Sukses

Pria Ini 'Hidup Lagi' Usai Dinyatakan Meninggal Dunia Selama 28 Tahun

Kisahnya bikin geger netizen.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria yang telah dinyatakan meninggal dunia secara hukum diketahui 'hidup kembali'. Pernyataan tersebut tentunya cukup mengejutkan sekaligus mengherankan banyak publik. Peristiwa aneh tapi nyata.  

Namun, nyatanya kejadian tersebut benar adanya. Seorang pria asal Brasil diketahui telah dinyatakan meninggal dunia pada 1995 lalu. Pernyataan ini pun berdasarkan kesaksian mantan istrinya serta dua orang saksi lainnya.

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Jumat (1/9/2023), pria berusia 71 tahun ini telah mendapatkan surat akta kematiannya. Dirinya pun harus menghabiskan waktu selama 28 tahun dengan dianggap telah meninggal dunia secara hukum.

Tentu saja, adanya pernyataan tersebut cukup mengejutkan publik. Tak sedikit pula netizen yang penasaran bagaimana ia menghabiskan waktu dan mengurus berbagai hal yang membutuhkan data diri jika telah dinyatakan meninggal dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadapi beragam permasalahan

Pria dengan nama Manoel Marciano da Silva diketahui harus berjuang dalam sidang pengadilan selama dua tahun untuk membatalkan sertifikat kematiannya. Pada pertengahan Agustus 2023 lalu, akhirnya sertifikat kematiannya telah dibatalkan secara resmi.

Sebelumnya, dalam sertifikat tertera jika Manoel Marciano da Silva dinyatakan telah meninggal dunia dan dimakamkan di pemakaman umum Augustinópolis, di Tocantins, Brasil pada 1995. Sebelumnya, adanya pernyataan tersebut tidak menjadi masalah bagi Manoel. Akan tetapi sekitar 2 tahun lalu, dirinya pun mulai mengalami berbagai kesulitan karena pernyataan jika dirinya telah meninggal dunia.

Manoel menyebutkan jika ia tidak dapat mengambil uang pensiunannya yang telah dikumpulkan. Tak hanya itu saja, ia juga tidak bisa mendapatkan akses layanan kesehatan gratis dengan asuransi yang dimiliki.

3 dari 4 halaman

Baru mengetahui pada 2012

Setelah menghadapi berbagai permasalahan, Manoel pun memutuskan untuk menyelidiki 'kematiannya'. Ia pun akhirnya mengetahui jika mantan istri dan dua orang lainnyalah yang menyatakan ke pihak berwenang jika ia telah meninggal dunia.

Meski begitu, hingga kini belum diketahui dengan pasti alasan sang mantan istri membuat pernyataan tersebut. Manoel pun dinyatakan 'meninggal dunia' pada 1995, namun ia baru mengetahuinya pada 2012 lalu. Adanya status hukum dimana Manoel dinyatakan meninggal dunia ialah saat ia tak muncul dalam daftar peserta pemilihan lokal. Meski sempat tak mempedulikannya, namun dalam beberapa waktu terakhir nyatanya status tersebut telah mempengaruhi hidupnya.

4 dari 4 halaman

Percaya sang mantan istri telah disesatkan

Manoel Marciano da Silva diketahui kehilangan uang pensiunnya dan tidak dapat membuat janji medis karena statusnya yang dianggap telah meninggal dunia. Namun, meski ia telah memberikan pernyataan mengenai 'hidup kembali', hal tersebut kurang kuat atas status hukumnya.

Ia pun memilih untuk menyewa pengacara dan menggugat akta kematiannya demi mendapatkan akta kelahiran baru. Bahkan, Manoel juga menjalani tes papiloskopi pada sidik jadinya untuk membantu membuktikan jika ia masih hidup. Tak hanay itu saja, ia juga harus mendatangkan saksi untuk memastikan jika kematiannya tidak benar.

Anak-anak Manoel percaya bahwa ibu mereka, yang buta huruf, telah disesatkan. Hal ini pula yang membuat mantan istrinya dengan mudah menyatakan bahwa Manoel telah meninggal. Namun Manoel sendiri tidak terlalu peduli mengapa hal itu terjadi. Yang dia pedulikan hanyalah dia kembali hidup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.