Sukses

Kisah Pilu Bikin Kitchen Set Impian Hasil Nabung, 3 Bulan Hancur Dimakan Rayap

Sudah menabung bertahun-tahun untuk membuat kitchen set impian, 3 bulan sudah hancur dimakan rayap.

Liputan6.com, Jakarta Rayap menjadi salah satu faktor rusaknya interior rumah. Binatang pengganggu itu menyukai tempat-tempat yang lembap, sehingga sering ditemui di perabotan rumah tangga. Ukuran tubuhnya yang kecil, membuat orang tidak menyadari kalau barang-barang di rumah sedang digerogoti rayap.

Seperti yang terekam dalam sebuah video yang dibagikan oleh laman TikTok @tokokitchenset. Dalam video yang berdurasi 22 detik tersebut, tampak kayu-kayu berserakan di bawah lantai seperti habis dibongkar. Jika dilihat seksama, dalam tumpukan kayu tersebut terdapat hewan kecil yang berjalan.

Rupanya, hewan itu adalah rayap. Menurut keterangan dalam video, rayap-rayap itu telah menggerogoti kayu yang berserakan di bawah lantai. Kayu itu merupakan runtuhan dari kitchen set pemilik rumah. Menurutnya, kitchen set tersebut adalah hasil menabungnya selama bertahun-tahun.

Namun, kitchen set impiannya itu harus hancur karena dimakan oleh rayap. Tidak tanggung-tanggung, rayap itu sangat cepat menggerogoti kitchen set tersebut hanya dalam waktu tiga bulan. Berikut ulasannya yang dihimpun Liputan6.com dari laman TikTok @tokokitchenset, Jumat (22/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baru 3 bulan sudah hancur dimakan rayap

Nasib apes yang dialami oleh pemilik rumah pun membuat warganet ikut bersimpati. Kitchen set hasil nabung bertahun-tahun justru habis dimakan rayap hanya dalam waktu 3 bulan saja. Dalam video, tampak bongkahan-bongkahan kayu dari kitchen set yang sudah dibongkar semua.

Tampak kitchen set tersebut tersusun dari kayu yang kurang kuat, sehingga mudah sekali digerogoti oleh rayap. Tampak ada seorang pria yang menyemprot rayap-rayap itu menggunakan cairan khusus agar mati. Pemilik akun juga memperlihatkan suasana dapur yang sedang dibongkar dan dibersihkan.

Terlihat pula ada beberapa orang yang tengah membantu membersihkan sisa-sisa kotoran pada perabot yang masih kokoh. Momen ini pun viral dan diunggah ulang oleh beberapa akun di media sosial Instagram.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video yang mencuri perhatian ini kini telah ditonton hingga 479ribu kali oleh pengguna TikTok. Warganet juga memberikan respons dalam beragam komentar. Tak sedikit yang memberikan saran agar lebih memilih bahan yang awet dan tahan akan serangan rayap.

"Aku di rumah aku pake kitchen set bahan kayu jati, awet bgt dr aku SD sampe uda punya anak ga rusak," tulis akun @rrhaniarmp.

"Aku pakai alumunium aja biarpun dibilang enggak mewah yang penting anti rayap," tulis akun @cutei.hr.

"Semoga dpt rejeki lebih buat ganti yg baru ya ka," tulis akun @pinicis.

"Rajin disemprot air garam hilang sendiri rayapnya," tulis akun @pipit_majhied.

"Sakitnya sampe sini," tulis akun @ichasy6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.