Sukses

5 Doa Katolik untuk Orang Meninggal, Lewat Misa Rekuiem Juga Doa Rosario

Doa Katolik untuk orang meninggal ini dipanjatkan kala keluarga atau kerabat dan teman, harus berpisah menuju kematian.

Liputan6.com, Jakarta Doa Katolik untuk orang meninggal adalah serangkaian doa yang dilakukan, untuk memohonkan rahmat Tuhan bagi roh orang yang telah meninggal dunia. Doa ini mencerminkan penghormatan terhadap kehidupan, dan jasa orang yang telah meninggal. Umat Katolik meyakini bahwa dengan mendoakan mereka, mereka dapat membantu dalam memperbaharui hubungan antara roh orang yang meninggal dengan umat hidup.

Doa Katolik untuk orang meninggal mencakup permohonan pengampunan dosa, dan penerimaan rahmat Tuhan. Umat Katolik meyakini bahwa melalui doa, mereka dapat memohonkan pengampunan atas dosa-dosa yang mungkin belum diampuni selama kehidupan di dunia. Umat Katolik berdoa agar roh orang yang meninggal menemukan kedamaian, kebahagiaan abadi, dan persatuan dengan Tuhan.

Doa Katolik untuk orang meninggal dapat mengekspresikan iman umat dalam kehidupan kekal, dan mempersembahkan roh orang yang meninggal kepada rahmat dan kasih Tuhan. Dalam melaksanakan doa untuk orang yang meninggal, penting juga untuk memperhatikan kesadaran, akan pentingnya mendoakan orang yang masih hidup dan mengunjungi makam mereka.

Berikut ini doa Katolik untuk orang meninggal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/7/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Requiem Mass

Doa Pembukaan

"Ya Allah, Engkau yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, terimalah doa kami saat kita berkumpul di hadapan-Mu untuk mempersembahkan Misa Requiem ini untuk [nama orang yang meninggal]. Terimalah dia dalam rahmat-Mu yang melimpah, ampuni dosa-dosanya, dan berikanlah kepadanya kedamaian dan kebahagiaan abadi di hadapan-Mu. Kami memohon ini melalui Kristus, Tuhan kami. Amin."

Doa Epiklesis

"Ya Allah yang Maha Agung, berkatilah roh ini yang telah meninggal. Sempurnakanlah karya penyucian-Mu dan berikanlah dia pengampunan penuh dosa-dosanya. Biarkanlah dia menikmati cahaya kemuliaan-Mu dan kebahagiaan tanpa akhir di hadapan-Mu. Amin."

Doa Bacaan Kitab Suci

"Berikanlah hikmat kepada kami, ya Allah yang Maha Bijaksana, ketika kami mendengarkan Firman-Mu yang hidup. Biarkanlah Firman-Mu yang menghibur dan memperbaharui hati kami, menjadi sukacita dan penghiburan bagi roh [nama orang yang meninggal] yang telah meninggalkan dunia ini. Amin."

Doa Ekaristi

"Ya Yesus Kristus, Engkau yang mempersembahkan diri-Mu sebagai korban penebusan bagi kita semua, terimalah persembahan ini untuk [nama orang yang meninggal]. Dalam sakramen kudus ini, semoga dia memperoleh pengampunan dosa-dosanya dan mengalami persatuan yang lebih erat dengan-Mu. Biarkanlah dia mengalami sukacita dan damai yang tak tergoyahkan di hadapan-Mu. Amin."

Doa Penutup

"Ya Allah, dengan rendah hati kami memohon kepadamu, terimalah persembahan doa dan Misa Requiem ini untuk [nama orang yang meninggal]. Biarkanlah kasih-Mu yang tak terbatas mencurahkan rahmat dan pengampunan kepadanya. Ampunilah dosa-dosanya dan berikanlah dia kedamaian yang kekal di dalam kerajaan-Mu. Kami memohon ini melalui Kristus, Tuhan kami. Amin."

3 dari 4 halaman

2. Doa Katolik untuk Orang Meninggal Sebagai Pengingat

“Tuhan yang berkuasa atas jiwa-jiwa, pandanglah kami yang berkumpul di sini untuk memohon kedamaian bagi arwah-arwah, yang telah pergi dari sisi kami, ketempat yang tidak terjangkau bagi kami, kecuali olehMu.

Kumpulkanlah mereka di bawah naungan sayapMu, diantara orang-orang saleh, yang telah dimakamkan disini dan dipersatukan dalam lingkungan jiwa-jiwa yang berbahagia untuk selama-lamanya. Puaskan mereka dengan kenikmatan kekal yang berlimpah dan kebahagiaan; gembirakan mereka dalam taman Eden dengan kemuliaanMu; biarlah mereka memandang keagunganMu, di antara orang-orang kudus dan murni, yang bersinar seperti surga tanpa awan.

