Sukses

Nama Organ Gerak Ikan dan Fungsinya, Ini Penjelasan Lengkapnya

Nama organ gerak ikan dan fungsinya adalah sirip serta ekor.

Liputan6.com, Jakarta Nama organ gerak ikan dan fungsinya sering ditemui dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah. Struktur tubuh hewan ikan yang hidup di air sangatlah berbeda dengan hewan lainnya yang hidup di darat.

Ikan termasuk sebagai makhluk hidup yang dapat bergerak seperti manusia. Setiap hewan memiliki organ gerak yang berbeda-beda satu sama lain, termasuk ikan. Organ gerak yang terdapat pada ikan ini dipengaruhi oleh jenis dan lingkungan sebagai tempat tinggalnya.

Untuk menjawab pertanyaan nama organ gerak ikan dan fungsinya adalah sirip serta ekor. Dengan mengetahui nama organ gerak ikan dan fungsinya ini, maka anda akan lebih mengenal anatomi hewan ikan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai nama organ gerak ikan dan fungsinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (16/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Organ Gerak

Secara umum, gerak adalah berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Ada dua macam alat gerak yang dimiliki hewan dan manusia, yaitu alat gerak aktif dan alat gerak pasif. Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat gerak aktif berupa otot sedangkan alat gerak pasif berupa tulang. Otot dikatakan sebagai alat gerak aktif karena otot dapat berkontraksi sehingga menimbulkan gerakan pada rangka. Sedangkan tulang dikatakan alat gerak pasif karena tulang dapat bergerak dengan bantuan otot, jika tidak ada otot, tulang tidak dapat bergerak.

Maka dari itu otot dan tulang bekerja sama ketika hewan dan manusia melakukan gerakan pada tubuhnya. Kedua alat gerak ini (aktif dan pasif) akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan. Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

3 dari 4 halaman

Nama Organ Gerak Ikan dan Fungsinya

Seperti yang telah dibahas pada paragraf sebelumnya, nama organ gerak ikan dan fungsinya adalah sirip serta ekor. Secara umum, nama organ gerak ikan dan fungsinya adalah sirip serta ekor yang berguna untuk membantu ikan berenang, sirip membuat ikan bisa bergerak maju, mundur, memutar hingga mempertahankan posisi diam. Selain itu, ikan juga memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air.

Ikan memiliki lima macam sirip, yaitu sirip punggung, sirip ekor, sirip anal, sirip perut, dan sirip pektoral. Berikut penjelasannya:

1. Sirip Punggung

Sirip punggung terletak di punggung ikan. Sirip ini bekerja sama dengan sirip anal untuk menjaga posisi ikan tetap tegak dan tidak terbalik atau terguling ketika berganti arah atau terkena arus.

2. Sirip Ekor

Sirip ekor terletak di bagian belakang atau disebut juga dengan ekor. Sirip ekor berfungsi untuk menggerakkan ikan berbelok ke kanan dan kiri, serta mendorong ikan untuk maju.

3. Sirip Anal

Sirip anal terletak di belakang dubur, tepatnya di antara dubur dan ekor. Sesuai yang telah disebutkan sebelumnya, sirip anal bekerja bersama sirip dorsal untuk menjaga tubuh ikan tetap tegak dan tidak terbalik.

4. Sirip Perut

Sirip perut terletak di sekitar perut. Sirip ini berfungsi untuk menyeimbangkan posisi ikan serta mengatur ketinggian ikan di dalam air. Sirip perut akan aktif untuk bergerak maju dan ke air yang lebih dalam.

5. Sirip Pektoral

Sirip pektoral adalah sirip yang terletak di belakang insang. Sirip pektoral jumlahnya ada sepasang, sama seperti sirip ventral. Sirip ini bisa melakukan semua fungsi sirip, seperti untuk berbelok, bergerak maju, mengerem, dan mengatur kedalaman. Bentuk sirip pektoral juga memengaruhi fungsinya.

4 dari 4 halaman

Morfologi Sirip dan Ekor Ikan

Morfologi ikan adalah bentuk luar ikan yang merupakan ciri-ciri yang mudah dilihat dalam mempelajari jenis-jenis ikan. Berikut penjelasannya,

1. Cauda atau ekor

Cauda atau ekor memiliki morfologi mulai dari permulaan sirip dubur sampai dengan ujung sirip ekor bagian paling belakang. Bagian ekor terdapat anus, sirip dubur, sirip ekor, dan terdapat juga scute dan finlet.

2. Sirip

Secara umum, morfologi sirip adalah alat yang berfungsi sebagai alat gerak dan menjaga keseimbangan tubuh ikan. Selain menjadi alat gerak, sirip ikan juga memiliki fungsi tambahan seperti peraba, penyalur sperma, dan lain sebagainya. Berikut ini bentuk sirip yang simetris adalah:

  1. Bentuk sirip membulat, yakni pinggiran sirip membentuk garis lengkung dari bagian dorsal hingga ventral.
  2. Bentuk bersegi atau tegak, yaitu pinggiran sirip ekor membentuk garis tegak dari bagian dorsal hingga ventral.
  3. Bentuk sedikit cekung atau berlekuk tunggal, merupakan sirip apabila ada lekukan dangkal antara lembar dorsal dengan lembar ventral.
  4. Bentuk bulat sabit yaitu sirip bagian ujung dorsal dan ujung ventral sirip ekor melengkung keluar, runcing, sedangkan bagian tengahnya melengkung ke dalam yang membuat lekukan ke dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.