Sukses

UMAHA adalah Universitas Terbaik Sidoarjo, Ketahui Visi Misi dan Program Studinya

Universitas Maarif Hasyim Latif atau disingkat UMAHA merupakan perguruan tinggi Islam swasta di Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta Universitas adalah institusi pendidikan tinggi yang memiliki peran sentral dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarkan pengetahuan di berbagai bidang studi. Hal ini juga yang berlaku di UMAHA, yang mana berperan aktif sebagai menjadi wadah, dalam menghubungkan berbagai disiplin ilmu, dan menghasilkan lulusan serta penelitian yang mendorong kemajuan sosial, ekonomi, dan ilmiah dalam masyarakat.

Universitas Maarif Hasyim Latif atau disingkat UMAHA, merupakan perguruan tinggi Islam swasta di Sidoarjo. UMAHA hingga kini berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Sosial dan Ma'arif Sidoarjo dan dibina oleh organisasi Nahdlatul Ulama.

Berdirinya perguruan tinggi UMAHA ini, merupakan hasil gabungan dari empat perguruan tinggi di bawah Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif, yakni: Sekolah Tinggi Teknik (STT) YPM, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPM, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) YPM, dan Akademi Analis Kesehatan (AAK) YPM Sidoarjo

Dikarenakan kekuatan dan reputasi sebuah universitas yang kerap diukur berdasarkan kualitas pendidikan, maka universitas harus memiliki kontribusi penelitian, dan dampak positif yang bisa dihasilkan dalam masyarakat secara luas.

Berikut ini sejarah dan visi misi UMAHA yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/8/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Universitas Maarif Hasyim Latif

Universitas Maarif Hasyim Latif atau UMAHA merupakan gabungan dari empat perguruan tinggi dibawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Sidoarjo, terdiri atas: Sekolah Tinggi Teknik (STT) YPM Sidoarjo, dengan 3 (tiga) program studi, yaitu Program Studi Teknik Industri (S1), Program Studi Teknik Mesin (S1), Program Studi Teknik Komputer (D3). Kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPM Sidoarjo, dengan 2 (dua) program studi, yaitu Program Studi Manajemen (S1), Program Studi Akuntansi (D3). Selanjutnya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) YPM Sidoarjo, dengan program studi Ilmu Hukum (S1) dan Akademi Analis Kesehatan (AAK) YPM Sidoarjo, dengan program studi Analis Kesehatan (D3).

Berdasarkan hasil pertemuan antara Ketua Yayasan, Ketua Sekolah Tinggi Teknik YPM, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPM, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum YPM, Direktur Akademi Analis Kesehatan YPM Sidoarjo, Alumni, Stakeholder dan Tokoh Masyarakat maka muncul rekomendasi untuk membentuk suatu universitas, yang merupakan gabungan dari 3 Sekolah tinggi dan 1 Akademi yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM). Hasil rekomendasi tersebut tercantum dalam Berita Acara rapat pada tanggal 10 Oktober 2013 yang selanjutnya, dituangkan dalam Surat Keputusan Ketua YPM No : 0148/I/YPM/IX/14/SK tanggal 15 Oktober 2013, tentang pembentukan Universitas di lingkungan YPM.

Demikian juga rekomendasi dari pengurus PBNU dalam wadah LPTNU, yang memberikan dukungan bagi pembentukan Universitas di kalangan Nadhiyin yang masih sedikit jumlahnya di Indonesia. Maka dengan pertimbangan diatas pihak, maka pihak Yayasan bersama stakeholder terkait, mengajukan pendirian Universitas di lingkungan YPM dengan nama Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA), yang berlokasi di Taman, Sepanjang, kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

3 dari 4 halaman

Arti Logo dan Visi Misi

Bentuk lambang Universitas Maarif Hasyim Latif memiliki arti, pada setiap unsur yang terkandung didalamnya. Sejarah mencatat, ide dasar dari lambang tersebut pada awal pembentukan sekolah menengah pertama oleh Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) di wilayah Kawedanan Taman, Sidoaro, pada 15 Maret 1964. Bentuk dan arti unsur-unsur pada lambang UMAHA adalah sebagai perguruan tinggi swasta, yang menjembatani para calon lulusan yang berilmu pengetahuan, cerdas, unggul, berilmu, beramal, dan bertaqwa, serta dengan sistem pengelolaan, proses belajar mengajar, sumber daya manusia, sarana dan prasana, dan program akademik profesi yang dirancang sedemikian rupa, untuk mengantisipasi kemajuan IPTEK yang sangat cepat perkembangannya.

Sama seperti universitas lainnya, UMAHA memiliki visidan misi yang menjadi tujuan dan tumpuan, dalam menjalankan operasional dan sistem di dalam universitas. 

Visi

“Menjadikan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo sebagai perguruan tinggi yang modern dan unggul dalam mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berbasis nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah serta memiliki karakter kewirausahaan”.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berbasis nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah, serta memiliki karakter kewirausahaan.
  2. Melaksanakan penelitian yang berbasis integrasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah serta memiliki karakter kewirausahaan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tujuan utama integrasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah serta memiliki karakter kewirausahaan.
  4. Memperkuat jaringan kerjasama nasional dan internasional agar tercapai integrasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah, serta memiliki karakter kewirausahaan.
  5. Menyelenggarakan tata kelola dan pengembangan kelembagaan, berbasis integrasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah, serta memiliki karakter kewirausahaan.
4 dari 4 halaman

Fakultas dan Program Studi

Dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 607/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 maka 3 (tiga) Sekolah Tinggi dan 1 (satu) Akademi menjadi Universitas, bernama Universitas Maarif Hasyim Latif disingkat UMAHA Sidoarjo dengan fakultas dan program studi sebagai berikut :

Fakultas Teknik dengan program studi :

  1. Teknik Mesin (S1)
  2. Teknik Industri (S1)
  3. Teknik Komputer (D3)
  4. Teknik Informatika (S1)
  5. Desain Komunikasi Visual (S1)

Fakultas Ekonomi dengan program studi :

  1. Manajemen (S1)
  2. Akuntansi (D3)
  3. Akuntansi (S1)

Fakultas Hukum, dengan program studi :

  1. Ilmu Hukum (S1)

Fakultas Ilmu Kesehatan, dengan program studi :

  1. Analis Kesehatan (D3)
  2. Analis Kesehatan (D4)

Namun berdasarkan PERMENDIKBUD Nomor : 154 Tahun 2014 tentang rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi serta gelar lulusan perguruan tinggi, maka program studi Analis Kesehatan D3 dan Program Studi Analis Kesehatan D4 disesuaikan menjadi :

  1. Teknologi laboratorium medik (D3)
  2. Teknologi laboratorium medik (D4)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.