Sukses

12 Cara Hilangkan Nikotin di Dalam Tubuh dengan Alami

Ada beberapa cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang mudah dilakukan dan efektif.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bahan kimia yang membuat kecanduan dan berbahaya di dalam rokok salah satunya nikotin. Memang, ketika Anda berhenti merokok, nikotin bisa hilang dari dalam tubuh meski jangka waktunya berbeda-beda.

Melansir Klikdokter, menurut American Heart Association nikotin dapat menyebabkan kecanduan yang bahkan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Dampak kecanduan tersebut yang bisa menghambat usaha Anda dalam berhenti merokok.

Kendati demikian, cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang mungkin masih tersisa memang perlu langkah khusus. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab tidak dibutuhkan langkah medis tertentu. Cara hilangkan nikotin di dalam tubuh dapat dilakukan dengan alami.

Lalu bagaimana cara hilangkan nikotin di dalam tubuh tersebut? Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang alami dan bisa dipraktikkan dengan mudah, Kamis (26/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Hilangkan Nikotin

1. Cukupi kebutuhan air mineral

Cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang paling mudah dilakukan sebenarnya dengan konsumsi air mineral cukup sesuai kebutuhan minimal harian. Wajarnya, seseorang harus minum setidaknya 1,8–2 liter air per hari, dan nikotin bisa lebih cepat hilang apabila konsumsi ditingkatkan menjadi 2,3 liter air selama beberapa hari.

 

2. Konsumsi sayuran hijau

Melansir dari Klikdokter, proses detoksifikasi nikotin terjadi di hati. Itulah mengapa, sangat penting untuk memastikan organ hati dapat berfungsi dengan baik. Mencukupi konsumsi sayuran hijau seperti bayam, pakcoy, serta kale bisa memberi dampak yang sangat baik bagi kondisi hati dan memperlancar proses detoksifikasi.

3 dari 7 halaman

Cara Hilangkan Nikotin

3. Rajin olahraga

Olahraga teratur, bisa menjadi cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang sangat efektif. Dengan olahraga, juga baik dalam menjaga kesehatan paru-paru dan optimalkan fungsi paru-paru perokok. Selain itu, Anda bisa juga melakukan latihan pernapasan agar fungsi paru-paru semakin kuat. Durasi olahraga cukup dilakukan 30 menit dalam tiap sesi dengan frekuensi cukup 5 kali per minggu.

 

4. Konsumsi makanan mengandung selenium

Selenium merupakan zat yang bisa merangsang peningkatan enzim serta vitamin E untuk menjaga kesehatan paru-paru agar bekerja lebih optimal. Selenium biasanya terkandung dalam ayam, keju, telur, ikan salmon, oat, serta jamur. Dengan konsumsi makanan tersebut, maka bisa menjadi cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang efektif.

4 dari 7 halaman

Cara Hilangkan Nikotin

5. Konsumsi wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A, K, C dan B. Seluruh vitamin tersebut sangat efisien untuk menghilangkan nikotin dari tubuh. Selain itu, wortel juga baik dalam menjaga kesehatan paru-paru, melindungi sistem pernapasan dari infeksi, serta berguna untuk mengurangi risiko emfisema. Melansir Klikdokter, dalam sebuah studi mengungkapkan, kadar gamma-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein xanthophylls pada wortel dapat mengurangi tingkat kanker paru-paru.

 

6. Jahe

Jahe dikenal dengan manfaat berupa sifat anti-peradangan yang bisa membantu mengeluarkan racun dari saluran pernapasan. Selain itu, konsumsi ekstrak jahe juga terbukti bisa melawan sel kanker paru-paru.

Di dalam jahe juga terkandung beragam vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh, seperti kalium, magnesium, beta-karoten dan seng. Adanya kandungan ini mampu melawan zat-zat berbahaya yang tidak dibutuhkan tubuh, termasuk nikotin.

5 dari 7 halaman

Cara Hilangkan Nikotin

7. Kunyit

Cara hilangkan nikotin di dalam tubuh selajutnya bisa dengan kunyit. Kunyit memiliki sifat anti-peradangan yang mirip dengan jahe. Kunyit juga sangat kaya akan mangan, zat besi, kalium serta vitamin C. Kandungan mikronutrien tersebut dapat melawan zat-zat yang bisa berbahaya bagi tubuh.

 

8. Paprika

Selain jahe dan kunyit, paprika juga punya tingkat vitamin C, B2 dan B6 yang tinggi. Zat tersebut sangat penting dalam cara hilangkan nikotin di dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

Cara Hilangkan Nikotin

9. Bawang putih

Di dalam bawang putih terkandung zat alisin yang memiliki fungsi sebagai antibiotik. Dengan konsumsi bawang putih, maka paru-paru juga bisa terhindar dari berbagai infeksi. Melansir Klikdokter, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jiangsu Provincial Centre di Tiongkok yang menyatakan bahwa bawang putih efektif untuk membersihkan paru-paru.

 

10. Kol

Kol merupakan salah satu sumber zat isothiocyanates dan antioksidan terbaik yang berfungsi untuk menghancurkan racun dari dalam tubuh. Maka tidak heran dengan konsumsi kol juga menjadi cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang efektif dan tidak ada salahnya dicoba.

7 dari 7 halaman

Cara Hilangkan Nikotin

11. Konsumsi teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang nikmat dan layak dicoba. Teh hijau dikenal akan kandungan antioksidan yang besar. Apabila perokok yang cukup aktif, coba untuk konsumsi secangkir teh hijau setiap malam. Sebab teh ini bisa membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh seperti nikotin.

 

12. Konsumsi buah-buahan

Cara hilangkan nikotin di dalam tubuh yang terakhir yaitu dengan konsumsi beragam jenis buah-buahan. Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan, seperti kiwi, jeruk serta apel, bisa membantu untuk membersihkan tubuh dari nikotin.

Di dalam jeruk terkandung cyrptoxanthin, di mana bisa bantu pencegahan kanker paru-paru. Buah yang kaya vitamin C juga terkandung antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.