Sukses

Sikap yang Tepat Jika Orangtua Sedang Sakit Yaitu Berperan Aktif dalam Perawatan

Sikap yang tepat jika orangtua sedang sakit yaitu ikut berperan aktif dalam perawatan.

Liputan6.com, Jakarta Sikap yang tepat jika orangtua sedang sakit yaitu menunjukkan empati, perhatian, keterlibatan aktif, dan komunikasi yang baik. Sikap ini mencerminkan rasa sayang, perhatian, dan kepedulian kita terhadap orangtua yang sedang mengalami masalah kesehatan.

Sikap yang tepat jika orangtua sedang sakit yaitu perlu memahami dan merasakan, apa yang dirasakan oleh orangtua kita yang sakit. Sebagai seorang anak, Anda juga harus mencoba melihat dunia melalui perspektif mereka, dan menunjukkan simpati yang tulus

Tak hanya itu, sikap yang tepat jika orangtua sedang sakit yaitu tunjukan perhatian, baik itu mendengarkan keluhannya, memperhatikan kebutuhan mereka, mengunjungi mereka secara teratur, dan memberikan dukungan emosional yang konsisten.

Dengan sikap yang tepat, maka kita dapat membantu memberikan dukungan yang diperlukan, dan memperkuat hubungan kita dengan orangtua dalam masa sulit ini. Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, tentang sikap yang perlu diambil ketika orang tua sakit, Senin (10/7/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tunjukkan empati yang mendalam

  1. Dengarkan dengan seksama, ketika orang tua Anda berbicara tentang perasaan mereka.
  2. Berikan perhatian penuh dan hindari gangguan selama percakapan.
  3. Coba memahami pengalaman mereka dengan meletakkan diri Anda di posisi mereka.
  4. Rasakan apa yang mereka rasakan, dan pikirkan bagaimana Anda dapat memberikan dukungan yang terbaik.
  5. Berbicaralah dengan lembut dan dengan sikap yang empatik.
  6. Hindari menyampaikan pendapat atau nasihat yang tidak diminta, dan fokuslah pada memberikan dukungan emosional.

2. Hadir secara fisik dan emosional

  1. Jaga kehadiran Anda secara fisik dengan mengunjungi orangtua Anda secara teratur. Jika jarak atau keterbatasan lainnya menghalangi Anda untuk mengunjungi secara langsung, gunakan teknologi seperti telepon atau video call untuk tetap terhubung.
  2. Sediakan waktu khusus untuk menghabiskan waktu bersama orang tua Anda. Ini bisa berupa melakukan aktivitas yang mereka sukai, atau sekadar berbicara dan mendengarkan cerita mereka.
  3. Luangkan waktu untuk berbicara dengan mereka tentang perasaan mereka, kekhawatiran, dan harapan mereka.
  4. Jika mereka ingin berbagi pengalaman mereka, dengarkan dengan penuh perhatian dan tanpa menghakimi.

3. Berperan aktif dalam perawatan

  1. Sikap yang tepat jika orangtua sedang sakit yaitu, tawarkan bantuan dalam tugas sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, atau mencuci pakaian.
  2. Ikuti instruksi perawatan yang diberikan oleh tenaga medis, serta pastikan Anda memahami dengan baik cara memberikan perawatan yang tepat, baik itu memberikan obat atau merawat luka.
  3. Jika orangtua Anda memerlukan perawatan medis yang intensif, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari tenaga medis profesional atau perawat rumah jika diperlukan.

4. Jaga komunikasi yang terbuka dan jelas

  1. Berbicaralah secara terbuka tentang kondisi kesehatan orangtua Anda, pengobatan yang sedang mereka jalani, dan proses penyembuhan yang diharapkan.
  2. Bicarakan tentang apa yang dapat mereka harapkan, dan apa yang mereka butuhkan dari Anda sebagai anak.
  3. Bertanya pada mereka tentang bagaimana mereka merasa secara fisik dan emosional.
  4. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin mendengar kabar terbaru, tentang kondisi mereka dan bahwa Anda siap mendukung mereka dengan cara yang mereka inginkan.
  5. Jika terdapat kesalahpahaman atau kekhawatiran tentang perawatan atau prognosis, cari informasi lebih lanjut dari sumber medis yang terpercaya atau minta bantuan dari dokter atau tenaga medis yang merawat orangtua Anda.
3 dari 4 halaman

Doa untuk Kedua Orang Tua

1. Mendoakan Orang Tua yang Sedang Sakit

Pasti seorang anak akan sedih jika melihat orang tuanya sedang sakit. Meskipun sakit ringan namun tetap saja sebagai anak harus bisa merawatnya dengan baik. Menyiapkan segala apapun yang dibutuhkan seperti makan, minum obat, mengantar berobat, dan menemani selama istirahat.

