjalan, dengan antusiasme besar.

“Meskipun begitu, ia telah meninggalkan sejumlah judul manga dan karya seninya yang lain di dunia ini. Berkat dukungan dari banyak orang di seluruh dunia, ia bisa melanjutkan kerja kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap dunia unik yang diciptakan Akira Toriyama bisa terus dicintai orang pada masa mendatang,” isi dari pernyataan dalam situs tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.