Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum? Ketahui Faktor Keberhasilannya

Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum? Perlindungan dan penegakan hukum diperlukan untuk menjamin adanya keamanan dan ketertiban dalam sebuah negara.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum? Perlindungan dan penegakan hukum diperlukan untuk menjamin adanya keamanan dan ketertiban dalam sebuah negara. Hal ini merujuk pada fungsi hukum itu sendiri. Hukum memiliki fungsi untuk melindungi segala kepentingan manusia. Dengan begitu, seseorang dapat memperoleh perlindungan dalam mencapai kepentingannya. Di sisi lain ia harus terlebih dahulu melindungi kepentingan orang lain.

Banyak orang yang belum sepenuhnya mengerti apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum. Padahal hal itu menjadi salah satu tonggak terciptanya ketertiban dan keamanan pada suatu negara. Perlindungan dan penegakan hukum tidak hanya diterapkan pada tingkat negara saja. Pada tingkat terendah seperti keluarga, perlindungan dan penegakan hukum menjadi hal yang sangat penting. Keberhasilan terwujudnya perlindungan dan penegakan hukum dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut informasi mengenai apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum hingga faktor keberhasilannya. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (12/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum?

Apa yang dimaksud dnegan perlindungan dan penegakan hukum? Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK, Andi Hamzah menyebutkan perlindungan hukum sebagai segala upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang hingga lembaga pemerintah dan swasta dalam sebuah negara. Tujuannya untuk mengusahakan adanya pengamanan, penguasaan, dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada. Setiap orang berhak mendapatkan perlindungan dari hukum.

Suatu perlindungan dikatakan sebagai perlindungan hukum apabila di dalamnya mengandung unsur-unsur seperti:

  • Adanya perlindungan dari pemerintah kepada warga negaranya.
  • Jaminan kepastian hukum.
  • Berkaitan dengan hak-hak warga negara.
  • Terapat sanksi hukuman bagi pihak yang melanggarnya.

Hukum akan berjalan sebagaimana fungsinya untuk melindungi segala kepentingan manusia apabila ditegakkan dengan cara yang benar. Perlindungan hukum akan terwujud dengan proses penegakan hukum di dalamnya. Penegakan hukum dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan hukum sebagai pedoman setiap warga negara dalam berperilaku. Ketentuan-ketentuan hukum dalam berbagai bidang dapat dilaksanakan dengan adanya penegakan hukum.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Perlindungan dan Penegakan Hukum

Indonesia merupakan negara hukum yang wajib untuk melaksanakan perlindungan dan penegakan hukum. Setiap warga negara mendapatkan jaminan perlindungan dan penegakan hukum secara mutlak. Dalam hal ini negara wajib melindungi warga negaranya dari berbagai bentuk penyimpangan dari hukum.

Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum? Perlindungan dan penegakan hukum memiliki fungsi yang sangat penting. Keduanya memiliki andil besar dalam terwujudnya hal-hal sebagai berikut.

1. Tegaknya supremasi hukum, supremasi hukum berarti bahwa perilaku manusia dalam berbagai bidang kehidupan secara mutlak diatur oleh hukum. Dengan adanya perlindungan dan penegakan hukum segala peraturan-peraturan yang berlandaskan hukum dapat ditegakkan.

2. Tegaknya keadilan, hukum memiliki tujuan untuk mewujudkan keadilan bagi setiap warga negara. Keadilan terwujud apabila setiap warga negara dapat menikmati hak dan menjalankan kewajibannya dengan benar.

3. Terwujudnya perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat, perdamaian akan tercipta jika setiap warga negara mendapatkan perlindungan dalam segala bidang kehidupan. Perlindungan ini terwujud sejalan dengan ditegakannya aturan-aturan yang berlaku.

4 dari 4 halaman

Faktor Keberhasilan Terwujudnya Perlindungan dan Penegakan Hukum

Setiap warga negara mengharapkan perlindungan dan penegakan hukum dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dengan begitu mereka akan merasakan kenyamanan, keamanan, dan ketertiban dalam berbagai bidang kehidupan. Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum? Menurut Soerjono Soekanto, keberhasilan terwujudnya perlindungan dan penegakan hukum dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalamnya. Berikut faktor-faktor keberhasilan dalam perlindungan dan penegakan hukum.

1. Hukumnya, peraturan atau undang-undang yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan ideologi negara. Selain itu, proses dibuatnya undang-undang harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di sisi lain, pembuatan undang-undang juga harus melihat kebutuhan dan kondisi masyarakat.

2. Penegak hukum, pihak-pihak yang secara langsung terlibat dengan penegagakan hukum harus menjalankan tugasnya sesuai dengan perannya masing-masing. Keadilan dan profesionalisme harus diutamakan saat menjalankan tugas tersebut.

3. Masyarakat, hukum yang berlaku di suatu tempat haruslah diketahui dan dipahami oleh masyarakat yang ada di tempat tersebut. mereka juga harus senantiasa menaati hukum yang berlaku dengan penuh kesadaran bahwa hukum memiliki peran yang penting.

4. Fasilitas atau sarana, hal ini mencakup peralatan yang memadai, tenanga manusia yang terdidik hingga termapil, organisasi yang baiik, keuangan yang cukup, dan hal lainnya. Sebuah keharusan yang harus dipenuhi untuk mewujudkan perlindungan dan penegakan hukum.

5. Kebudayaan, mencakup nilai-nilai sebagai dasar dari berlakunya hukum tersebut. Berbagai konsep yang mendasari apa yang dianggap baik itulah yang dianut dan apa yang dianggap buruk harus dihindari.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.