Sukses

Momen Beruang Menarik Cacing Pita Panjang dari Pantatnya Ini Viral, Bikin Merinding

Bikin merinding, viral video beruang yang berkeliaran menarik cacing pita panjang dari pantatnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video baru-baru ini menjadi viral yang menunjukkan seekor beruang yang sedang berjalan dengan tali-tali panjang di bagian anus. Namun, itu bukan lah tali, melainkan cacing parasit (pita) yang memang bisa tumbuh di pencernaan beruang. Dalam video, cacing pita terlihat keluar dari pantat beruang.

Berdasarkan video yang viral, beruang tersebut terlihat berkeliaran di kawasan jalan yang juga dilalui beberapa kendaraan. Diketahui saat kejadian itu terekam, beruang sedang berkeliaran mencari makan. Saat mendekati sebuah mobil, kamera merekam benda mirip tali yang menjuntai di pantat hewan tersebut.

Menurut informasi yang diunggah bersamaan dengan video viral tersebut, cacing pita tersebut diyakini memiliki panjang hampir 30 kaki atau sekitar 914,4 cm.

"Cacing pita yang hidup di dalam tubuh beruang bisa mencapai panjang 30 kaki atau lebih," tulis pemilik akun pada keterangan, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @markian.b, Jumat (15/9/2023).

Meskipun situasinya tampak mengerikan, beruang yang terkena parasit adalah hal biasa. Apalagi jika memperhitungkan pola makan hewan yang hidup di alam liar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beruang berkeliaran sambil menyeret cacing pita

Melansir Siakap Keli, semuanya dimulai dalam sebuah siklus. Seperti yang kita ketahui bersama, beruang menjadikan salmon sebagai salah satu makanannya. Parasit itu yang dikeluarkan di alam liar diyakini melalui kotoran inangnya seperti kotoran beruang.

Telur-telur yang ada dalam feses tersebut kemudian dibawa kembali ke perairan, misalnya melalui hujan. Telur cacing pita ini kemudian dimakan oleh krustasea (hewan bercangkang seperti udang dan kepiting).

Saat salmon melakukan perjalanan melintasi sungai untuk mencari tempat bertelur, krustasea kecil adalah salah satu sumber makanan mereka. Belakangan, sebagian dari salmon ini dijadikan makanan beruang. Telur cacing pita ini berpindah-pindah dan berakhir di usus beruang lagi, menjadi inangnya.

Cacing pita yang menetas di usus beruang akan menempel pada organ tersebut dan memperoleh nutrisi dari makanan hewan tersebut.

3 dari 4 halaman

Netizen dibuat merinding

Dalam video viral tersebut, beruang diyakini menjadi inang berbagai parasit sekaligus. Sejak viral, video tersebut mendapat beragam reaksi dari warganet. Sejauh ini, video yang diunggah fotografer satwa liar, Mark Bouldouklan itu telah ditonton lebih dari 24 juta kali.

Rata-rata komentar yang ditinggalkan warganet mengaku merinding setelah menonton video tersebut.

"Itu beneran tapeworm????? merinding," tulis akun @bangtanlyfe.

"Kalo beruang cacing pitanya keluar sendiri pas pup tapi panjang bgt karna dia makan ikan2 mentah," tulis akun @cerita_pinjolsby.

"Kasian :(," tulis akun @googieggle.

Cacing pita umumnya selalu ada di dalam sistem pencernaan beruang. Meskipun menjadi parasit, tapi beruang memiliki sistem pencernaan yang bisa menekan perkembangan parasit itu ketika dirasa sudah mengganggu kesehatan tubuhnya.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@markian.b

A tapeworm living inside a bear can reach lengths of 30 feet or more. #bears #brownbears #alaska #wildife #tapeworms #bearsofalaska

♬ original sound - Mark Bouldoukian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.