Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Gerak Manipulatif? Pahami Juga Jenis-jenisnya

Gerak manipulatif adalah suatu gerakan memanipulasi objek sambil bergerak.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif? Gerak manipulatif merupakan salah satu jenis gerakan yang bisa ditemukan dalam olahraga. Pada masa perkembangan seorang anak, gerak manipulatif menjadi keterampilan gerak kompleks yang akan mereka lewati. Keterampilan gerak manipulatif dipelajari secara bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor. Dalam hal ini gerak manipulatif memegang peran yang penting.

Gerak manipulatif adalah suatu gerakan memanipulasi objek sambil bergerak. Beberapa gerak manipulatif di antaranya adalah  melempar, menangkap, menendang, dan menyerang. Seiring dengan bertambahnya usia anak, gerak manipulatif akan lebih cepat berkembang dengan melakukan berbagai latihan. Gerak manipulatif memiliki fungsi yang penting bagi seorang anak khususnya dalam keterampilan fisik.

Berikut informasi mengenai apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif, fungsi, jenis, hingga contohnya. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Gerak Manipulatif?

Menurut Nanda (2015) gerak manipulatif adalah sebuah keterampilan motorik dengan melibatkan penguasaan terhadap objek-objek di luar tubuh atau bagian tubuh. Dalam buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kwlas VII, gerak manipulatif adalah gerakan dengan menggunakan alat atau benda tertentu. Contoh alat yang biasa digunakan dalam gerak manipulatif adalah bola. Bola dapat digunakan untuk gerak manipulatif seperti melempar, menangkap, dan menendang.

Apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif? Gerak manipulatif termasuk dalam salah satu keterampilan dasar bersama gerak lokomotor dan nonlokomotor. Penguasaan terhadap bagian tubuh sangat dilatih dalam gerakan ini. Biasanya gerakan ini lebih banyak menggunakan tangan dan kaki. Seorang anak akan mampu memanipulasi benda di luarnya sedemikian rupa sehingga membentuk keterampilan. Keterampilan anak juga akan turut berkembang dengan rangkaian latihan dari gerak manipulatif.

3 dari 5 halaman

Jenis Gerak Manipulatif

Pertanyaan mengenai apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif sudah dapat dijawab dengan mudah. Gerakan yang membutuhkan alat bantu ini memiliki berbagai jenis gerakan di dalamnya. Berikut jenis-jenis dalam gerak manipulatif.

1. Melempar, keterampilan manipulatif yang kompleks dengan melibatkan satu atau dua tangan. Tangan tersebut digunakan untuk melontarkan suatu alat atau benda menjauhi tubuh ke tempat tertentu.

2. Menangkap, gerakan dengan melibatkan penghentian sutu benda atau alat. Di sisi lain kontrol terhadap objek juga ditambahkan dengan melibatkan satu atau dua tangan.

3. Memukul, suatu gerakan dengan mengenakan anggota tubuh (tangan) dengan kekuatan pada benda yang keras.

4. Menendang, suatu keterampilan gerak memukul suatu benda dengan menggunakan kaki.

5. Menggiring, keterampilan yang berkaitan dengan menggerakan suatu benda (bola) dengan adanya kontrol dan penguasaan secara terus menerus. Terdapat dua jenis menggiring, yaitu menggiring dengan kaki dan menggiring dengan tangan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Gerak Manipulatif

Apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif? Dalam gerak manipulatif keterlibatan koordinasi mata-tangan dan koordinasi mata-kaki menjadi gerakan dasarnya. Keduanya akan sangat diperlukan dalam olahraga spesialisasi seperti badminton, sepak bola, dan bola basket. Gerak manipulatif memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.

  • Meningkatkan kesadaran untuk terus bergerak
  • Memperbaiki postur tubuh agar lebih ideal
  • Tubuh akan semakin sehat
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Meningkatkan keterampilan dalam mengatur strategi
  • Meningkatkan kemampuan efisiensi dalam bergerak

Manfaat gerak manipulatif dapat diperoleh dengan melakukan berbagai rangkaian latihan. Tidak hanya dilakukan sekali dua kali saja, gerakan ini sebaiknya dilakukan secara rutin dengan jangka waktu yang panjang. Dengan begitu berbagai manfaat baik yang telah disebutkan dapat dirasakan khusunya bagi perkembangan seorang anak.

5 dari 5 halaman

Olahraga dengan Gerak Manipulatif

Gerak manipulatif menjadi keterampilan dasar bagi seseorang yang ingin memiliki spesialisasi dalam cabang olahraga. Rangkaian gerak manipulatif akan membuat seseorang semakin mahir dalam melakukan olahraga tersebut. Olahraga dengan melibatkan koordinasi mata-tangan dan koordinasi mata-kaki sangat bergantung pada latihan gerak manipulatif. Penguasaan gerak manipulatif yang baik akan membuat seseorang mahir dalam melakukan olahraga tersebut. Berikut beberapa olahraga yang memerlukan keterampilan gerak manipulatif.

1. Badminton, memerlukan gerak manipulatif untuk memegang raket, mengayunkan raket, dan memukul shuttlecock.

2. Sepak bola, gerak manipulatif diperlukan untuk menendang, menggiring, dan menangkap bola.

3. Bola basket, memerlukan gerak manipulatif untuk menggiring, mengoper, melempar, dan menangkap bola.

4. Bola voli, gerak manipulatif diperlukan untuk melempar, memukul, dan mengoper bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.