Sukses

Teknik Plakat adalah Melukis dengan Media Dasar Menggunakan Cat, Begini Caranya

Teknik plakat adalah teknik melukis dengan menggunakan cat poster atau dengan cat akrilik yang dilakukan dengan sapuan warna yang tebal.

Liputan6.com, Jakarta Teknik plakat adalah salah satu jenis teknik yang serig digunakan dalam seni lukis. Teknik plakat adalah suatu teknik dalam karya dua dimensi yang menggunakan paduan dan sapuan warna tebal hingga menutupi latar belakang objeknya.

Secara umum teknik plakat adalah teknik melukis dengan pemakaian cat pada kondisi kental, jika perlu bahan bantu pencair cukup sekedar sebagai pelumas saja. Cat ini biasanya digunakan di atas kertas atau karton.

Kelebihan dari penggunaan teknik plakat dalam melukis adalah pelukis dapat menghasilkan objek yang nyata. Dengan campuran warna yang pekat dan tekstur yang tebal, sehingga akan menghasilkan efek lukisan lebih hidup.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian teknik plakat dan cara melukisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teknik Plakat Adalah

Dalam buku yang berjudul Buku Ajar: Nirmana Sketsa Dasar oleh Novalinda, menjelaskan bahwa teknik plakat adalah sebuah teknik melukis dengan menggunakan cat poster, cat minyak, atau dengan cat akrilik yang dilakukan dengan sapuan warna yang tebal, sehingga akan menghasilkan warna yang padat dan menutup.

Definisi lain, teknik plakat adalah  teknik yang digunakan dalam melukis yang bertolak belakang dengan teknik aquarel, dimana teknik plakat menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang objeknya.

Kelebihan dari penggunaan teknik plakat dalam melukis adalah pelukis dapat menghasilkan objek yang nyata. Dengan campuran warna yang pekat dan tekstur yang tebal, sehingga akan menghasilkan efek lukisan lebih hidup.

Pada umumnya, media yang digunakan pada teknik plakat dalam seni lukis adalah kanvas dan cat yang dikemas dalam bentuk tube dengan bahan timah, sehingga mudah dalam penggunaannya. Dalam pemakaiannya, cat terlebih dahulu dicampur dengan lijn-olie. Teknik plakat biasanya digunakan oleh pelukis prefesional untuk menghasilkan lukisan yang mempesona dan memiliki nilai jual yang tinggi.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teknik Plakat dalam Seni Lukis

Terdapat beberapa ciri-ciri teknik plakat dalam seni lukis yang menjadi pembeda antara teknik seni lukis lainnya, antara lain:

  1. Memiliki sapuan warna cat yang tebal.
  2. Tingkat pencampuran cairan catnya tebal dan pekat.
  3. Lukisan atau gambar biasanya dibuat sengaja memenuhi media lukis baik itu kanvas maupun kertas.
  4. Lukisannya terlihat lebih hidup.
  5. Memiliki kombinasi dan perpaduan warna yang beragam.
  6. Hasil lukisan menutupi seluruh bagian medianya.
  7. Memiliki kombinasi warna yang cerah dan unik.
4 dari 5 halaman

Cara Melukis Teknik Plakat

Ada beberapa cara mekulis dengan menggunakan teknik plakat adalah sebagai berikut:

1. Memunculkan gagasan

Dalam memunculkan gagasan, ada beberapa hal-hal yang harus dilakukan yaitu mengembangkan imajinasi, kemudian melihat objek secara langsung, selanjutnya melihat referensi tidak langsung seperti buku dan internet, lalu menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk sketsa.

2. Menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan

Dalam tahap ini yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proses berkarya. Teknik plakat adalah proses melukis yang kaya warna sehingga warna yang disediakan harus beragam. Beragam jenis cat dapat disiapkan seperti cat air, akrilik, poster atau cat minyak. Untuk bahannya, siapkan kanvas, kuas lukis, tisu dan benda lain yang menunjang proses melukis.

3. Membuat sketsa

Sketsa merupakan gambar dasar atau gambar awal yang dijadikan pedoman dalam membuat karya seni lukis. Sketsa biasanya berupa gambaran umum yang tidak mendetail dan sudah tergambar apa yang akan diungkapkan. Buatlah sketsa tipis-tipis sehingga lebih mudah dihapus atau diperbaiki jika ada goresan yang belum sesuai.

4. Mewarnai dan menyempurnakan lukisan

Setelah pembuatan sketsa, kegiatan sebenarnya dalam melukis akan dilakukan pada tahap ini. Langkah yang biasa dilakukan dalam tahap ini adalah mewarnai sketsa dengan goresan tebal pada lukisan. Perhatikan ketebalan warna sebab teknik plakat salah satu cirinya adalah warna yang menonjol dan tebal.

5. Finishing atau penyelesaian karya

Pada tahap finishing atau penyelesaian karya, kegiatannya adalah menyelesaikan warna objek secara penuh. Setelah itu baru melakukan proses pengeringan. Karakteristik yang paling menonjol dari teknik plakat adalah komposisi warna yang penuh, cerah dan pekat. 

5 dari 5 halaman

Teknik Lukis Lainnya

Selain teknik plakat, masih ada beberapa teknik lukis yang perlu anda kenali. Berikut ini jenis-jenisnya:

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.

2. Teknik Goresan Ekspresif

Teknik goresan ekspresif merupakan teknik dalam melukis yang terkesan bebas karena pembuatannya bisa menggunakan alat berupa jari, tangan, kuas, ataupun objek lain yang dianggap menarik oleh senimannya.

3. Teknik Mozaik

Teknik mozaik atau timbul merupakan pembuatan karya seni rupa yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karena sifatnya yang dua dimensi dan masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya.

4. Teknik Transparan

Teknik transparan adalah teknik yang digunakan untuk melukis karya seni rupa menggambar dengan menggunakan cat cair sebagai bahannya. Sapuan-sapuan warna untuk melukis harus tipis tidak padat agar hasilnya juga tampak seperti transparan.

5. Teknik Kolase

Teknik kolase adalah suatu bentuk karya seni yang akan memberikan hasil sebuah lukisan yang realis atau abstrak karena terbuat dari potongan-potongan kertas yang disusun rapi dan ditempel pada sebuah bingkai dengan menggunakan lem sehingga menghasilkan satu kesatuan karya seni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.