Sukses

30 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer, Jangan Dilewatkan

Tempat wisata di Surabaya ini meliputi wisata edukasi, kuliner, alam, sejarah, sampai religi.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak tempat wisata di Surabaya yang populer. Mulai dari wisata edukasi, kuliner, alam, sejarah, sampai religi. Kota metropolitan kedua setelah Jakarta ini, wajib banget dikunjungi dan dieksplore saking menakjubkannya.

Memiliki julukan kota Pahlawan, sudah pasti tempat wisata di Surabaya yang populer identik dengan monumen-monumen bersejarah yang akan mengingatkanmu pada masa penjajahan.

Bukan cuma itu loh. Tempat wisata di Surabaya yang populer dan alam banget ternyata tak kalah mempesona. Surabaya pun punya destinasi wisata hutan, pantai, dan taman-taman yang asyik untuk sekadar melepas penat.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata di Surabaya yang populer dari berbagai sumber, Rabu (24/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Dipo Lokomotif Sidotopo

Area tempat penyimpanan gerbong kereta api yang sudah tidak terpakai ternyata bisa menjadi wisata Surabaya yang terkenal loh. Dipo Lokomotif Sidotopo adalah contohnya. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata di Surabaya yang populer ini, kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada petugasnya.

Carnival Park Surabaya

Carnival Park merupakan tempat wisata di Surabaya yang populer. Ini adalah salah satu tempat wisata di Surabaya untuk keluarga yang mengusung tema karnaval, dilengkapi beragam wahana permainan yang pastinya menyebangkan untuk si kecil. Pasar malam ini juga menyediakan banyak stand makanan bagi Anda yang suka mencicipi aneka kuliner.

Carnival Park Surabaya dapat menjadi alternatif tujuan wisata bagi Anda yang telah seharian berkunjung ke obyek wisata sejarah. Carnival Park ini mulai dibuka pada pukul 16.00-23.00 WIB. Carnival Park Surabaya bertempat di Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya.

Surabaya North Quay

Siapa sangka bahwa tempat bersandarnya kapal pesiar internasional bisa dijadikan tempat wisata di Surabaya yang populer? Hal inilah yang disajikan oleh Surabaya North Quay. Terletak di lantai 2 dan lantai 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya North Quay juga menyajikan hiburan live musik, wisata kuliner, hingga tempat berkumpulnya komunitas industri kreatif.

Perahu di Kalimas

Menyusuri Kalimas menggunakan perahu bisa dilakukan di sini. Perahunya dikenal dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Pengunjung bisa mengisi perahu kapasitas 12 penumpang saja.

Tarif yang dikenakan hanya Rp 4000 saja per orang. Tempat wisata di Surabaya yang populer ini menyediakan kursi perahu yang empuk dan nyaman bagi penumpang. Sangat cocok untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga dan pasangan.

Masjid Laksamana Ceng Ho

Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa namun terdapat lafaz Allah dengan huruf Arab.

Masjid ini termasuk tempat wisata di Surabaya yang populer. Dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Kampung Wisata Jambangan

Kampung wisata Jambang dikenal sebagai kampung yang hijau, rapi, dan bersih. Pengunjung bisa belajar cara membuat pupuk kompos dengan sampah organik dan non-organik di tempat wisata di Surabaya yang populer ini. Pengelolaan limbah air juga menjadi kegiatan menarik di tempat wisata di Surabaya yang populer ini. Limbah ini berasal dari air mandi dan cucian warga sekitar Jambang. Air ini kemudian dimurnikan kembali melalui proses penyaringan. 

Jalan Gula

Nama Jalan Gula di Surabaya saat ini sedang naik daun. Padahal Jalan Gula adalah sebuah gang sempit yang terletak di antara bangunan tua. Meski terlihat lapuk, tempat wisata di Surabaya yang populer ini sukses merebut hati mereka yang menyukai nuansa vintage sehingga mereka bisa berfoto dengan background dinding bangunan lapuk.

Kebun Bibit Wonorejo 

Kebun bibit ini cukup dekat dengan hutan mangrove Wonorejo. Dipenuh dengan pepohonan hijau, membuat tempat wisata di Surabaya yang populer ini terasa menyejukkan. Kebun ini memiliki luas sekitar 5.9 hektar. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini.

