Sukses

7 Potret Presiden Jokowi dalam Baju Adat di Upacara 17 Agustus dari Tahun ke Tahun

Potret Presiden Joko Widodo dalam balutan baju adat tradisional di acara upacara 17 Agustus dari tahun ke tahun.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan budaya dan keragaman suku, merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus dengan penuh semangat. Momentum ini tidak hanya menjadi perayaan nasional semata, tetapi juga momen penting untuk menghargai warisan budaya yang diperjuangkan oleh para pahlawan. 

Salah satu aspek yang selalu dinanti adalah potret presiden Joko Widodo yang tampil dalam berbagai pakaian adat tradisional. Melalui baju adat yang dipakainya, Jokowi tak hanya mengenang perjuangan para pahlawan, tetapi juga menunjukkan pentingnya persatuan dan keragaman bangsa.

Tampil dengan beragam baju adat dari berbagai daerah di Indonesia, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (19/8/2023). Potret Presiden Joko Widodo dalam balutan baju adat tradisional di acara upacara 17 Agustus dari tahun ke tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pada tahun 2017, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Utara.

3 dari 8 halaman

2. Kemudian pada tahun 2018, Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari Aceh, dengan bagian yang paling menonjol adalah penutup kepala yang disebut kupiah meukeutop.

4 dari 8 halaman

3. Pada upacara HUT ke-74 RI pada 17 Agustus 2019, Presiden Jokowi terlihat memakai baju adat khas Klungkung dari Bali.

5 dari 8 halaman

4. Sedangkan pada tahun 2020, Presiden Jokowi terlihat memakai baju adat khas Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT).

6 dari 8 halaman

5. Kemudian pada Upacara 17 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo hadir mengenakan pakaian adat pepadun yang berasal dari Lampung.

7 dari 8 halaman

6. Untuk Peringatan HUT ke-77 RI pada tahun 2022, Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara.

8 dari 8 halaman

7. Terbaru, di tahun 2023 ini, Presiden Joko Widodo dalam balutan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.