Sukses

Cara Membuat Kaos Kata-Kata Sindiran yang Keren dan Lucu

Pembuatan kaos kata-kata sindiran bisa dilakukan melalui proses pemesanan dan dibuat sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Kaos dengan kata-kata sindiran seringkali menjadi ekspresi lucu atau tajam dari pendapat seseorang tentang kehidupan sehari-hari. Kata-kata ini dapat menghibur, merangsang pemikiran, atau menyampaikan pesan dengan cara yang unik. Bagaimana cara membuatnya?

Pembuatan kaos kata-kata sindiran bisa dilakukan melalui proses pemesanan di layanan sablon dan membuatnya sendiri. Jika memilih yang praktis, pembuatan kaos di layanan sablon untuk satuan, umumnya dibadrol dengan harga Rp30 ribu - Rp100 ribu.

Meski dibuat dengan layanan pesan, untuk kata-kata sindiran umumnya bisa didesain sendiri sesuai keinginan. Bisa dibuat lebih keren, unik, lucu, atau bahkan simple.

Desain kaos kata-kata sindiran seperti ini sering dipilih untuk mengekspresikan sikap atau pandangan seseorang tentang suatu hal secara humoris atau tajam. Membuat kaos kata-kata sindiran bisa menjadi cara menyampaikan pesan secara tidak langsung namun jelas kepada orang lain yang melihat kaos tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang cara membuat kaos kata-kata sindiran dan rekomendasi kata-katanya, Rabu (6/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertama, Pesan Kaos Sablon

Membuat kaos dengan kata-kata sindiran melalui layanan sablon melibatkan beberapa tahapan yang penting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pesan kaos sablon kata-kata sindiran rata-rata dibandrol dengan harga Rp30 ribu - Rp100ribu.

1. Tentukan Pesan Sindiran

Pertama, tentukan dengan jelas tema atau pesan sindiran yang ingin disampaikan. Sindiran bisa bersifat humoris, satir, atau mengandung pesan kritis, namun pastikan pesan yang disampaikan tetap etis dan tidak merugikan pihak lain.

2. Rancang Desain Kaos Kata-Kata Sindiran

Setelah menentukan tema, langkah berikutnya adalah merancang desain kata-kata sindiran yang kuat dan jelas. Desain ini harus bisa mudah dipahami dan menarik perhatian. Pemilihan font, ukuran teks, warna, dan layout desain sangat penting untuk memastikan kata-kata sindiran terlihat menarik ketika diaplikasikan pada kaos.

3. Pilih Bahan, Ukuran, dan Warna

Saat memilih kaos yang akan digunakan, pertimbangkan jenis bahan, ukuran, dan warna yang akan mendukung desain kata-kata sindiranmu. Pastikan kaos yang dipilih nyaman digunakan dan cocok dengan desain yang ingin kamu sablon.

4. Cari Penyedia Layanan Sablon

Selanjutnya, carilah penyedia layanan sablon yang menerima pesanan dengan desain khusus. Ada baiknya mencari referensi atau ulasan mengenai kualitas layanan dari penyedia sablon yang akan dipilih. Diskusikan secara rinci mengenai desain, warna kaos, biaya, jumlah pesanan, dan detail teknis lainnya sebelum memutuskan untuk membuat pesanan.

5. Konfirmasi Desain dan Pembayaran

Setelah kesepakatan tercapai, biasanya akan dilakukan konfirmasi desain serta pembayaran. Pastikan untuk memahami dan menyetujui biaya yang dikenakan, termasuk biaya tambahan seperti desain khusus atau warna tambahan. Proses sablon akan dimulai setelah pembayaran terverifikasi.

6. Selesai Ambil Pesanan

Selanjutnya, tentukan apakah akan menjemput pesanan kaos langsung di tempat sablon atau memilih opsi pengiriman. Pastikan untuk memeriksa kembali pesananmu saat pengambilan atau setelah pengiriman untuk memastikan pesanan sesuai dengan yang diinginkan.

Langkah-langkah ini penting untuk memastikan kaos kata-kata sindiran yang dihasilkan memiliki kualitas sesuai harapan dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Pastikan juga bahwa pesan yang disampaikan dalam kata-kata sindiran tersebut tidak melanggar nilai-nilai etika atau menyakiti perasaan pihak lain. 

3 dari 4 halaman

Kedua, Sablon Sendiri

1. Pilih Desain dan Kata-Kata

Tentukan kata-kata atau frasa sindiran yang ingin dicetak pada kaos. Pastikan kata-kata tersebut sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan tidak mengandung hal yang ofensif atau merugikan orang lain.

2. Persiapkan Bahan dan Peralatan

Siapkan kaos yang akan dijadikan media sablon, sablon (bisa berupa cetakan stensil, screen printing, atau sablon manual), tinta sablon yang sesuai dengan bahan kaos, pisau cutter (jika menggunakan stensil), dan kain penutup atau kertas untuk melindungi area yang tidak akan di-sablon.

3. Buat Desain atau Stensil

Jika menggunakan stensil, buatlah desain kaos kata-kata sindiran yang diinginkan pada kertas atau plastik yang cukup kokoh untuk digunakan sebagai stensil. Gunakan pisau cutter untuk memotong kata-kata sindiran tersebut sehingga membentuk stensil.

4. Persiapan Kaos

Letakkan kaos di permukaan datar. Pastikan kain penutup atau kertas diletakkan di dalam kaos untuk mencegah tinta menembus ke bagian belakang kaos.