Biarlah mereka tinggal dengan tenang dalam ketentraman dan kedamaian, agar mereka bersinar dalam cahaya abadi. Angkatlah tanduknya dengan hormat bersama jiwa-jiwa yang saleh, yang duduk di tangga tahtaMu. Tuntunlah mreka ke tengah-tengah di antara mereka yang berdiri dihadapanMu. Kami berdoa dalam namaMu, kami imani dan bersandar dengan janji-jani yang telah Engkau ucapkan kepada kami. Amin.”

3. Doa Katolik Pendek untuk Orang Meninggal

"Di tanganmu, ya Tuhan, kami dengan rendah hati mempercayakan saudara-saudara kami. Dalam kehidupan ini Anda memeluk mereka dengan cinta lembut Anda; bebaskan mereka sekarang dari setiap kejahatan dan menawari mereka istirahat abadi.

Orde telah berlalu, sambut mereka ke surga, di mana tidak akan ada kesedihan, tidak ada tangisan, tidak ada rasa sakit, tapi penuh kedamaian dan sukacita dengan Putramu dan Roh Kudus selama-lamanya. Amin.

Kemudian tutup dengan membacakan doa untuk keluarga dan pelayat, yang telah membantu serta memberi kenyamanan dalam berdoa.

"Semoga kasih Tuhan dan damai sejahtera Tuhan Yesus Kristus memberkati dan menghibur kami, dan dengan lembut usap setiap air mata dari mata kita: atas nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus. Amin."

4 dari 4 halaman

4. Doa Pribadi

"Ya Tuhan Yang Maha Penyayang,

Di hadapan-Mu aku membawa hatiku yang penuh duka cita atas kepergian [nama orang yang meninggal]. Aku memohon kepada-Mu, ya Tuhan, untuk memberikan rahmat-Mu kepada rohnya yang telah meninggalkan dunia ini. Ya Tuhan, ampunilah segala dosa-dosanya, yang mungkin belum sempat dia akui dan tobatkan. Biarkan kasih-Mu yang tak terhingga mencurahkan pengampunan bagi dirinya.

Ya Tuhan, dalam kebaikan-Mu yang tak terbatas, berikanlah dia tempat istirahat yang damai di hadapan-Mu. Biarkan dia merasakan kebahagiaan abadi dan sukacita tanpa akhir dalam hadirat-Mu. Ya Tuhan, dalam kasih-Mu yang tak terbatas, tolonglah juga mereka yang ditinggalkan merasakan penghiburan dan ketenangan di dalam duka yang mereka alami. Berikanlah mereka kekuatan untuk melalui masa berduka ini dan diberkati dengan penghiburan-Mu yang tak terhingga.

Ya Tuhan, dalam kedamaian-Mu yang sempurna, biarkanlah [nama orang yang meninggal] merasakan kesejahteraan dan kebebasan dari segala beban yang ia bawa dalam hidupnya. Engkau yang mengetahui hatinya yang paling dalam, tahu betapa ia mengasihi dan mencintai orang-orang yang ditinggalkannya. Semoga kasih dan kenangan mereka menyertai dia dalam perjalanan menuju rumah-Mu yang kekal.

Aku menyerahkan segala doaku kepada-Mu, ya Tuhan, dengan penuh harapan dan kepercayaan bahwa Engkau mendengarkan dan mengabulkan setiap doa yang keluar dari hati yang ikhlas. Semoga Engkau memberkati [nama orang yang meninggal] dengan kasih-Mu yang tak terbatas dan memberikan penghiburan kepada mereka yang berduka. Amin.

Ya Tuhan, dalam kasih-Mu yang tak terhingga, terimalah roh [nama orang yang meninggal] dalam kemurahan-Mu yang abadi. Aku berdoa ini dengan penuh keyakinan, melalui Kristus, Tuhan kami. Amin."

5. Doa Katolik untuk Orang Meninggal yang Istimewa

"O Yesus yang maha pengasih,

Pecinta jiwa,

aku mohon kepada-Mu,

oleh penderitaan Hati-Mu yang Mahakudus,

dan oleh kesedihan Bundamu yang Tak Bernoda,

cuci bersih dalam Darah-Mu pendosa seluruh dunia

yang akan mati hari ini.

Terutama jiwa yang saya adopsi secara spiritual

dengan maksud untuk mempercayakan dia kepada-Mu

Perawatan gembala:

Saya mohon kepada-Mu rahmat untuk memindahkan orang berdosa ini,

yang berada dalam bahaya masuk Neraka, untuk bertobat.

Saya meminta ini karena kepercayaan saya pada belas kasihan-Mu yang besar.

Jika itu harus menyenangkan Yang Mulia untuk mengirimi saya penderitaan

Hari inisebagai imbalan atas rahmat yang kuminta untuk jiwa ini,

maka, itu juga akan sangat menyenangkan saya,

dan aku berterima kasih kepada-Mu,

Yesus Yang Maha Manis,

Gembala dan Pencinta Jiwa;

Saya berterima kasih kepada-Mu atas kesempatan ini untuk memberikan belas kasihan

sebagai ucapan syukur atas segala rahmat

Engkau telah menunjukkan kepadaku. Amin."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.