Sukses

Pria Ini Kaget Temukan Getah Karet yang Dibelinya Berisi Galon Air, Bikin Elus Dada

Seorang pria terkejut setelah menemukan getah karet yang dibelinya berisi galon air. Ia merasa rugi dan menyayangkan perbuatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Dampak mahalnya beberapa bahan makanan pokok membuat sejumlah 'oknum' tidak bertanggung jawab memilih untuk berbuat curang. Salah satunya yang ditampilkan oleh sebuah video TikTok, diunggah oleh akun @didi_alfian. 

Dalam video yang diunggah pada Selasa (5/3/2024) ini langsung menjadi perhatian netizen, hingga sudah ditonton sebanyak 3 juta kali. Dalam video singkat tersebut, terlihat beberapa orang pria yang tidak diperlihatkan wajahnya tengah membuka getah karet yang sudah dalam bentuk bantalan.

Tidak terduga, saat dibuka ternyata bantalan getah karet itu berisi galon. Pemilik akun yang diduga membeli karet itu pun merasa tertipu dan menyayangkan perbuatan tersebut. Jika caranya tidak bertanggung jawab seperti itu, ia pun merasa dirugikan oleh oknum petani karet tersebut.

"Salah apa aku sama kalian.. kalau butuh uang ya bilang, gk kegini caranya.. rugi kami," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @didi_alfian, Kamis (07/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Getah karet diisi galon

Menurut keterangan, insiden tersebut terjadi di kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Kejadian yang bikin pemilik akun elus dada itu memang tidak terduga. Ia membeli getah karet yang sudah berbentuk bantalan. Karena di dalamnya ada galon yang berisi air penuh, getah karet itu pun bertambah berat saat ditimbang.

Tentu saja beratnya tidak sesuai dengan getah karet aslinya. Melihat kejadian tersebut, salah satu warganet dalam kolom komentar memberikan pemikirannya kalau seharusnya tukang timbang perlu curiga dengan hasil timbangannya yang tidak seperti biasanya.

"Harusnya tukang timbang curiga waktu nimbang. gak sesuai karet sebantal yg biasanya 50-60kg jadi 70-80kg," tulis salah satu warganet di kolom komentar.

Menjawab pertanyaan itu, pemilik akun mengatakan jika awalnya mereka memang sudah curiga akan beratnya. Maka dari itu, getah karet itu dibelah dan ternyata dugaan mereka benar. Pemilik akun pun langsung mencari pelakunya dan dikatakan bahwa mereka sudah menemukan siapa pemilik karet tersebut.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video viral yang menampilkan getah karet berisi galon air itu pun kini sudah ditonton lebih dari 3 juta kali. Warganet juga merespons insiden tersebut dengan beragam komentar. Beberapa juga ada yang menceritakan pengalamannya saat menjadi petani karet.

"Saya udah ngerasain jd petani karet,, betapa capek dan ketika kebutuhan semuanya hrga TDK seimbang dgn mata pencarian,kangen di masa pk sby hrga karet nyampai 20rban keatas," tulis warganet.

"Maaf bang coba aja naikin harganya bang orang-orang pasti gak bakalan kayak gitu lagi bang. soalnya kasihan juga bang harga karet turun truss," ungkap warganet.

"Intinya petani karet susah, harga di bawah harga beras, hujan terus, daun rontok," tulis warganet.

"Aku sudah lama jadi petani karet tapi gak prnah isi karet yg aneh-aneh. Kalau kita jujur kita pun sama2 untung," tulis warganet seorang petani karet.

"Untuk pelajaran kedepannya potong lah karetnya sbelum di timbang maaf hanya kasih pengalaman. Jadi untuk kedpnnya tak ada anda di rugikan," tulis warganet memberi saran.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@didi_alfian

salah apa aku sama kalian.. kalau butuh uang ya bilang, gk kegini caranya.. rugi kami #petanikaret #oknum#rugidong

♬ Musik Sedih - Nopa Sobarna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.