Sukses

Wanita Ini Bagikan Rahasia Umur Panjang, Tetap Aktif Gym di Usia 111 Tahun

Meski sudah berusia lanjut, wanita paruh baya ini membuat takjub banyak orang karena aktif olahraga di umur yang ke-111 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Umur panjang manusia adalah lamanya waktu yang dapat dihabiskan oleh seseorang, sebelum meninggal dunia. Banyak faktor yang dapat memengaruhi umur panjang, termasuk faktor genetik, gaya hidup, pola makan, aktivitas fisik, akses terhadap perawatan kesehatan, dan lingkungan tempat seseorang tinggal.

Oleh karena itu, menjaga gaya hidup aktif dan terus berolahraga saat memasuki usia paruh baya, sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang lansia asal Australia Selatan.

Menjelang peringatan hari ulang tahun yang ke-111 akhir bulan kemarin, paras cantik, bugar dan bahagia yang dipamerkan mendapat sorotan dari warganet. Diketahui, wanita yang bernama Catherina van der Linden ini lahir pada tahun 1912 di Belanda, dan kini memiliki empat anak, 10 cucu, dan 15 cicit.

Bermigrasi ke Australia bersama suami dan anak-anaknya pada tahun 1955, Linden kini hidup bahagia dan tetap sehat. Berikut ini rahasia umur panjang Linden yang Liputan6.com rangkum dari NYPost, Jumat (1/9/2023).

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berusia 111 Tahun

Seorang nenek asal Australia Selatan yang diyakini sebagai orang tertua membagi rahasia panjang umur dan bahagia, menjelang ulang tahunnya yang ke-111. Catherina van der Linden, yang tinggal di West Beach Residential Care Southern Cross Care di Adelaide.

Linden lahir pada tahun 1912 di Belanda, dan juga diyakini sebagai orang Belanda tertua di dunia. Dia kemudian bermigrasi ke Australia bersama suami dan keluarganya pada tahun 1955, dan bekerja sebagai pemetik anggur, asisten perawat dan juru ketik, hingga asisten administrasi. Menginjak usia 111 tahun ini, inden diberkati dengan empat anak, 10 cucu, dan 15 cicit.

 

 

3 dari 4 halaman

Berbagi Rahasia Panjang Umur

Sebelum perayaan ulang tahunnya yang ke 111 bulan Agustus kemarin, Linden membagi rahasia umur panjangnya adalah dengan tetap aktif mengikuti sesi gym dan berjalan-jalan

“Saya kadang-kadang memaksakan diri ketika saya mulai sedikit lelah, dan saya pikir sudah waktunya untuk melakukan sesuatu pada diri Anda sendiri, dan memastikan bahwa Anda masih memiliki energi yang Anda miliki sebelumnya,” kata  van der Linden kepada The Advertiser.

“Saya masih mengendarai sepeda, terkadang selama 10 menit dan itu adalah waktu yang lama untuk dihabiskan dengan sepeda.”

Bahkan tak jarang aktivitasnya ini menginspirasi beberapa penghuni rumah, untuk mengikuti rutinitasnya.

Catherina adalah inspirasi bagi kami semua, dia masih rutin berjalan-jalan di sekitar fasilitas. Sebenarnya kami memiliki beberapa penghuni baru yang mulai melakukan rutinitas yang sama,” kata Willoughby.“

 

 

4 dari 4 halaman

Wanita Tertua

Tahun lalu pada hari ulang tahunnya yang ke-110, keluarga van der Linden menerima email yang menyatakan bahwa ibu pemimpin mereka adalah orang terbaru, dan tertua yang masih hidup di Australia setelah kematian mantan pemegang hak, Frank Mawer yang berusia 110 tahun.

Putri sulung Ny. van der Linden, Mariella Hocking, mengatakan bahwa hidup di atas usia 100 tahun bukanlah hal yang aneh dalam keluarganya, namun ibunya adalah sosok yang menonjol dalam keluarga dekatnya.

“Ibu punya seorang bibi yang juga hidup sampai usia 110 tahun, tetapi semua saudara laki-laki, saudara perempuan, bibi, pamannya, semuanya hanya hidup sampai usia 60-an dan awal 70-an, jadi menurut saya ada gen aneh di suatu tempat di keluarga itu,” kata Hocking.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.