Uniknya lagi, pengunjung bisa berswa foto dengan hewan yang ada di tempat wisata di Surabaya yang populer ini. Termasuk jogging di area taman, bermain wall climbing, dan senam. Sudah tersedia toilet umum, water tap yang siap minum, berbagai pilihan jajanan, dan pusatnya bibit tanaman. Jam operasional Kebun Bibit Surabaya, yakni pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.

Mangrove Gunung Anyar 

Hutan mangrove Wonorejo bukan satu-satunya di Surabaya. Masih ada Mangrove Gunung Anyar sebagai tempat wisata di Surabaya yang populer. Mangrove ini menyediakan fasilitas sama dengan mangrove Wonojero.

Tersedia pula jembatan kayu yang menembus hutan bakau. Perahu nelayan juga disewakan di tempat wisata di Surabaya yang populer ini. Pengunjung dikenakan biaya Rp 50.000 untuk bisa menyusuri hutan dengan perahu.

Bukit Larangan Panceng

Bukit Larang tidak berada di pusat kota Surabaya. Bukit ini sangat direkomendasikan bagi para pencinta wisata alam. Jarak tempuh ke lokasi sekitar 1 jam 20 menit dari pusat kota. Tempat wisata di Surabaya yang populer ini akan memanjakan mata dengan garis pantai yang memanjang. Terdapat pula pepohonan hijau yang rindang sebagai pembatasnya.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Kampung Warna-Warni Bulak

Kampung Bulak yang terletak di Kenjeran dulunya adalah kawasan kumuh dan kini menjadi tempat wisata di Surabaya yang populer. Kali ini kamu bisa melakukan wisata Surabaya di kawasan ini karena seluruh bagian luar rumah di Kampung Bulak telah dicat warna-warni. Selain berfoto, di sini kamu juga bisa berbelanja di Sentra ikan Bulak sehingga kamu akan membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Tugu Pahlawan

Tempat wisata di Surabaya yang populer dan wajib kamu kunjungi adalah Tugu Pahlawan. Monumen yang dibangun di pusat kota Surabaya ini ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur. Di bawah taman Tugu Pahlawan ini terdapat museum yang berisi foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Mangrove Wonorejo Rungkut  

Mangrove Wonorejo termasuk hutan bakau lebat dengan banyak satwa. Kini, jalanan setapak kayu dibangun melintasi lebatnya hutan bakau ini. Di tempat wisata di Surabaya yang populer ini terdapat pula papan informasi. Papan yang menjelaskan burung dan satwa yang hidup di sana. Hutan mangrove ini cukup sejuk meskipun juga terik di siang hari.

Uniknya lagi, di tempat wisata di Surabaya yang populer ini pengunjung bisa mengelilingi hutan ini dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp 25.000 dan anak-anak Rp 15.000. Terdapat pula speed boat yang boleh disewa untuk berkeliling di tempat wisata di Surabaya yang populer. Harga sewanya Rp 300.000 saja untuk enam penumpang. 

Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran dikenal sebagai satu-satunya pantai di Surabaya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan pantai, berkuda, dan menonton barongsai. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk ke tempat wisata di Surabaya yang populer ini. Akan ada sunset megah nan indah di tengah Gerbang Samudra Klenteng. Jaraknya hanya 20 menit dari pusat kota Surabaya.

Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih 

Jika ingin melihat tanaman indah nan cantik, hutan bambu dan sakura bisa dijadikan pilihannya. Nuansa asri dan sejuk ada di tempat wisata di Surabaya yang populer ini. Meskipun dipenuhi bunga-bunga cantik, pengunjung tidak diperbolehkan memetik di tempat wisata di Surabaya yang populer. Jam operasional tempat wisata ini, yakni pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan tempat wisata di Surabaya yang populer. Monumen Jalesveva Jayamahe atau bisa disebut juga dengan istilah lokal Monjaya adalah patung perwira TNI AL yang mengenakan Baju Seremonial, lengkap dengan pedang kehormatannya, menatap jauh ke laut seolah siap menantang ombak dan badai lautan.

Hal ini merepresentasikan kesiapan TNI AL untuk kejayaan. Patung ini berdiri tegak di atas sebuah bangunan, dengan tinggi total bangunan dan patung tersebut mencapai 60,6 meter (sekitar 198 kaki dan 9 inci). Tugu di tempat wisata di Surabaya yang populer ini merepresentasikan optimisme generasi penerus bangsa terhadap pencapaian cita-cita bangsa Indonesia.

