Sukses

Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani adalah Interval Training

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training. Kebugaran jasmani sendiri merupakan suatu hal yang penting diperhatikan setiap orang. Pasalnya, kebugaran jasmani menjadi kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya.

Makin tinggi taraf kebugaran jasmani seseorang, maka semakin bagus juga kemampuan kerja fisiknya. Kemampuan kerja fisik yang bagus tentunya akan berpengaruh terhadap produktivitas harian seseorang. Apalagi, sering berolahraga atau melakukan kegiatan fisik turut membantu tubuh agar tidak mudah lemas.

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training. Ada beberapa bentuk latihan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani seperti push up, sit up, leg squat, lari cepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/8/2023) tentang salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani adalah Interval Training

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training. Interval Training adalah metode latihan yang melibatkan pengulangan sederet waktu yang terpisah antara periode latihan yang intens dengan periode istirahat atau pemulihan yang lebih ringan. Dalam interval training, intensitas latihan dibuat lebih tinggi dan lebih rendah secara bergantian dalam periode tertentu untuk meningkatkan kebugaran dan performa atletik.

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training, yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan jantung dan kekuatan otot dengan memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan peningkatan beban latihan. Dalam interval training, tubuh berada dalam keadaan yang disebut "zona nyaman" selama latihan ringan dan di luar "zona nyaman" selama latihan berat. Zona nyaman ini adalah zona yang terjadi ketika tubuh berada dalam keadaan seimbang antara oksigen yang digunakan oleh tubuh dan oksigen yang tersedia.

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training, contohonya meliputi lari cepat selama 30 detik, diikuti oleh berjalan pelan selama 1 menit, atau latihan bersepeda dengan intensitas tinggi selama 1 menit, diikuti dengan 2 menit bersepeda dengan intensitas rendah.

Interval training dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu atlet profesional maupun mereka yang baru memulai latihan. Namun, latihan interval training juga dapat menimbulkan risiko cedera jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk memulai dengan intensitas yang ringan dan bertahap meningkatkannya seiring waktu. Selain itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau pelatih olahraga sebelum memulai latihan interval training, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu.

3 dari 4 halaman

Mengenal Kebugaran Jasmani

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training. Setelah mengenali interval training, kamu tentunya perlu juga memahami apa yang dimaksud kebugaran jasmani. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebugaran jasmani adalah kebugaran yang berkaitan dengan pengaruh latihan terhadap kondisi fisik, seperti kekuatan dan daya tahan otot, daya tahan kardiovaskuler, serta fleksibilitas.

Kebugaran jasmani yaitu sebuah kemampuan fisik yang dimiliki seseorang dalam tujuan melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan. Jadi, apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani berkaitan dengan kesehatan dan ketahanan tubuh seseorang. Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training.

Selain itu, kebugaran jasmani seseorang dapat diuji dengan beberapa aktivitas latihan tertentu, di antaranya:

  1. Push up untuk melatih kekuatan otot lengan
  2. Sit up untuk melatih kekuatan otot perut
  3. Back lift untuk melatih otot punggung
  4. Leg squat untuk melatih otot tungkai
  5. Lari cepat untuk melatih kecepatan bergerak
  6. Latihan kekuatan otot lengan dan bahu
4 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training. Dalam melakukan interval training untuk meningkatkan kebugaran jasmani, tentunya ada beberapa unsur latihan yang perlu diperhatikan. Kebugaran jasmani memiliki beberapa unsur, yaitu sebagai berikut:

  1. Kekuatan (Strenght). Kekuatan adalah kemampuan otot ketika menerima beban saat melakukan aktivitas. Kekuatan otot, baik otot lengan atau otot kaki, bisa diperoleh dari latihan rutin dengan beban berat dan frekuensi sedikit.
  2. Kecepatan (Speed). Kecepatan adalah kemampuan seseorang mengerjakan gerakan dengan terus-menerus dalam bentuk sama dan waktu singkat.
  3. Daya Tahan (Endurance). Daya tahan merupakan kemampuan seseorang menggunakan sistem jantung, paru-paru atau pernapasan, serta peredaran darahnya dengan efektif dan efisien.
  4. Daya Otot (Muscular Power). Daya otot sendiri adalah kemampuan seseorang menggunakan kekuatan maksimum yang dikeluarkan dalam waktu singkat.
  5. Keseimbangan (Balance). Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga berbagai gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu latihan yang mampu meningkatkan keseimbangan tubuh adalah senam.
  6. Kelincahan (Agility). Kelincahan maksudnya kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu dengan cepat. Salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kelincahan sebagai unsur-unsur kebugaran jasmani adalah bulu tangkis, tenis, dan tinju.
  7. Koordinasi (Coordination). Koordinasi yaitu kemampuan seseorang mengintegrasi berbagai gerakan yang beda dan mampu koordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik dan benar.
  8. Reaksi (Reaction). Reaksi yaitu kemampuan seseorang untuk segera bertindak serta menanggapi adanya sebuah rangsangan yang ditangkap oleh indra. Jenis latihan yang bisa meningkatkan dan butuh sebuah reaksi adalah lempar tangkap.
  9. Daya Lentur (Flexibility). Daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang dalam berbagai jenis aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan cara penguluran tubuh yang baik. Apabila seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut bisa terhindar dari berbagai risiko cedera.
  10. Ketepatan (Accuracy). Ketepatan adalah kemampuan seseorang mengendalikan gerak bebas tubuh kepada suatu sasaran. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketepatan, salah satu yang paling populer yaitu memanah.

Jadi, salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training perlu memperhatikan beberapa unsur tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.