Dan juga, anak juga harus mendoakannya agar cepat sembuh karena kesembuhan diberikan oleh Allah SWT. Dalam bahasa arab ada doa untuk kedua orang tua yang sedang sakit, yaitu:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.”

Artinya:

“Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan.Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

2. Mendoakan Orang Tua yang Sedang Sakit Berat

Saat orang tua sakit ringan saja anak sudah akan merasa sangat sedih. Terlebih jika sakit yang dideritanya cukup berat. Merawat dan mendoakan orang tua agar segera sembuh dan penyakitnya diangkat oleh Allah SWT adalah kewajiban untuk setiap anak.

Hal tersebut dikarenakan sakit yang diderita orang tua adalah atas izin Allah dan jika sembuh juga semata-mata karena izin dari Allah. Berdoa merupakan langkah yang tepat untuk berinteraksi dengan Allah agar orang tua cepat sembuh.

Ada doa khusus yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT pada saat orang tua sedang sakit berat, yaitu:

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli”

Artinya:

“Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

3. Doa Orang Tua yang Sudah Meninggal

Mendoakan orang tua yang telah meninggal adalah cara berbakti, dan membahagiakan orang tua. Hal tersebut dikarenakan orang tua sudah tidak ada di dunia, dan dengan mendoakannya akan memberikan kebahagiaan yang besar. Baik salah satu orang atau keduanya jika sudah tiada, maka sebagai anak sholeh dan shalihah harus bisa mendoakan orang tua dengan baik.

Menjadi anak sholeh dan shalihah akan memberikan pahala yang tidak pernah terputus kepada orang tua. Berikut adalah doa untuk kedua orang tua yang bisa dipanjatkan dengan baik jika orang tua sudah meninggal, yaitu:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk. Dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”  

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Orangtua

Pahami kebutuhan orang tua

Jika ingin merawat orang tua yang sudah lanjut usia, kita harus lebih dulu memahami kebutuhan dan bantuan apa saja yang dibutuhkan orang tua kita dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang tua memiliki kebutuhan yang berbeda bergantung pada kondisinya masing-masing. Oleh karena itu, dengan membuat catatan khusus, akan membantu Anda dalam mengumpulkan informasi dan mengingat apa saja yang dibutuhkan orang tua.

Perbanyak informasi tentang perawatan untuk lansia

Selain mengetahui sikap yang tepat ketika orang tua sakit, Anda juga perlu memahami bagaimana cara merawat orang tua, dengan menghimpun berbagai informasi tentang perawatan lansia. Dibutuhkan sekarang maupun tidak, mencari informasi tentang spesialis geriatri penting untuk dilakukan. Anda dapat mencari informasi tentang rumah sakit terdekat, jadwal dokter, hingga estimasi biaya pengobatan yang akan dibutuhkan. Selain informasi tentang dokter geriatri, informasi lain yang tidak kalah penting adalah tentang pengasuh lansia. 

Pastikan akses komunikasi mudah

Rasa kesepian dan merasa terisolasi dapat memberikan efek negatif, pada kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, pastikan orang tua Anda dapat berkomunikasi dengan keluarga maupun teman dengan mudah, sehingga tidak merasakan hal tersebut. Kemudahan komunikasi ini juga penting diperhatikan bagi Anda, yang tidak tinggal bersama orang tua atau tinggal bersama namun tidak dapat terus berada di rumah. Dengan komunikasi yang mudah diakses, orang tua Anda dapat dengan mudah meminta bantuan ketika dibutuhkan.

 

Perhatikan asupan nutrisi orang tua

Kebutuhan nutrisi seseorang berubah-ubah seiring bertambahnya usia. Berbagai masalah kesehatan juga dapat membuat sebagian orang tua mendapatkan perhatian khusus dalam hal makanan. Pastikan Anda memperhatikan asupan nutrisi orang tua dengan baik, sesuai dengan kebutuhannya. Asupan nutrisi yang baik tentunya akan mendukung kesehatan dan kebugaran orang tua, agar dapat beraktivitas dengan normal setiap harinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.