Sukses

Potret Suasana Kereta Api Ramai Pedagang Asongan, Bikin Penumpang Nostalgia

Suasana kereta api yang ramai pedagang asongan ini sukses bikin penumpang bernostalgia.

Liputan6.com, Jakarta Ada pemandangan berbeda di dalam gerbong kereta api. Bukan momen lawas, melainkan video baru yang ditujukan untuk membuat penumpang bernostalgia. Dalam sebuah video yang diunggah oleh laman TikTok @ofrie1asli, memperlihatkan suasana dalam gerbong kereta yang ramai pedagang asongan.

Jadi, selama dalam perjalanan, ada berbagai pedagang asongan yang menjajakan makanan dan minuman. Mereka menjajakannya secara langsung kepada penumpang dengan cara berkeliling dari gerbong depan ke belakang, dan sebaliknya. Pemandangan tersebut mirip seperti keadaan kereta api tempo dulu. 

Beberapa tahun lalu, penumpang kereta masih terbiasa menjumpai pedagang asongan di stasiun maupun di dalam kereta. Seiring dengan peraturan baru dari Kereta Api Indonesia, pedagang asongan sudah dilarang berjulan di stasiun maupun gerbong kereta. Hal itu juga demi menciptakan kenyamanan bagi penumpang.

"Ada satu hal yang masih teringat saat naik kereta pas zaman dahulu, yakni asongan yg hilir mudik di atas kereta menawarkan berbagai dagangan. Mulai dari cangcimen hingga makanan daerah," tulis pemilik akun dalam keterangan video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @ofrie1asli pada Kamis (5/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciptakan suasana kereta api zaman dulu

Rupanya, potret suasana kereta api yang ramai pedagang asongan itu merupakan sebuah program yang diadakan untuk memeriahkan HUT KAI ke-78. Kereta bernama KLB (Kereta Luar Biasa) Nostalgic Culinary itu memang dikhususkan untuk membuat masyarakat bisa bernostalgia dengan suasana kereta api zaman dulu.

Seperti diketahui, kereta zaman dulu dipenuhi oleh pedagang asongan. Namun, kali ini bukan pedagang asongan betulan. Yang dihadirkan merupakan pramugara dan pramugari kereta. Untuk menciptakan suasana seperti sungguhan, mereka pun berpakaian layaknya pedagang asongan pada umumnya.

Mereka memakai kaus oblong, celana panjang, serta topi yang dipakai terbalik. Meski begitu, mereka tetap mengutamakan kebersihan dan melayani dengan penuh kesopanan. Jenis yang dijajakan pun beragam, mulai dari minuman dingin, cangcimen, oleh-oleh khas daerah, hingga loper koran.

Ada pula makanan yang dikemas secara unik mengikuti perkeretaapian zaman sekarang. Seperti dibungkus dengan daun jati bak zaman dulu. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp7.800 untuk setiap bungkusnya.

3 dari 4 halaman

Netizen ikut bernostalgia

Program khusus tersebut memakai rangkaian gerbong ekonomi agar vibes zaman dulunya semakin terasa. Kereta tersebut beroperasi dua kali dengan rute Gambir-Yogyakarta di tanggal 29 September, dan Yogyakarta-Gambir pada 30 September 2023.

Video yang memperlihatkan potret suasana gerbong kereta tempo dulu itu pun menuai beragam reaksi warganet. Banyak yang ikut merasa bernostalgia dengan pemandangan dalam video tersebut. Ada juga yang rindu dengan sensasi kereta api yang ramai dengan pedagang asongan.

"Masih kurang tukang ngamen sama tukang sapu," tulis akun @anik.sarwani.

"Kangen bgt masa ini dari jogja ke jawa barat bisa duduk lesehan sambil jajan cangcimen," tulis akun @salcaaa07.

"Tukang TTS, bukunya dibagi2 dulu ditaruh dipangkuan satu2.. abis itu balik lagi buat diambil," tulis akun @ichaajulian44.

"Jadi nostalgia dulu," tulis akun @tofffu_.

"Aku kangen bgt tiap ke jogja berenti di madiun banyak yg jual pecel dari luar. Enaaaak bgt pecelnya," tulis akun @sepatubaru000.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@ofrie1asli

Ada satu hal yang masih teringat saat naik kereta pas jaman dahulu, yakni asongan yg hilir mudik di atas kereta menawarkan berbagai dagangan. Mulai dari cangcimen hingga makanan daerah. Sensasi 'asongan' tadi kini coba dihadirkan kembali oleh PT Kereta Api Indonesia, berkolaborasi dengan Kuliner Kereta dalam perjalanan KLB (Kereta Luar Biasa) Nostalgic Culinary Gambir-Yogyakarta, namun dikemas secara unik mengikuti perkeretaapian jaman sekarang. Beruntungnya aku berkesempatan ikut merasakan sensasi di perjalanan KLB tersebut. Pokoknya seru abis sob! #KAI121 #AyoKulinerdiKereta #KLBNostalgicCulinary #JakartaJogja #YogyakartaTrip #StasiunGambir #StasiunYogyakarta #KeretaNostalgia #KeretaJadul #KeretaLuarBiasa #KLB #KAekonomi #IndonesianRailfans #Daop1 #reska #KAIservices #KulinerKereta #KulinerDaerah #KulinerHemat #Perkeretaapian #KeretaApiKita #KeretaApiIndonesia #AyoNaikKereta #AyoNaikKeretaApi #IndonesianRailway #Semboyan35 #GaleriRailfans #voiceoverindonesia #voiceovertalentindonesia #indonesianvoiceover #TransmatePenghubungIndonesia #SobatTransport #Ofrie1

♬ KLB Nostalgic Culinary - Tommy G Cahyo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.