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu wajib banget dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Jembatan Suramadu yang juga dikenal sebagai Jembatan Surabaya-Madura, adalah jembatan kabel antara Surabaya di pulau Jawa dan kota Bangkalan di pulau Madura di Indonesia.

Tempat wisata di Surabaya yang populer ini awal dibuka pada bulan Juni 2009, jembatan sepanjang 5,4 km ini merupakan yang terpanjang di Indonesia dan jembatan pertama yang melintasi Selat Madura.

Bagian kabel-tinggal memiliki tiga bentang dengan panjang 192 meter (630 kaki), 434 meter (1.424 kaki), dan 192 meter (630 kaki). Tempat wisata di Surabaya yang populer ini memiliki dua jalur di setiap arah ditambah jalur darurat dan jalur khusus sepeda motor di setiap arah. 

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Museum ini secara resmi didirikan oleh Bank Indonesia dan dibuka pada 27 Januari 2012 setelah restorasi.

Tempat wisata di Surabaya yang populer ini menempati gedung yang dahulu bernama De Javasche Bank, bank sentral Hindia Belanda.

Setelah Kemerdekaan Indonesia gedung tersebut tetap berfungsi sebagai Bank Indonesia cabang di Surabaya hingga tahun 1973. Untuk berkunjung ke museum ini, tidak dikenakan biaya masuk.

G-Walk

G-Walk atau Gapura Walk merupakan kawasan kuliner di area Surabaya Barat yang sebenarnya merupakan kawasan perumahan. G-Walk merupakan tempat wisata di Surabaya yang populer sebagai pusat kuliner di daerah Surabaya Barat. Cocok banget terutama bagi kamu yang hobi melakukan wisata kuliner di malam hari.

House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum tembakau dan kantor pusat Sampoerna yang berlokasi di Surabaya. Gaya arsitektur tempat wisata di Surabaya yang populer ini dipengaruhi oleh kompleks bergaya kolonial Belanda dibangun pada tahun 1862, dan kini menjadi situs sejarah yang dilestarikan.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda, lalu dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, dengan tujuan untuk digunakan sebagai fasilitas produksi rokok besar pertama Sampoerna.

Tempat wisata di Surabaya yang populer ini terdiri dari auditorium pusat yang besar, dua bangunan kecil di sisi timur dan barat, serta banyak struktur ruang terbuka besar berlantai satu di belakang auditorium pusat. 

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya merupakan tempat wisata di Surabaya yang populer. Masjid Al-Akbar atau yang juga dikenal dengan Masjid Agung Surabaya adalah masjid nasional yang merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta dalam hal kapasitas maksimal.

Lokasi masjid berada di samping Jalan Raya Surabaya-Porong. Ciri khasnya adalah kubah vertikal besar, disertai dengan empat kubah biru kecil. Tempat wisata di Surabaya yang populer ini memiliki menara dengan ketinggian 99 meter, sebuah syair untuk 99 Nama Allah. Mesjid agung ini cocok bagi Anda yang menghendaki wisata religi.

Jembatan Merah

Jembatan Merah merupakan tempat wisata di Surabaya yang populer dan menjadi salah satu monumen sejarah di Surabaya. Pada masa kolonial, jembatan ini merupakan pengubung vital melewati Kalimas menuju Gedung Karesidenan Surabaya. Kawasan sekitar jembatan merah pun menjadi pusat pemerintahan, perkantoran serta perdagangan kala itu.

Tempat wisata di Surabaya yang populer ini juga menjadi saksi dari pertempuran 10 November 1945. Yaitu pertempuran antara rakyat Surabaya-Indonesia dengan Sekutu dan Belanda yang hampir menguasai lagi wilayah Surabaya. Kini kawasan Jembatan Merah tetap berdiri kokoh dan menjadi salah satu warisan bersejarah.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 atau disingkat Monkasel adalah monumen pada skala penuh (bukan replika) sebuah kapal selam. Kapal selam ini adalah salah satu dari Armada Divisi Timur. Tempat wisata di Surabaya yang populer ini merupakan sebuah monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia, yang dibangun di sisi sungai Kalimas, Surabaya.