5. Proses Sablon

Tempatkan stensil pada area kaos yang ingin kamu sablon. Pastikan stensil ditempatkan dengan rapi dan tepat pada tempat yang diinginkan. Gunakan spatula atau alat sablon lainnya untuk menempelkan stensil ke kaos. Kemudian, aplikasikan tinta sablon pada stensil dengan lembut menggunakan spatula hingga menutupi area stensil dengan merata.

6. Pengeringan

Setelah menutupi area yang diinginkan dengan tinta sablon, biarkan kaos mengering secara alami atau sesuai petunjuk tinta sablon yang digunakan.

7. Setrika (Opsional)

Untuk memastikan tinta menempel dengan baik, kamu bisa menyetrika bagian belakang kaos (setelah tinta kering sepenuhnya) dengan suhu yang disarankan oleh tinta sablon yang digunakan.

8. Finishing

Setelah tinta kering dan menempel dengan baik, cek apakah ada retakan atau bagian yang tidak sempurna. Jika perlu, sentuh bagian yang kurang rapi dengan tangan atau aplikasikan tinta tambahan untuk memperbaiki hasil akhirnya.

 

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Kata-Kata Sindiran

  1. "Genius comes in all forms, unfortunately, ignorance does too." Artinya: Kecerdasan ada dalam berbagai bentuk, sayangnya, ketidaktahuan juga ada.
  2. "I'm not arguing, I'm just explaining why I'm right." Artinya: Saya tidak sedang berdebat, saya hanya menjelaskan mengapa saya benar.
  3. "Some people need a high-five, in the face, with a chair." Artinya: Beberapa orang membutuhkan tepukan tangan yang keras, di wajah, dengan kursi.
  4. "I'm not lazy, I'm energy efficient." Artinya: Saya bukan malas, saya hanya efisien dalam penggunaan energi.
  5. "If stupidity was a superpower, some people would be superheroes." Artinya: Jika kebodohan adalah kekuatan super, beberapa orang akan menjadi superhero.
  6. "I don't need an attitude adjustment, you just need to stop being stupid." Artinya: Saya tidak perlu penyesuaian sikap, Anda hanya perlu berhenti menjadi bodoh.
  7. "I'm not rude, I'm just brutally honest." Artinya: Saya tidak kasar, saya hanya jujur secara brutal.
  8. "Sarcasm: just one more service I offer." Artinya: Sarkasme: hanya satu lagi layanan yang saya tawarkan.
  9. "I'm silently correcting your grammar." Artinya: Saya diam-diam memperbaiki tata bahasa Anda.
  10. "Brains aren't everything, in your case, they're nothing." Artinya: Otak bukan segalanya, dalam kasus Anda, mereka tidak ada apa-apanya.
  11. "I'm allergic to stupidity; I break out in sarcasm." Artinya: Saya alergi pada kebodohan; saya menjadi sangat sarkastik.
  12. "Please don't interrupt me while I'm ignoring you." Artinya: Tolong jangan mengganggu saya saat saya sedang mengabaikan Anda.
  13. "I speak fluent sarcasm." Artinya: Saya fasih berbicara dalam bahasa sarkasme.
  14. "I see dumb people." Artinya: Saya melihat orang-orang bodoh.
  15. "I'm not anti-social; I'm selectively social." Artinya: Saya bukan anti-sosial; saya selektif dalam bersosialisasi.
  16. "I'm on a seafood diet. I see food, and I eat it." Artinya: Saya sedang dalam diet makanan laut. Saya melihat makanan, dan saya memakannya.
  17. "Sorry, I can't think while you're talking." Artinya: Maaf, saya tidak bisa berpikir saat Anda berbicara.
  18. "I'm not weird, I'm limited edition." Artinya: Saya bukan aneh, saya edisi terbatas.
  19. "I'm not bossy; I just have better ideas." Artinya: Saya bukan pribadi yang suka memerintah; saya hanya memiliki ide-ide yang lebih baik.
  20. "I'm not anti-you. I'm anti-stupid." Artinya: Saya bukan anti-anda. Saya anti-bodoh.
  21. "If only closed minds came with closed mouths." Artinya: Jika hanya pikiran tertutup disertai dengan mulut yang tertutup.
  22. "I'm not short-tempered. I just have a quick reaction to BS." Artinya: Saya bukan orang yang pemarah. Saya hanya bereaksi cepat terhadap hal yang tidak masuk akal.
  23. "Mirrors can't talk. Lucky for you, they can't laugh either." Artinya: Cermin tidak bisa bicara. Beruntung bagi Anda, mereka juga tidak bisa tertawa.
  24. "I don't sugarcoat. I'm not Willy Wonka." Artinya: Saya tidak menutup-nutupi. Saya bukan Willy Wonka.
  25. "I'm not mean, I'm brutally honest. It's not my fault truth hurts." Artinya: Saya bukan orang jahat, saya hanya jujur secara brutal. Bukan salah saya jika kebenaran menyakitkan.
  26. "I'm silently judging you." Artinya: Saya diam-diam menghakimi Anda.
  27. "I'd agree with you, but then we'd both be wrong." Artinya: Saya setuju dengan Anda, tapi pada akhirnya kita akan salah sama.
  28. "If ignorance is bliss, you must be the happiest person alive." Artinya: Jika ketidaktahuan adalah kebahagiaan, Anda pasti orang paling bahagia di dunia.
  29. "I'm not perfect, but I'm not you." Artinya: Saya tidak sempurna, tapi saya bukan Anda.
  30. "I'm not a control freak, but can I show you the right way to do that?" Artinya: Saya bukan orang yang terlalu suka mengontrol, tapi bisa saya tunjukkan cara yang benar untuk melakukannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.