Sukses

Punya Tradisi Berbeda, Ini Keunikan Lamaran Pernikahan 8 Negara di Dunia

Setiap pasangan akan menjalani prosesi lamaran sebelum menikah.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum melaju ke jenjang pernikahan, setiap pasangan biasanya akan menggelar acara pertunangan. Namun sebelum itu, sang pria akan mengajukan lamaran pernikahan atau biasa disebut dengan marriage proposal.

Saat mengajukan lamaran pernikahan atau marriage proposal, sang pria biasanya akan berlutut di hadapan sang wanita untuk memintanya menjadi istri. Namun setiap negara punya tradisi berbeda saat melakukan marriage proposal atau pengajuan lamaran pernikahan tersebut.

Walaupun berbeda, tujuan dari adanya marriage proposal ini tentunya tetap sama yakni meminta sang kekasih untuk menjadi istrinya. Tak dipungkiri momen marriage proposal atau pengajuan lamaran pernikahan ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh sang wanita.

Ada beragam tradisi unik di berbagai negara dunia saat sang pria meminta kekasihnya untuk menjadi istrinya. Mulai dari cara melamar sampai momen pertemuan keluarga dua belah pihak.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang keunikan lamaran pernikahan negara di dunia, Sabtu (5/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Prancis

Keunikan lamaran pernikahan yang pertama yakni dari negara Prancis. Biasanya cincin yang digunakan dalam lamaran pernikahan merupakan pusaka keluarga yang diwarisi atau dipersembahkan oleh orang tua mempelai pria.

Setelah lamaran diterima, setiap pasangan baru dapat memutuskan apakah akan dilakukan perubahan terhadap cincin tersebut. Walaupun boleh dilakukan perubahan, namun tetap harus dengan persetujuan dan izin dari keluarga. Jika cincin yang diberikan hanya sebuah batu dan belum di desain menjadi cincin, setiap pasangan dapat memilih desain cincin tersebut sesuai dengan keinginan.

3 dari 9 halaman

2. Rusia

Negara selanjutnya yang punya keunikan tentang lamaran pernikahan adalah Rusia. Lamaran pernikahan di Rusia biasanya dibuat saat pertemuan keluarga kecil, biasanya di pesta makan malam. Orang tua akan bertemu dan membahas tentang pernikahan. Mulai dari tanggal pernikahan sampai kesepakatan-kesepakatan antar dua keluarga. Melansir dari Brightside, penyematan cincin oleh sang pria biasanya akan dilakukan di acara lamaran tersebut.

4 dari 9 halaman

3. Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang punya ragam keunikan. Bahkan rupanya Jepang punya keunikan sendiri tentang acara lamaran sebelum pernikahan. Tradisi lamaran di Jepang akan ada upacara yang di mana pasangan bertunangan secara resmi disebut yuino dan terdiri dari pertemuan antara kedua keluarga.

Dalam pertemuan ini, pasangan akan bertukar 9 hadiah yang dibungkus dengan kertas nasi. Hal tersebut melambangkan perasaan dan niat baik mereka untuk calon pernikahan. Terkadang, plakat atau papan ema disajikan dengan harapan pernikahan akan berhasil dan berhasil.

5 dari 9 halaman

4. India

Negara selanjutnya yang punya keunikan terkait acara lamaran pernikahan adalah India. Biasanya sang pria yang akan lebih bertanggung jawab untuk mempersiapkan lamaran sampai pernikahan. Namun berbeda dengan India, Adat India menentukan bahwa keluarga sang wanita bertanggung jawab untuk menerima lamaran.

Sebuah acara yang dikenal sebagai mangni atau nischitartham berlangsung, yang dihadiri oleh anggota keluarga dari kedua keluarga. Beberapa ritual dilakukan dan ada pertukaran sumpah bagi pasangan untuk bertunangan secara resmi.

Ritual lainnya yang biasanya dilakukan adalah sang wanita mendapatkan serangkaian tato mehndi atau henna 2 atau 3 hari sebelum pernikahan.

6 dari 9 halaman

5. Meksiko

Meksiko juga mempunyai tradisi unik saat acara lamaran pernikahan. Lamaran pernikahan di Meksiko berpusat pada harapan diterima oleh sang ayah dan keluarga sang wanita. Pasalnya yang biasanya terjadi adalah lebih berpusat pada sang wanita, jika sang wanita setuju tentunya akan berlanjut ke jenjang selanjutnya.

Selain itu, sang pria akan menyampaikan pidato singkat tentang kisah cinta pasangan dan keinginannya untuk pernikahan mereka di masa depan, serta sesuatu tentang mertuanya.

7 dari 9 halaman

6. Uni Emirat Arab

Negara selanjutnya yang punya tradisi unik saat acara lamaran pernikahan adalah Uni Emirat Arab. Tradisi di negara ini cukup ketat, dan terdapat serangkaian protokol dan aturan harus diikuti.

Sang pria harus mengungkapkan perasaan dan niatnya kepada ibunya sendiri sehingga dia kemudian akan mendekati ibu sang calon pengantin wanita dan meminta tangan putrinya untuk dinikahkan.

Selanjutnya, ketika lamaran diterima kemudian harus menyepakati mahar yang akan diterima sang wanita. Mahar yang akan diberikan akan dipilih oleh sang wanita bersama ibunda, hal tersebut dikarenakan kemewahannya dan disajikan selama upacara.

8 dari 9 halaman

7. Irlandia

Negara selanjutnya yang punya keunikan terkait acara lamaran adalah Irlandia. Dalam tradisi Irlandia, cincin yang digunakan berkisar pada cincin bernama Claddagh, yang memiliki hati dengan motif mahkota yang dipegang oleh 2 tangan yang tergenggam.

Cincin tersebut adalah perhiasan yang penuh dengan simbolisme, karena hati yang melambangkan cinta. Tak hanya hati, tangan, persahabatan, dan mahkota, kesetiaan juga melambangkan tentang cinta.

9 dari 9 halaman

8. Guatemala

Melansir dari Brightside, tradisi Guatemala yakni sang pria meminta izin untuk menikah dari orang tua sang wanita. Dalam upaya untuk mendapatkan persetujuan mereka, pelamar akan menyajikan keranjang makanan dan mengatur pesta dansa dan makan malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini