Sukses

7 Lubang Terbesar dan Terdalam di Bumi, Spot Menyelam Sampai Pintu Menuju Neraka

Gunung-gunung terbesar dan tertinggi di bumi sepertinya sudah banyak dibahas. Tidak ada salahnya jika sekarang kita juga membahas tentang lubang terbesar dan terdalam yang ada di Bumi.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun beberapa orang masih percaya pada teori yang mengatakan bahwa Bumi itu datar, bukti-bukti yang ada di sekitar kita mengatakan sebaliknya. Pada kenyataanya Bumi sebenarnya berbentuk bulat seperti bola. Teori yang mengatakan Bumi datar adalah hal yang tidak masuk akal karena terdapat begitu banyak gunung dan luang di planet ini. 

Terdapat berbagai jenis lubang yang ada di bumi, yang masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Setiap jenis lubang ini memiliki peran penting dalam geologi, ekologi, dan aktivitas manusia. Beberapa di antaranya juga menjadi titik penelitian ilmiah yang menarik bagi para ilmuwan untuk memahami lebih lanjut tentang bumi dan sejarahnya. 

Gunung-gunung terbesar dan tertinggi di bumi sepertinya sudah banyak dibahas. Tidak ada salahnya jika sekarang juga membahas tentang lubang terbesar dan terdalam yang ada di Bumi. Berikut 7 lubang terbesar dan terdalam di Bumi yang Liputan6.com langsir dari laman brainberries.co (29/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Great Blue Hole, Belize

Lubang ini memiliki kedalam sekitar 407 kaki dan berada di tengah lautan. Namanya mungkin kurang menarik, namunlubang ini terkenal setelah dinobatkan sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia dan kini digunakan untuk penelitian tentang kehidupan di lautan.

2. The Big Hole, Kimberley, Afrika Selatan

The Big Hole memiliki kedalaman sekitar 3.599 kaki. Berbeda dengan Great Blue Hole yang terbentuk secara alami, The  Big Hole merupakan bekas tambang besar yang digali oleh manusia. Lubang ini dibuat oleh manusia, sayangnya namanya juga kurang menarik.

3 dari 5 halaman

3. Glory Hole, Bendungan Monticello, California

Ini adalah lubang dalam yang bernama "glory hole" dan dapat menyedot 48.000 kaki kubik air per detik. 

4. Berkeley Pit, Butte, Montana

Dulu lubang ini adalah tambang tembaga, tapi sekarang diisi dengan air asam yang sangat berbahaya. Itulah sebabnya airnya berwarna kemerahan. Kedalamannya sekitar 1.780 kaki, mungkin lebih kurang sedikit.

4 dari 5 halaman

5. The Kola Superdeep Borehole, Rusia

Seperti namanya, lubang ini merupakan sumur bor yang sangat dalam, yaitu sekitar 22.000 kaki. Lubang ini dibuat oleh manusia untuk penelitian ilmiah tentang apa yang akan terjadi jika mereka menggali lubang sejauh itu.

6. Chand Baori, Negara Bagian Rajasthan, India

Lubang berbentuk sumur berundak seperti tangga ini memiliki kedalaman 100 kaki. Tapi sepertinya tempat yang buruk untuk terjatuh dari tangga. Chand Baori juga merupakan lubang buatan manusia yang menarik. 

5 dari 5 halaman

7. The Door to Hell, Derweze, Turkmenistan

Meskipun hanya memiliki kedalaman 98 kaki, lubang secara permanen berisi api yang membuat siapapun merinding. Bentuknya sungguh mirip pintu masuk ke Neraka, jadi mungkin lebih baik berkunjung ke sini bersama seorang imam atau penjaga pintu nerka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.