Sukses

Momen Apes Sejoli Didatangi 200-an Kelelawar di Kamar Hotel, Gagal Staycation

Kisah viral sejoli diserbu kelelawar saat staycation.

Liputan6.com, Jakarta Selain tempat singgah, hotel menjadi sarana liburan melepas penat. Generasi modern menyebutnya staycation. Ada kisah menarik dari sepasang suami istri yang punya pengalaman apes saat melepas penat di hotel. Siapa sangka, hal ini juga dialami para tamu di hotel Art Nouveau Sloven Hotel di Plzen, Republik Ceko,

Beberapa wisatawan yang menginap di Art Nouveau Sloven Hotel baru-baru ini mengalami kejutan yang sangat tidak biasa. Pada suatu pagi, mereka terbangun dengan menemukan lebih dari 250 kelelawar berada dalam kamar hotel mereka.

Salah satu tamu, sepasang suami istri sengaja membiarkan jendela kamar mereka terbuka karena cuaca panas. Namun, mereka tidak menyadari bahwa keputusan itu akan mengundang ribuan mamalia terbang ini ke dalam kamar mereka.

Petugas penyelamat hewan dan resepsionis hotel segera beraksi. Mereka terlihat dalam foto mencoba menangkap dan melepaskan 256 kelelawar yang telah menetap di dalam kamar tamu.

Selengkapnya Liputan6.com merangkum kisah apes tamu hotel didatangi kawanan kelelawar melansir dari India Times, Jumat (6/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Ada Pamflet Risiko Serangan Kelelawar di Hotel

Sebelum insiden ini terjadi, tamu hotel telah diberi selebaran dalam tiga bahasa internasional yang memperingatkan tentang risiko serangan kelelawar jika jendela dibiarkan terbuka. Sayangnya, peringatan ini tidak diindahkan.

"Tetapi seperti yang Anda lihat, sayangnya, hal itu sia-sia. Meski pamfletnya ada di setiap ruangan, bahkan pelayannya pun tidak mau repot-repot menutup pintu dan jendela, sehingga puluhan mamalia terbang itu bisa masuk dengan mudah, kata seorang resepsionis hotel.

Cuaca hangat adalah faktor pendorong bagi kelelawar ini untuk masuk ke dalam bangunan. 

Seorang ahli hewan menjelaskan, "Selama cuaca hangat masih berlangsung, Anda pasti akan kedatangan kelelawar yang tidak diundang. Saat cuaca semakin dingin, kelelawar akan berpindah ke lokasi lain."

3 dari 3 halaman

Konflik Masyarakat Ceko dan Kelelawar

Republik Ceko telah lama menghadapi "invasi kelelawar" selama bulan Agustus dan September karena Plzen terletak di jalur migrasi kelelawar. Tahun lalu, stasiun penyelamatan hewan menemukan 1.306 kelelawar di apartemen dan hotel selama periode yang sama.

Untuk mencegah invasi serupa, pihak berwenang Ceko menyarankan agar penduduk menutup jendela pada malam hari karena kelelawar dapat masuk bahkan melalui jendela yang terbuka.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Karlovy Vary, di mana 400 kelelawar masuk ke dalam sebuah ruangan melalui ventilasi terbuka tahun lalu. Sayangnya, hampir setengah dari kelelawar tidak selamat.

Penyelamat hewan Vilém Babič, yang awalnya bertujuan menyelamatkan 100 kelelawar, akhirnya menyelamatkan empat kali lipat jumlah tersebut. Kelelawar Soprano, salah satu spesies kelelawar terkecil di Republik Ceko, memakan serangga terbang dan sering tinggal di taman kota, rumah panel tidak berinsulasi, dan celah-celah alam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.