Sukses

6 Kolam Renang Berusia Puluhan Hingga Ribuan Tahun, Ada yang Masih Berfungsi

Seiring berjalannya waktu kolam renang menjadi menjadi sesuatu yang mewah dan populer pada abad ke 20.

Liputan6.com, Jakarta Merendam tubuh dalam kolam renang menjadi salah satu kegiatan yang banyak disukai untuk melepas panat. Pernahkah Anda bertanya-tanya kapan kolam renang pertama kali dibuat? Sayangnya tidak ada catatan sejarah yang menjelaskan secara pasti sejak kapan manusia mulai merendam diri dalam kolam. 

Namun ada bukti arkeologi berupa kolam renang tertua dibangun pada zaman prasejarah. Tentu saja bentuknya sederhana, berupa tanah yang dilubangi kemudian diisi dengan air. Seiring berjalannya waktu kolam renang menjadi menjadi sesuatu yang mewah dan populer pada abad ke 20.

Berikut 6 kolam renang tertua di dunia yang dilansir liputan6.com dari laman brainberries.co, Sabtu (29/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Yrjönkatu, Helsinki, Finlandia, 1928

Yrjönkatu adalah kolam renang dalam ruangan tertua di Helsinki yang dilengkapi dengan sauna listrik, sauna kayu bakar, dan sauna uap. Kolam ini dibangun pada tahun 1928 dan memiliki panjang 25 meter. Ini hanyalah kolam tua dengan desain sangat indah.

2. Deep Eddy Pool, Austin, Texas, Amerika Serikat, 1915

Deep Eddy adalah kolam renang tertua di Texas dan salah satu kolam renang tertua di Amerika Serikat. Kolam renang ini masih sangat populer untuk bersenang-senang hingga saat ini.

3 dari 4 halaman

3. Maidstone Swimming Club, Inggris, 1844

Kolam renang Maidstone dibangun pada tahun 1844, karena ternyata banyak orang yang berenang di Sungai Medway dan tidak pernah kembali ke permukaan. Bahkan beberapa penyelamat tenggelam ketika mencoba menyelamatkan mereka yang tenggelam.

4. Roman Pool, Italia, 100 SM

Melompat lebih dari 2000 tahun ke belakang, orang Romawi menggunakan kolam renang untuk berenang dan bersantai sajak tahun 100 SM. Inilah gambar salah satu kolam renang tersebut. 2000 tahun kemudian, kolam ini masih terlihat menakjubkan, tetapi sayangnya sudah tidak dapat digunakan sebagai tempat berenang.

4 dari 4 halaman

5. Kuttam Pokuna, Sri Lanka, 300 SM

Bergerak lebih jauh ke masa lalu, pada 300 SM di Sri Lanka tahun 300 SM juga dibangun sebuah kolam renang. Kuttam Pokuna adalah 2 kolam renang yang terbagi oleh sebuah taman seluas 6,09 meter. Bak mandi ini merupakan mukjizat nyata dari rekayasa hidrologi yang artistik. Kolam besar memiliki ukuran 40,2x15,5 meter, dan kolam yang lebih kecil 27,7x15,5 meter. Ada tangga di sisi kolam untuk memudahkan akses. Meski dibangun ribuan tahun lalu, kolam ini memiliki desain yang sangat luar biasa.

6. The Great Bath, Mohenjo-Daro, Pakistan 3000 SM 

The Great Bath dibangun sekitar 5000 tahun yang lalu di Pakistan. Kolam ini tidak terlalu besar, hanya berukuran 12,2x7,01x2,4 meter. Seperti Kuttam Pokuna, The Great Bath memiliki dua tangga di dua ujung kolam. Tetapi berbeda dengan kolam sebelumnya, kolam ini tidak memiliki saluran masuk, yang artinya air yang berada di dalamnya berasal dari air hujan atau diisi secara manual. Membayangkannya saja sudah cukup melelahkan ya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.