Kapal selam KRI Pasopati 410 merupakan salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Kapal selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monkasel resmi dibuka pada 15 Juli 1998 dan telah beroperasi sebagai salah satu objek wisata di Surabaya. Monkasel buka dari Senin-Minggu pukul 08.00-21.00 wib.

Museum WR Soepratman

Pencipta lagu Indonesia Raya WR Soepratman pernah tinggal di sebuah rumah di Jalan Mangga 21, Tambaksari, Surabaya yang kini dijadikan museum. Museum WR Soepratman diresmikan pada 28 Oktober 2003 olah Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika.

Di tempat wisata di Surabaya yang populer ini pengunjung dapat melihat foto dan memorabilia berupa pakaian, alat musik biola, serta guntingan koran tentang WR Soepratman.

Lokasi museum WR Soepratmat ini juga berdekatan dengan makam beliau yang meninggal pada 17 Agustus 1938. Museum ini gratis untuk disambangi dan buka tiap Selasa sampai Minggu pukul 09.00-17.00.

Museum Surabaya

Museum Surabaya berloksi di Lantai Dasar Gedung Siola, sebuah gedung bersejarah di Surabaya. Dulunya, Gedung Siola bernama White Laidlaw yang merupakan perusahaan tekstil asal Inggris. Tempat wisata di Surabaya yang populer ini juga pernah menjadi tempat pertahanan melawan sekutu.

Museum Surabaya baru dibuka pada 3 Mei 2015 lalu dan memiliki kurang lebih 1.000 benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan Kota Surabaya.

Koleksi Museum Surabaya antara lain mulai dari arsip kependudukan sejak tahun 1837, baju Dinas Pemadam Kebakaran sejak zaman Belanda, juga alat transportasi seperti dua becak yang berwarna biru dan putih. Museum Surabaya buka pada Selasa sampai Minggu pukul 09.00 – 21.00 dan dapat dimasuki gratis oleh siapapun.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan tak melulu identik dengan Tunjungan Plaza. Sebab di sekitar sini terdapat beragam bangunan tua yang bisa kamu jadikan objek berfoto kala melakukan wisata di Surabaya. Asyiknya lagi, di tempat wisata di Surabaya yang populer ini terdapat lampu-lampu yang menggantung di sepanjang Jalan Tunjungan yang jika dinyalakan di malam hari akan menciptakan suasana romantis.

Taman Apsari

Kamu bisa berkunjung ke Taman Apsari yang terletak di Jalan Pemuda, tepatnya di seberang gedung Grahadi. Taman Apsari merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Taman Apsari sendiri selalu ramai dikunjungi para muda-mudi Surabaya dan komunitas kreatif yang ada di kota ini.

Food Festival Pakuwon City

Selain G-Walk, ada pula Food Festival Pakuwon City yang bisa kamu jadikan tujuan untuk wisata kuliner di malam hari kala berada di Surabaya. Sesuai namanya, Food Festival Pakuwon City terletak di area Pakuwon yang ada di Surabaya barat. Food Festival Pakuwon City merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer.

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah sebuah taman wisata air pertama di Surabaya yang disebut-sebut sebagai salah satu taman air terbesar se-Asia Tenggara. Memiliki luas area mencapai 5 hektar dengan beragam permainan air, sangat cocok nih dijadikan destinasi wisata keluarga.

Tempat wisata di Surabaya yang populer ini terletak di Kawasan Waterpark Boulevard Citraland 'The Singapore of Surabaya', Sambikerep, Made, Surabaya ini dapat dijangkau lokasi dengan kendaraan pribadi atau umum dengan mudah. Hanya butuh waktu 30-45 menit perjalanan dari pusat Kota Surabaya.

Kawasan Kota Tua

Tempat wisata di Surabaya yang populer dan menyajikan bangunan yang ikonik dan bersejarah ada kawasan kota tua. Surabaya sendiri dijuluki menjadi kota Pahlawan, dimana keberanian arek-arek Surabaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia menjadi Surabaya menjadi salah satu kota penting dalam sejarah Indonesia.

Wisata kota tua ini menjadi saksi sejarahnya. Kamu masih bisa melihat banyak bangunan-bangunan tua di Surabaya, meskipun bangunan sudah tua dan berumur bangunan ini masih memancarkan kemegahannya yang penuh dnegan karismatik. Cocok untuk wisata kamu yang suka dengan sejarah dan ingin mengenang perjuangan arek-arek Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.