Sukses

Zulkifli Artinya sebagai Nama Anak Islami, Seorang Nabi yang Pernah Menjadi Raja

Zulkifli artinya sangat baik dijadikan sebagai nama anak.

Liputan6.com, Jakarta Zulkifli artinya perlu kamu kenali sebelum mengambil nama tersebut menjadi nama anak. Seperti yang diketahui, nama Zulkifli cukup sering kamu dengar di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari maknanya yang baik dan inspirasi nama tersebut.

Zulkifli adalah nama seorang nabi yang dulunya juga seorang raja. Nabi Zulkifli AS merupakan nabi ke-15 di antara 25 nabi yang wajib diketahui. Sifat Nabi Zulkifli sangatlah terpuji yakni terkenal dengan kesabaran yang luar biasa.

Zulkifli artinya sangat baik dijadikan sebagai nama anak. Jadi, para orang tua bisa menjadikan nama ini sebagai referensi dan doa untuk anak. Apalagi, nama ini merupakan nama salah satu nabi yang mulia. Kamu juga bisa memilih nama islami lainnya untuk anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/9/2023) tentang zulkifli artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zulkifli Artinya

Zulkifli artinya berasal dari bahasa Arab sebagai nama salah satu Nabi yang wajib diketahui umat Islam. Zulkifli artinya adalah Pemilik Kifli, disebut juga bahwa Zulkifli artinya adalah Yang empunya Kifli. Penulisan nama Zulkifli juga bisa ditulis dengan nama Dzulkifli. Zulkifli artinya juga dapat dimaknai dengan istilah 'Salah satu dari bagian ganda' dengan kata lain kata Kifli tersebut memiliki arti ganda. Sehingga Zulkifli artinya adalah orang yang mendapatkan ganjaran ganda atau berlipat.

Selain itu, zulkifli artinya merujuk pada orang yang sanggup menjalankan amanah. Hal ini berkaitan dengan sejarah dibalik pemberian nama Nabi Zulkifli AS. Pasalnya, Zulkifli adalah gelar yang didapatkan Nabi Zulkifli AS karena menyanggupi persyaratan menjadi seorang raja dari Nabi Ilyasa. Jadi, Zulkifli artinya orang yang sanggup memegang janji atau orang yang sanggup memikul tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

Zulkifli artinya juga bisa kamu lihat di dalam Al-Qur’an, tepatnya pada surat Al-Anbiya ayat 85-86, serta surat Shad ayat 48. Penjelasan Zulkifli artinya dalam surat Al-Anbiya ayat 85-86 yaitu sebagai berikut:

"Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh". (QS Al-Anbya: 85-86)

Jadi, merujuk pada surat Al-Anbiya ayat 85-86 ini, Zulkifli artinya merujuk pada sabar, dirahmati Allah SWT, dan saleh. Hal ini berkaitan dengan sifat dari nabi Zulkifli AS.

Dengan begitu, kamu dapat memahami ada beberapa arti dari nama Zulkifli. Zukifli artinya yang pertama yaitu orang yang sanggup menjalankan sebuah amanah. Zulkfili artinya yang kedua yaitu orang yang memperoleh ganjaran berlipat, dan Zulkfili artinya merujuk kisah Nabi Zulkifli yang dikenal sebagai Nabi yang sabar, dermawan, serta amanah dan sanggup menepati janjinya.

3 dari 4 halaman

Kisah Nabi Zulkifli

Zulkifli artinya bisa kamu pahami dari awal mula pemberian nama ini kepada Nabi Zulkfili AS. Pasalnya, pemberian nama Zulkifli ini memiliki sejarahnya tersendiri. Di mana nama Zulkifli diberikan oleh seorang Raja yang terkenal bijaksana ketika ia tengah membuat sayembara terkait seseorang yang akan menggantikan posisinya.

Ketika itu, sang Raja memberikan sebuah persyaratan. Namun syarat tersebut tentunya amatlah berat.  Hal ini karena ia menginginkan seorang calon pengganti yang memiliki kesabaran tinggi serta taat kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan puasa, ibadah di malam hari, mengendalikan emosinya dan amarahnya.

Di sinilah kemudian seorang pemuda bernama Basyar bin Ayub yang tak lain adalah anak dari Nabi Ayub juga ikut dalam sayembara tersebut. Atas izin Allah SWT, ia sanggup menjalankan perintah Raja. Dengan kesanggupannya tersebut, sang raja memberikan nama Zulkifli. Hingga akhirnya Nabi Zulkifli AS diangkat menjadi raja menggantikan raja sebelumnya yang sudah lanjut usia dan tidak memiliki penerus tahta.

Sebagai seorang pemimpin Nabi Zulkifli AS dikenal dengan kesabaran luar biasa. Apalagi saat menjadi seorang raja, Nabi Zulkifli AS sempat mendapat keraguan oleh rakyat sendiri pada saat akan ikut terjun ke sebuah pertempuran. Rakyat tersebut meminta jaminan keselamatan untuk diri mereka saat ikut berperang. Namun atas izin Allah SWT, doa Nabi Zulkifli AS kemudian dikabulkan oleh Allah SWT. Kesabarannya juga terbukti saat Nabi Zulkifli as kembali mendapat ujian dan godaan setan. Begitulah kisah Nabi Zulkifli AS yang perlu diketahui untuk dijadikan teladan baik.

4 dari 4 halaman

Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Islami Lainnya

1. Abbiyya: Tidak takut, berani

2. Abhizar: Yang menyebarkan.

3. Arsalan: Nama tokoh Islam

4. Arkanza: Harta mulia yang tersembunyi

5. Badar: Bulan purnama

6. Baslan: Berani, keberanian

7. Bilawal: Kehormatan

8. Bahran : Bercahaya.

9. Carim: Dermawan

10. Caden: Teman, kerabat

11. Chairi: Kebaikan

12. Daisam: Lemah lembut

13. Daiyan: Hakim, Pembalas

14. Dhafir: Menang

15. Eman: (bentuk lain dari emani) percaya, kepercayaan

16. Emyr: Mulia

17. Efendy: Laki-laki yang lembut

18. Fazwan: Tumbuh tinggi seperti bintang-bintang.

19. Farraz: Jujur.

20. Fusena: Perpaduan kilau cahaya

21. Gaffar: Sedia mengampuni, lembut hati

22. Gaffi: Berhati lembut

23. Haldis: Bersemangat baja

24. Hanan: Kasih sayang, ketulusan hati

25. Ilman : Berilmu.

26. Isam: Penjaga, pelindung

27. Imam : Pemimpin

28. Jahiz: Mata yang bersinar

29. Jabir: Menggantikan yang hilang

30. Keenan: Seorang pemilik

31. Kalil: Sahabat

32. Labib: Sehat akal dan cerdik

33. Laiq: Layak, pantas

34. Maftuh: Ahli hukum

35. Madani: Kota, tempat tinggal

36.  Maftuh: Ahli hukum

37. Mufazzal: Disukai, kesayangan

38. Nahdan: bangkit

39. Najwan: menang

40. Omar: kejayaan

41. Osama: singa

42. Paiga: bijak dan cerdas

43. Pazir:  pandangan baik

44. Qaddam: pemimpin

45. Qadir:  kuat

46.  Raidu: pemimpin

47. Razan: berwibawa

48. Salif: Yang sebelumnya

49. Saqer: Elang

50. Saskara: kebenaran

51. Saddam: penguasa perkasa

52. Tanvir: Cahaya

53. Usaim: Anak singa

54. Usni: Baik, indah (Husni)

55. Zahir: Menegaskan, Mengatakan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.